HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Kesiapan Kerja Pada SMK

Contoh Tesis ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA PADA SISWA SMK MA’ARIF NU KESESI KABUPATEN PEKALONGAN 

pengaruh kesiapan kerja pada siswa smk Pengaruh Kesiapan Kerja Pada SMK

A. Latar Belakang Masalah

SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu SMK Swasta Bidang Bisnis dan Manajemen yang ada di Kabupaten Pekalongan. Dari hasil studi pendahuluan di sekolah tersebut dapat diinformasikan bahwa tingkat kesiapan kerja siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan cenderung masih rendah dan kurang merata di antara para siswanya. Banyaknya lulusan yang belum dapat bekerja setelah tamat dari SMK merupakan gambaran riil dari kondisi tersebut. Rendahnya tingkat kesiapan kerja siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan salah satunya dipengaruhi oleh kurang optimalnya proses pembelajaran.

Sangat terbatasnya jumlah dunia usaha/industri di Kabupaten Pekalongan menyulitkan pihak sekolah dalam menempatkan siswanya untuk praktik kerja. Banyak dari siswa yang melakukan praktek kerja di tempat yang tidak sesuai dengan program keahliannya, sehingga tingkat kesiapan kerja/kompetensi siswa cenderung rendah. Selain itu, rendahnya tingkat kesiapan kerja siswa SMK juga dipengaruhi oleh kualitas masukan/input siswa SMK yang merupakan lulusan SMP/ MTs yang secara umum berkualitas rendah. Lulusan SMP/MTs yang memiliki prestasi tinggi cenderung lebih memilih untuk masuk SMA dari pada SMK, sehingga dapat dikatakan bahwa masukan/input siswa SMK merupakan kualitas kelas dua. Oleh karena banyaknya variabel-variabel yang bisa mempengaruhikesiapan kerja siswa SMK khususnya siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan, maka perlu adanya pembahasan dan analisis yang mendalam tentang permasalahan tersebut, sehingga akan diperoleh beberapa faktor yang benar-benar mempengaruhi kesiapan kerja siswa.

Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul:

“Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada Siswa SMK.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah

“Bagaimanakah analisis faktor-faktor :

1) motivasi belajar,

2) pengalaman praktek,

3) bimbingan vokasional,

4) kondisi ekonomi keluarga,

5) prestasi belajar,

6) informasi pekerjaan,

7) ekspektasi masuk dunia kerja,

8) pengetahuan,

9) tingkat inteligensi,

10) bakat,

11) minat,

12) sikap,

13) nilai-nilai,

14) kepribadian,

15) keadaan fisik,

16) penampilan diri,

17) temperamen,

18) keterampilan,

19) kreativitas,

20) kemandirian,

21) kedisiplinan, dan

22) lain-lain  mempengaruhi kesiapan kerja pada siswa SMK ?”

 

C . Tujuan Penelitian

Berdasarkan perumusan masalah di atas, tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis faktor-faktor : 1) motivasi belajar, 2) pengalaman praktek, 3) bimbingan vokasional, 4) kondisi ekonomi keluarga, 5) prestasi belajar, 6) informasi pekerjaan, 7) ekspektasi masuk dunia kerja, 8) pengetahuan, 9) tingkat inteligensi, 10) bakat, 11) minat, 12) sikap, 13) nilai-nilai, 14) kepribadian, 15) keadaan fisik, 16) penampilan diri, 17) temperamen, 18) keterampilan, 19) kreativitas, 20) kemandirian, 21) kedisiplinan, dan 22) lain-lain yang mempengaruhi kesiapan kerja pada siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008.

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah penulis lakukan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Ada 7 faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja pada siswa SMK. Ketujuh faktor tersebut adalah (1) faktor kemampuan terdiri atas variabel keterampilan, pengalaman praktik, dan kreativitas, (2) faktor citra diri terdiri atas variabel pengetahuan, penampilan diri, dan temperamen, (3) faktor pendukung terdiri atas variabel informasi pekerjaan, kondisi ekonomi keluarga, dan bimbingan vokasional, (4) faktor akademis terdiri atas variabel kedisiplinan, dan prestasi belajar, (5) faktor dasar / bawaan terdiri atas variabel nilai-nilai, keadaan fisik, dan bakat, (6) faktor perilaku terdiri atas variabel sikap, kemandirian, dan minat, dan (7) faktor cita-cita dan potensi diri terdiri atas variabel ekspektasi masuk dunia kerja, dan tingkat intelegensi.
  2. Faktor yang paling besar mempengaruhi kesiapan kerja pada siswa SMK adalah faktor kemampuan yang mempunyai eigenvalue 5.515 dan mampu memberikan kontribusi 26.262% terhadap kesiapan kerja pada siswa SMK. Faktor ini terdiri dari variabel keterampilan, pengalaman praktek, dan kreativitas.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply