HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru, Lingkungan Fisik Kelas Dan Sikap Kemandirian Siswa Dengan Prestasi Belajar

Makalah Prestasi Belajar Siswa Terbaru~ Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru, Lingkungan Fisik Kelas Dan Sikap Kemandirian Siswa Dengan Prestasi Belajar 

belajar mengajar smp Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru, Lingkungan Fisik Kelas Dan Sikap Kemandirian Siswa Dengan Prestasi Belajar

A.  Latar Belakang

Pencapaian prestasi belajar dalam dunia pendidikan diperoleh melalui proses belajar mengajar yang dapat dilaksanakan melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah. Jalur pendidikan sekolah merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah melalui kegiatan belajar-mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan. Jenjang pendidikan yang termasuk jalur pendidikan sekolah terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jalur pendidikan sekolah yang termasuk dalam jenjang pendidikan menengah yang mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan siswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu bangku kuliah.

Persepsi sebagai salah satu faktor psikologis turut berhubungan terhadap pencapaian prestasi belajar  siswa. Siswa merupakan sasaran utama dalam proses belajar mengajar yang memiliki persepsi berbeda-beda dikarenakan perbedaan karakter. Pada saat proses belajar mengajar seorang siswa diharapkan memiliki persepsi yang positif terhadap segala sesuatu yang menyangkut aktivitas belajar mengajar, salah satunya adalah persepsi terhadap guru. Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan.

Guru dan anak didik diharapkan berada dalam suatu relasi kejiwaan, keduanya berada dalam proses interaksi edukatif dengan tugas dan peranan yang berbeda. Guru yang mengajar dan mendidik dan anak didik yang belajar dengan menerima bahan pelajaran dari guru dikelas. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh sejauh mana kesiapan  guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar-mengajar. Guru memiliki posisi strategis untuk peningkatan mutu hasil pendidikan, dihubungani oleh beberapa faktor diantaranya adalah kinerja guru. Kinerja guru yang baik tentunya akan mencapai hasil belajar yang baik pula.

B.  Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah, dan pembatasan masalah, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Apakah ada hubungan yang signifikan persepsi siswa tentang kinerja guru dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?
  2. Apakah ada hubungan yang signifikan lingkungan fisik kelas dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?
  3. Apakah ada hubungan yang signifikan sikap kemandirian siswa dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?
  4. Apakah ada hubungan yang signifikan secara bersama-sama persepsi siswa tentang kinerja guru, lingkungan fisik kelas dan sikap kemandirian siswa dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?

C.  Tujuan Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagi berikut:

  1. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan persepsi siswa tentang kinerja guru dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?
  2. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan lingkungan fisik kelas dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?
  3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan sikap kemandirian siswa dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?
  4. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan secara bersama-sama persepsi siswa tentang kinerja guru, lingkungan fisik kelas dan sikap kemandirian siswa dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2005/ 2006?

D.  Manfaat Penelitian

Setiap orang melakukan kegiatan pasti mempunyai tujuan tertentu, sehingga kegiatan yang dilakukan mengandung manfaat baik bagi diri sendiri maupun pihak lain.  Manfaat dari penelitian ini adalah:

  • Manfaat Teoritis

Penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan di bidang  penelitian dan ilmu pendidikan.

IDtesis merupakan solusi, konsultasi, dan refrensi bagi anda yang sedang mengalami kendala dalam Pembuatan Disertasi, Tesis, dan Skripsi 

Incoming search terms:

Leave a Reply