HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Survei Motivasi Siswa dlm Mengikuti Kegiatan Bola Basket

Judul Skripsi : Survei Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket di SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

Keberhasilan dibidang pendidikan sangat ditentukan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antara manusia yaitu antara orang yang belajar disebut siswa dan orang yang mengajar disebut guru. Dalam proses belajar mengajar guru akan menghadapi siswa yang mempunyai karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda sehingga seorang guru dalam proses belajar mengajar tidak akan pernah lepas dengan masalah hasil belajar siswanya, karena hasil belajar merupakan ukuran dari hasil kemampuan siswa dalam menerima pekerjaan disekolah.

Pendidikan jasmani dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang diadakan di sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan di sekolah menengah atas.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka timbul suatu permasalahan yaitu faktor-faktor apa yang mempengaruhi motivasi siswa SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket di sekolahnya?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Motivasi

Kata motivasi berawal dari kata ‘motif’, kata motif diartikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motif dapat diartikan menjadi sebagai daya penggerak dari dalam dan di dalam subjek untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan. Bahkan kata kata motif ini dapat diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan). Maka motivasi dapat diartikan menjadi suatu upaya yang berfungsi sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif. Motif menjadi aktif pada saat saat tertentu, terutama bila kebutuhan untuk mencapai tujuan sangat mendesak.

Olahraga

Olahraga adalah latihan gerakan atau gerakan badan yang berfungsi untuk menguatkan dan menyehatkan badan seperti sepak bola, berenang, lempar lembing dan sebagainya (Poerwadarminta, 1986:766). Dalam declaratiaon on sport yang di keluarkan di unesco, di berikan batasan dan di kemukakan batasan yang di susun oleh majelis internasional olahraga dan pendidikan jasmani (international council of sport and phisical education / ICSPE).

Bola Basket

Bola basket adalah cabang olahraga yang banyak digemari oleh para remaja. Melalui kegiatan bola basket remaja banyak memperoleh banyak manfaat, khususnya dalam hal pertumbuhan fisik, mental, dan sosial yang baik. Dalam bermain bola basket siswa dilatih beberapa keterampilan fisik yang berkaitan dengan pertumbuhan bagian-bagian tubuh secara wajar. Persendihan-persendihan menjadi baik, otot-otot menjadi kuat peredaran darah menjadi lancar, pernafasan tidak terhambat, pikiran dilatih memecahkan masalah dengan cepat dan tepat dan sebagainya.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bola basket SMAN 6 Semarang tahun pelajaran 2006/2007.

Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMAN 6 Semarang sebanyak 64 siswa.

Pengumpulan datanya dengan menggunakan sistem angket. Angket

terdiri dari 36 butir pertanyaan dengan menggunakan uji validitas angket. Dalam penelitian ini teknik untuk menyatakan validitas angket yaitu instrumen dinyatakan valid jika telah diujicobakan dan memenuhi kriteria valid. Reliabel instrumen diuji menggunakan rumus korelasi alpha yang hasilnya adalah 11 r = 0, 893 > tabel r = 0,367 dengan N= 30, ? = 5% yang berarti reliabilitasnya tinggi.

 

E. Kesimpulan

  1. Faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi siswa di SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket diantaranya: faktor kebutuhan-kebutuhan organik, motif-motif darurat, serta motif objektif.
  2. Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi. Secara terperinci, menunjukkan bahwa dari skor total dengan perincian sebagai berikut: 3,13% atau 2 siswa dari 64 siswa dalam kategori sangat tinggi, 50% atau 32 siswa dari 64 siswa dalam kategori tinggi, 46,88% atau 31 siswa dari 64 siswa dalam kategori sedang, sedangkan kategori rendah dan sangat rendah tidak

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Survei Kondisi Fisik Dan Keterampilan Gerak Dasar Sepak Bola Bagi Anak Usia Remaja Pada Klub Sepak Bola
  2. Survei Minat Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang Tahun 2007
  3. Survei Minat Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sd Negeri Ambartawang 2
  4. Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan

Ekstrakurikuler Bola Basket Di Sman 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007

  1. Tingkat Kesegaran Jasmani Anggota Paguyuban Lansia Sehat Di Kecamatan Candisari Semarang

 

Incoming search terms:

Leave a Reply