HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Hasil Tembakan Bebas dlm Permainan Bola Basket pd Siswa Putra

Judul Skripsi : Hubungan Kekuatan Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan Pergelangan Tangan dengan Hasil Tembakan Bebas dalam Permainan Bola Basket pada Siswa Putra Ekstrakurikuler SMA 1 Kendal Tahun Pelajaran 2004 / 2005

 

A. Latar Belakang

Bola basket merupakan permainan yang gerakannya kompleks yaitu gabungan dari jalan, lari dan lompat serta unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, kelentukan dan lain-lain. Untuk menjadi seorang pemain basket yang baik, harus menguasai teknik-teknik dasar permainan bola basket, karena semakin baik seorang pemain dalam mendribel, menembak dan mengoper semakin baik kemungkinan untuk sukses, hal ini harus ditunjang pula kondisi fisik yang baik.

Menurut peraturan Perbasi (2004 : 1), bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing terdiri dari lima orang pemain, tiap regu berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang lawan, mencegah lawan mencetak angka. Pada permainan bola basket untuk mendapatkan gerakan efektif dan efesien perlu di dasarkan pada penguasaan teknik dasar yang baik.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dangan hasil tembakan bebas dalam permainan bola basket ?
  2. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil tembakan bebas dalam permainan bola basket ?
  3. Apakah ada hubungan antara kelentukan pergelangan tangan dengan hasil tembakan bebas dalam permainan bola basket ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian dan Sejarah Bola Basket

Permainan bola basket diciptakan pada Desember 1891 oleh Dr.James Naismith, seorang anggota Sekolah Pelatihan YMCA di Springfield Massachusetts yang sekarang dikenal dengan Springfield College. Naismith menciptakan permainan bola basket atas tugas yang diberikan oleh Dr.Luther Gulick untuk membentuk suatu permainan yang dapat dimainkan dalam ruangan di musim dingin. Bola basket segera terkenal dan tersebar cepat ke seluruh negeri dan dunia oleh perjalanan para lulusan Sekolah Pelatihan YMCA (Young Men’s Christian Asosiation)

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Bola basket termasuk permainan yang kompleks gerakannya. Seorang pemain bola basket dituntut untuk menguasai teknik-teknik dasar dahulu untuk dapat bermain dengan baik. Penguasaan teknik dasar yang benar akan menunjang ketrampilan bermain basket. Teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket antara lain: Gerakan kaki (foot work), Menembak (shooting), Operan (passing) dan menangkap (catching), Dribble, Rebound, Bergerak dengan bola, Bergerak tanpa bola, Bertahan.

Tembakan Bebas

Tembakan bebas adalah kesempatan yang di berikan kepada seorang pemain untuk mencetak satu angka, tidak dihalangi pemain lawan, dari belakang garis tembakan bebas dan di dalam setengah lingkaran. (Perbasi, 2004: 54). Tembakan bebas dilakukan paling lama 5 detik di mulai sejak bola di berikan oleh wasit kepada pemain yang akan melakukan tembakan. Tembakan bebas dilakukan apabila terjadi kesalahan teknik dan kepada pemain yang dirugikan diberi kesempatan untuk melakukan tembakan.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ektrakurikuler bola basket SMA I Kendal.

Teknik pengambilan sample dengan total sampling sebanyak 34 siswa. Ada dua variabel yaitu: variabel terikat dan variabel bebas.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan alat pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran data dengan teknik korelasi. Selanjutnya untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis regresi menggunakan SPSS 10.

 

E. Kesimpulan Pendidikan

  1. Hasil analisis koefisien korelasi parsial untuk kekuatan otot tungkai sebesar 0.830 dengan probabilitas 0.00 < 0.05, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan kekuatan otot tungkai ada hubungan yang signifikan dengan hasil menembak tembakan bebas dalam permainan bola basket pada siswa putera ektrakurikuler SMA 1 Kendal.
  2. Hasil analisis koefisien korelasi parsial untuk kekuatan otot lengan sebesar 0.860 dengan probabilitas 0.00 < 0.05, yang berarti hipotesis diterima, dengan demikian kekuatan otot lengan mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil menembak tembakan bebas dalam permainan bola basket pada siswa putera ektrakurikuler SMA 1 Kendal.
  3. Hasil analisis koefisien korelasi parsial untuk kelentukan pergelangan tangan sebesar 0.823 dengan probabilitas 0.00 < 0.05, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan kelentukan pergelangan tangan ada hubungan yang signifikan dengan hasil menembak tembakan bebas dalam permainan bola basket pada siswa putera ektrakurikuler SMA 1 Kendal.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut Dan Keterampilan Timang -Timang Bola Terhadap Ketepatan Tendangan
  2. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelentukan Pergelangan Kaki Dengan Keterampilan Menggiring
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelincahan Dengan Kecepatan Menggiring
  4. Hubungan Antara Tingkat Persepsi Kinestetik Dengan Keberhasilan Smash Bola Voli
  5. Hubungan Fleksibilitas Dan Kelincahan Dengan Kemampuan Melakukan Groundstroke Dalam Tenis Pada Pemain Usia 14-16 Tahun Di Kota Semarang Tahun 2007

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply