HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Survei Minat Siswa trhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani

Judul Skripsi : Survei Minat Siswa terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang Tahun 2007

 

A. Latar Belakang Skripsi

Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka disusunlah suatu Kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan murid dalam melakukan pendidikan jasmani yaitu bagaimana mengaktifkan murid dalam pelajaran pendidikan jasmani di sekolah guna membentuk badan yang sehat, kuat dan terampil.

 

B. Perumusan Masalah

Bagaimana minat siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Minat

Minat merupakan masalah yang paling penting di dalam pendidikan, apalagi bila dikaitkan dengan aktivitas seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Minat yang ada pada diri seseorang akan memberi gambaran dalam aktivitas untuk mencapai suatu tujuan.

Pentingnya Minat

Menurut Elizabeth B. Hurlock (1993: 117) mengatakan bahwa pada semua usia, minat memainkan peran yang penting dalam kehidupan seseorang dan mempunyai dampak yang besar atas perilaku dan sikap, karena minat menjadi sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Anak yang berminat terhadap sebuah kegiatan, baik permainan maupun pekerjaan, akan berusaha lebih keras untuk belajar dibandingkan dengan anak yang kurang berminat.

 

Masa Remaja

Ridwan (1998: 124-128) berpendapat bahwa awal masa remaja berlangsung kira-kira dari usia 13 sampai 16/17 tahun. Masa remaja disebut pula sebagai masa adolescence, yang mempunyai arti yang lebih luas mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan fisik.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang tahun 2006/2007, sebanyak 197 siswa dengan jumlah 6 kelas.

Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan total sampling, sehingga seluruh siswa kelas X yang berjumlah 197 dijadikan obyek penelitian.

Variabel dalam penelitian ini yaitu minat siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan pengumpulan datanya menggunakan angket(kuesioner) yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif parametik dengan rumus alfa serta menggunakan program komputer SPSS 12, yaitu merupakan software powerfull yang digunakan untuk analisis statistik.

 

E. Kesimpulan

  1. Minat siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang terhadap pelajaran Pendidikan Jasmani yang dilakukan di sekolah dalam kategori
  2. Faktor intrinsik siswa membawa dampak yang signifikan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah yaitu banyak siswa yang berasal dari daerah pedesaan dimana di lingkungan mereka tinggal terdapat sarana dan prasarana yang mendukung mereka untuk melakukan aktivitas jasmani, sehingga guru pendidikan jasmani diharapkan mampu memotivasi siswanya agar dapat berprestasi di pertandingan antar
  3. Yang melatarbelakangi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang mengikuti kegiatan pendidikan jasmani yaitu di samping merupakan kurikulum yang ada di sekolah, juga karena mereka mengetahui manfaat dari pendidikan jasmani dapat meningkatkan kondisi tubuh, meningkatkan kedisiplinan, menambah pengetahuan dan meningkatkan prestasi.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Survei Kondisi Fisik Dan Keterampilan Gerak Dasar Sepak Bola Bagi Anak Usia Remaja Pada Klub Sepak Bola
  2. Survei Minat Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang Tahun 2007
  3. Survei Minat Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sd Negeri Ambartawang 2
  4. Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket Di Sman 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007
  5. Tingkat Kesegaran Jasmani Anggota Paguyuban Lansia Sehat Di Kecamatan Candisari Semarang

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?