HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Tingkat Kesegaran Jasmani Anggota Paguyuban Lansia Sehat

Judul Skripsi : Tingkat Kesegaran Jasmani Anggota Paguyuban Lansia Sehat di Kecamatan Candisari Semarang

 

A. Latar Belakang

Seorang yang hidup sehari-harinya kurang aktif , misalnya kondektur bus bertingkap dibanding sopir bus, pekerja kasar di pelabuhan di banding dengan juru tulis, atlet di banding dengan mahasiswa Fakultas Sastra dan Filsafat, dan sebagainya akan memiliki kesegaran jasmani yang kurang baik maka dari itu dengan banyak malakukan aktifitas gerak dapat meningkatkan kesegaran jasmani (Sudarno Sp. 1992 : 4 – 7).

Kesegaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari–hari dengan mudah tanpa merasa lelah dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang atau untuk keperluan yang sewaktu–waktu dapat digunakan. Dengan demikian kesegaran jasmani, merupakan wujud dari loyalitas fungsional seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan secara tertentu dengan hasil baik dan memuaskan tanpa kelelahan yang berarti (Sadoso Sumosardjono,1985:19).

 

B. Rumusan Masalah

Susuai dengan alasan pemilihan judul maka permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesegaran jasmani lanjut usia di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Candisari Semarang ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kesegaran Jasmani

Giriwijoyo dan Komariyah (2003: 12) membedakan pengertian lanjut usia menurut 2 (dua) macam umur, yaitu umur kronologis dan umur biologis. Umur kronologis adalah umur yang dicapai seseorang dalam kehidupan di hitung dengan tahun alamanak atau kalender. Di Indonesia batasan tadi belum ada, tetapi dengan usia pensiun untuk pegawai negeri sipil adalah 56 tahun, berarti usia diatas 55 tahun barangkali termasuk dalam golongan usia lanjut. Namun ada orang lain yang menyebutkan 60 tahun ke atas atau 65 tahun ke atas yang termasuk kelompok usia lanjut. Umur biologis adalah usia yang sebenarnya.

Tes Kesegaran Jasmani

Tingkat kesegaran jasmani seseorang dapat diketahui dengan mengadakan tes kesegaran jasmani. Dalam hal ini ada beberapa tes kesegaran jasmani untuk lanjut usia, akan tetapi peneliti hanya menggunakan tes kesegaran jasmani yang cocok dan sesuai untuk lanjut usia. Yang peneliti gunakan untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani lanjut usia yaitu dengan menggunakan tes jalan cepat 4.82 Km karena hanya tes inilah yang paling sesuai walaupun masih ada tes lain untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani lanjut usia.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi dalam penelitian ini adalah anggota paguyuban Lansia Sehat Di Kecamatan Candisari Semarang, yang berjumlah 30 orang wanita lanjut usia.

Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik total sampling yaitu seluruh anggota populasi ditugaskan untuk menjadi sampel penelitian.

Jadi jumlah sampel penelitian ini adalah 30 orang. Variabel yang diselidiki dalam penelitian ini adalah tingkat kesegaran jasmani. Istrumen yang digunakan adalah tes kesegaran jasmani jalan cepat dengan menempuh jarak 4,82 km. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskrpitif persentase.

 

E. Kesimpulan

Tingkat kesegaran jasmani anggota Paguyuban Lansia Sehat di Kecamatan Candisari Semarang anggotanya memiliki rata-rata tingkat kesegaran jasmani kurang sekali. Persentase tingkat kesegaran jasmani lanjut usia di Kecamatan Candisari Semarang yang memiliki kategori sangat kurang sebanyak 23 orang dengan persentase 77%, kategori kurang sebanyak 6 orang dengan persentase 20% dan 1 orang dengan persentase 3% kategorinya sedang dan tidak ada satupun yang memiliki tinmgkat kesegaran jasmani baik dan baik sekali dengan prosentasenya 0%.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Survei Kondisi Fisik Dan Keterampilan Gerak Dasar Sepak Bola Bagi Anak Usia Remaja Pada Klub Sepak Bola
  2. Survei Minat Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang Tahun 2007
  3. Survei Minat Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sd Negeri Ambartawang 2
  4. Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket Di Sman 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007
  5. Tingkat Kesegaran Jasmani Anggota Paguyuban Lansia Sehat Di Kecamatan Candisari Semarang

 

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)