HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Pelaksanaan Pembelajaran Vokal dgn Metode Solfegio

Judul Skripsi : Pelaksanaan Pembelajaran Vokal dengan Metode Solfegio di Kelas IV Unggulan Sekolah Dasar Negeri Ungaran 01-03-06 Kabupaten Semarang

 

A. Latar Belakang

Musik adalah bahasa emosi yang bersifat universal. Melalui pendengaran, musik dapat dimengerti dan dirasakan makna dan kesan yang terkandung didalamnya (Sumaryanto,2001:36). Dalam belajar musik, baik vokal maupun instumental, siswa akan melalui beberapa proses kegiatan, (1) melihat kode atau notasi musik, (2) membayangkan dengan kemampuan mengingat jika not tersebut dibunyikan, (3) memainkan/menyanyikan not tersebut menjadi sajian musik, dan (4) memeriksa dan mengontrol nada yang dihasilkan (Sumaryanto,2001:39). Proses mempelajari sebuah lagu untuk dapat dinyanyikan dengan benar perlu ditanamkan dengan mempelajari notasinya. Itu sebabnya guru harus memiliki kemampuan untuk membuat siswa tertarik mempelajari lagu bukan sekedar syairnya tapi juga mempelajari notasinya. Metode yang tepat akan membuat siswa menyukai setiap lagu baru sekalipun harus mempelajari notasinya.

Siswa merupakan obyek didik yang membutuhkan perhatian untuk dapat mengembangkan potensi dirinya. Arahan yang tepat pada siswa akan membuat siswa lebih percaya diri dalam mengembangkan potensi untuk meningkatkan kreativitasnya secara maksimal. Kesalahan dalam memberi arahan akan menyesatkan siswa seumur hidup apabila tidak ada kesadaran untuk memperbaiki.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran vokal dengan metode Solfegio di kelas IV Unggulan SD Negeri Ungaran 01-03-06 Kabupaten Semarang?
  2. Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran vocal dengan metode solfegio di kelas IV Unggulan SD Negeri Ungaran 01-03-06 Kabupaten Semarang?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Belajar adalah suatu proses mental yang mengarah pada penguasaan pengetahuan, kecakapan, kebiasaan atau sikap yang diperoleh, disimpan dan dilaksanakan sehingga menimbulkan tingkah laku. Dengan kata lain belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. (Winkel, 1984:151).

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran menurut Hadi Kusuma K. (1996: 15) adalah usaha oleh guru untuk membantu siswa atau anak didik agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Dalam pembelajaran, peran guru sebagai fasilitator yaitu menyediakan fasilitas yang diperlukan dan menciptakan situasi yang mendukung agar siswa dapat mewujudkan kemampuan belajarnya.

Pengertian Vokal

Vokal menurut kamus artinya bunyi ujaran yang keluarnya melalui alat ucap tanpa hambatan. Dalam musik, unsur vokal sangat penting terutama dalam hubungannya dengan menyanyi. Menurut A.T.Mahmud (1995:39) salah satu cara mengungkapkan musik adalah melalui vokal, yang di ungkapkan dengan cara bernyanyi. Tingkat kemampuan mengungkapkan isi dan makna nyanyian tergantung pada cara memelihara suara. Salah satu cara memelihara suara dengan latihan solfegio.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.

Pengumpulan data dengan observasi partisipasi , wawancara dan dokumentasi baik berupa foto-foto maupun dokumen tertulis dari sekolah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran vokal di SD dibutuhkan metode solfegio yang sesuai dengan standart kompetensi kurikulum 2004, (2) Penggunaan metode solfegio dapat meningkatkan kemampuan vokal siswa kelas IV ungulan SDN Ungaran 01-03-06.(3).

 

E. Kesimpulan Skripsi

Pembelajaran vokal bagi siswa sebenarnya sangat penting, karena selain dapat meningkatkan kemampuan menyanyi dapat juga sebagai sarana pengembangan bakat. Manfaat yang lain adalah dapat meningkatkan semangat siswa untuk mempelajari lagu- lagu baru, terutama lagu- lagu daerah nusantara dan lagu wajib. Dari kegiatan mempelajari lagu daerah nusantara dan lagu wajib sangat membantu untuk meningkatkan semangat cinta tanah air dan bangsa.

Penggunaan metode solfegio sangat tepat, karena metode solfegio dapat mengaktifkan kemampuan mendengar, membaca dan menyanyikan lagu. Metode solfegio mampu membantu kesulitan siswa dalam mempelajari lagu, sekaligus membentuk vokal yang lebih baik dan melatih kepekaan siswa terhadap nada/ not.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal Khusus Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas II MAN Suruh
  2. Apresiasi Mahasiswa Sendratasik terhadap Permainan Drum dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya
  3. Korelasi Antara Persepsi Guru terhadap Mata Pelajaran Bahasa Prancis dengan Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Prancis di SMA Se-Kota Semarang
  4. Metode Pembelajaran Lagu Daerah Jawa Tengah di SMP Negeri 2 Semarang
  5. Pelaksanaan Pembelajaran Vokal dengan Metode Solfegio Di Kelas Iv Unggulan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply