HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Motivasi Latihan Kebugaran Aerobik pd Member Grand Sport Fitness & SPA

Judul Skripsi :  Motivasi melakukan Latihan Kebugaran Aerobik pada Member Grand Sport Fitness & SPA Grand Candi Hotel Semarang

 

A. Latar Belakang

Dalam proses berlatih melatih yang baik agar tercipta hubungan yang harmonis dan erat antara pelatih dan member hubungan itu tidak terbatas pada permasalahan teknis dilapangan tetapi masalah non teknis dan pribadi juga diperhatikan bahkan bila perlu diselesaikan bersama agar tercipta suasana latihan  yang benar-benar selaras dengan tujuan yang ingin dicapai. Seorang pelatih yang baik dalam memainkan perannya harus siap terlibat untuk menyelesaikan masalah-masalah dilapangan selain itu juga mengembangkan semua potensi yang dimiliki secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengenal pribadi member dapat dilakukan dengan pemahaman terhadap motivasi dari member.

Klub kebugaran yang menawarkan berbagai fasilitas program latihan dan adanya instruktur, akan memotivasi seseorang untuk ikut menjadi member Club. “Grand Sport Fitness & Spa“ merupakan salah satu klub kebugaran yang ada dikota Semarang dengan letaknya yang strategis dan fasilitas lainnya yang diberikan oleh klub kebugaran sehingga menarik orang-orang untuk bergabung menjadi member Club dalam melakukan aktivitas olahraga. Maka dengan ini saya ingin mengetahui motivasi member “Grand Sport Fitness & Spa Grand Candi Hotel Semarang”.

 

B. Permasalahan

  • Apakah motivasi instrinsik yang melandasi member Grand Sport Fitness & Spa dalam melakukan latihan kebugaran aerobik ?
  • Apakah motivasi ekstrinsik yang melandasi member Grand Sport Fitness & Spa dalam melakukan latihan kebugaran aerobik ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Motif

Motif artinya dorongan atau kehendak jadi yang menyebabkan timbulnya semacam kekuatan agar seseorang itu berbuat atau bertindak dengan perkataan lain bertingkah laku. Karena tingkah laku itu dilatar belakangi oleh adanya motif maka disebut tingkah laku bermotifasi. Motif yaitu keadaan dalam diri seseorang yang mendorong melakukan sesuatu kegiatan untuk mencapai tujuan (Tohar, 2004: 35). Motif menurut Husaeni & Noor (1981) adalah suatu rangsangan dorongan atau pembangkit tenaga bagi terjadinya suatu tingkah laku (Herman Subardjah, 2000: 12).

Pengertian Motivasi

David Krech (1962) menyatakan bahwa motivasi adalah kesatuan keinginan dan tujuan yang menjadi pendorong untuk bertingkah laku (Singgih D Gunarsa, 1989: 92). Keinginan memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi merupakan motivasi atau dorongan yang dimiliki oleh seluruh manusia. Dalam psikologi motivasi diartikan sebagai suatu kekuatan yang terdapat dalam diri manusia yang dapat mempengaruhi tingkah laku untuk melakukan kegiatan (Tohar, 2004: 35). Menurut Thomas L. Good dan Jere B. Bropy (1986) mendefinisikan motivasi sebagai suatu energi penggerak, pengarah dan memperkuat tingkah laku. (Elida Prayitno, 1989: 8). Menurut George yang dikutip oleh Moekidjat (1984) motivasi adalah keinginan didalam diri seseorang yang mendorong untuk bertindak (Herman Subardjah, 2000: 20).

Pengertian Kebugaran Aerobik

Anda akan mendapatkan kebugaran aerobik jika intensitas latihan anda berada di atas kecepatan aktivitas harian yang normal tapi tepat dibawah usaha maksimal. Kebugaran aerobik berarti “daya tahan” atau “stamina” yang menggambarkan kemampuan bagian yang diwarisi dan bagian yang dilatih untuk mempertahankan usaha yang keras dan lama.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan ada dua, data primer yaitu member Club Grand Sport yang berjumlah 40 orang dan data sekunder yaitu dari staff dan Karyawan, buku, jurnal dankoran.

Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data terlebih dahulu, mereduksi data, penyajian data dan simpulan.

 

E. Kesimpulan

  • Secara umum motivasi member Grand Sport Fitness & Spa didalam melakukan latihan kebugaran aerobik di Grand Sport termasuk dalam kategori baik
  • Motivasi intrinsik member Grand Sport Fitness & Spa didalam melakukan latihan kebugaran aerobik di Grand Sport termasuk dalam kategori baik.
  • Motivasi ekstrinsik member Grand Sport Fitness & Spa didalam melakukan latihan kebugaran aerobik di Grand Sport termasuk dalam kategori sedang.

 

Contoh Skirpsi Pendidikan

  1. Hubungan Kekuatan Otot Tungkai, Panjang Tungkai dan Kecepatan Dribel Berlari dengan Hasil Lay Up Shoot
  2. Hubungan Keterampilan Motorik dengan Hasil Menendang Bola Ke Arah Gawang
  3. Manajemen Pengurus Daerah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Pengda PSSI) Jawa Tengah
  4. Motivasi Melakukan Latihan Kebugaran Aerobik pada Member Grand Sport Fitness & SPA
  5. Motivasi Penderita Diabetes Mellitus Tipe II dalam Mengikuti Kegiatan Olahraga pada Anggota Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Pekalongan

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply