HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Motivasi, Prestasi dan Konsep Diri terhadap Kesiapan Praktek Klinik Kebidanan

Judul Skripsi : Pengaruh Motivasi, Prestasi dan Konsep Diri terhadap Kesiapan Praktek Klinik Kebidanan Bagi Mahasiswa Tingkat II Akademi Kebidanan Pamenang Pare Kabupaten Kediri

 

A. Latar Belakang

Pelaksanaan praktik klinik kebidanan sebagai bagian integral pendidikan kebidanan akan mempersiapkan bidan untuk dapat prinsip dan ketrampilan klinik dan menstimulasi mahasiswa untuk menggunakan kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah terhadap situasi nyata (Syarif dan Masoumi, 2005). Namun pengalaman klinik juga merupakan bagian pendidikan yang paling menyebabkan kecemasan. Penelitian Beck dan Srivasta (1994) menunjukkan bahwa program praktik menimbulkan stress karena rendahnya ketrampilan klinik, masuknya mahasiswa ke dalam lingkungan yang baru yang tidak mereka kenal sebelumnya, bertemunya mereka dengan pasien dengan berbagai masalah kompleks, merasa takut untuk berbuat kesalahan, dan merasa tertekan akibat dinilai / penilaian dari dosen (Syarif dan Masoum, 2005). Penelitian Hart dan Rotem dalam Syarif dan Masoum (2005) menunjukkan bahwa pengalaman klinik yang pertama kali merupakan pengalaman yang paling menyebabkan cemas. Munculnya kecemasan pada diri mahasiswa akan mempengaruhi kualitas pembelajaran mahasiswa dalam lingkungan klinik dimana kecemasan akibat lingkungan baru dan perasaan tidak mampu/ tidak berkompeten menghadapi situasi klinik akan menyebabkan mahasiswa tidak mampu berperan aktif dalam pembelajaran klinik, takut untuk melakukan sesuatu, menurunkan kemampuan berfikir kritis dan bahkan menyebabkan penurunan kemampuan untuk menerima dan mengolah informasi dengan baik.

Berdasarkan pada pemikiran di-atas maka peneliti tertarik untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi, prestasi dan konsep diri mahasiswa tingkat II Akbid Pamenang terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh motivasi terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan bagi mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan?
  2. Apakah ada pengaruh prestasi terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan bagi mahasiswa tingkat II Akademi kebidanan ?
  3. Apakah ada pengaruh konsep diri terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan bagi mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan ?
  4. Apakah ada pengaruh motivasi, prestasi dan konsep diri terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan bagi mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan ?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Motivasi

Menurut Mc. Donald dalam Sutikno (2005), motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Nancy Stevenson dalam Sunaryo (2004,143) mengartikan motivasi sebagai semua hal verbal, fisik atau psikologis yang membuat seseorang melakukan sesuatu sebagai respon. Sementara Sarwono (2000) dalam Sunaryo (2004:143) mengungkapkan bahwa motivasi merujuk pada proses gerakan, termasuk situasi yang mendorong yang timbul dalam diri individu, dan tingkah laku yang ditimbulkan oleh situasi tersebut dan tujuan atau akhri daripada gerakan atau perbuatan.

 

Pengertian Prestasi

Prestasi belajar diartikan sebagai hasil yang telah dicapai seseorang yang telah mengerjakan sesuatu hasil kegiatan belajar. Menurut Poerdarminto (1990, 27) mengemukakan keberhasilan belajar adalah penguasan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh setiap mata pelajaran yang lazimnya ditunjukkan dalam bentuk nilai test angka yang diberikan setiap guru. Sardono (1989) dalam Deceng (2008) menjelaskan keberhasilan belajar adalah perubahan kemampuan dari kegiatan belajar yang sifatnya meningkat dibandingkan dengan kemampuan sebelumnya.

 

Pengertian kesiapan

Menurut Slameto (2003:113) mengemukakan kesiapan adalah keseluruhan kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk memberi respon/jawaban di dalam cara tertentu terhadap suatu situasi. Penyesuaian kondisi pada suatu saat akan berpengaruh atau kecenderungan untuk memberi respon.

 

Pengertian Praktek Klinik

Praktek klinik adalah bentuk kegiatan pendidikan/ pengalaman belajar untuk menumbuhkan serta membina sikap dan ketrampilan profesional peserta didik dengan lingkungan belajar pada tatanan nyata (PPNI Solo, 2008). Sebagai pendidikan yang menghasilkan tenaga profesional, penting dilakukan kegiatan pembelajaran klinik sebagai bentuk adaptasi profesional bagi peserta didik yang dilaksanakan dalam bentuk problem based learning serta dilakukan di tataran nyata (Ekasari, 2006 :1). Praktek klinik dilaksanakan secara langsung di sarana pelayanan kesehatan baik rumah sakit, Puskesmas maupun Bidan Praktik Swasta (BPS) dan sarana kesehatan lainnya yang memungkinkan interaksi antara siswa dengan pasien secara nyata.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2009 bertempat di Akademi Kebidanan Pamenang Pare Kediri.

Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional yaitu suatu rancangan penelitian dimana pengukuran variabel diukur dalam satu waktu. (Nursalam, 2003: 87).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat II (angkatan 2008) sejumlah 100 mahasiswa, yang terbagi dalam kelompok/ kelas A dan kelas B.

Analisis data dilakukan dengan menguji pengaruh variabel independent (motivasi, prestasi dan konsep diri) dengan kesiapan belajar secara bersama-sama dengan menggunakan uji regresi berganda dengan ? = 0,05.

 

E. Kesimpulan Skripsi

1. Terdapat pengaruh motivasi terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Pamenang.

2. Prestasi kurang berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan bagi mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Pamenang.

3. Terdapat pengaruh konsep diri terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Pamenang.

4. Terdapat pengaruh antara motivasi, prestasi dan konsep diri terhadap kesiapan praktek klinik kebidanan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Pamenang.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply