HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Kekuatan Otot Perut dan Keterampilan Timang -Timang Bola

Judul Skripsi: Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut dan Keterampilan Timang-Timang Bola terhadap Ketepatan Tendangan Kearah Gawang pada Mahasiswa Pemain Sepak Bola PKLO FIK UNNES Tahun 2004

 

A. Latar Belakang Skripsi

Belajar atau berlatih teknik dasar sepakbola merupakan suatu tindakan yang mempunyai nilai positif dalam upaya peningkatan prestasi sepakbola, oleh karena itu agar dapat mencapai prestasi yang baik, mengajarkan bagaimana bermaian sepak bola yang baik dan benar dengan menekankan pada penguasaan teknik dasar sepakbola dengan gerakan – gerakan teknik dasar yang beraneka ragam. Salah satu teknik dasar dalam sepak bola adalah menendang bola.

Menendang bola menurut A.Sarumpaet ( 1991 : 18 ) adalah suatu usaha untuk memindahkan bola dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan kaki atau bagian kaki. Adapun cara menendang bola adalah dengan menggunakan kaki terbagi-bagi tergantung pada tujuan perkenaan bola pada kaki, salah satunya menggunakan kaki bagian dalam yang bertujuan untuk memberikan bola kepada teman, membuang bola, tendangan pinalti, tendangan sudut, tendangan bebas baik langsung maupun tidak langsung ataupun tendangan kiper.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat hubungan antara kekuatan otot perut terhadap hasil ketepatan menendang bola kearah gawang pada mahasiswa pemain sepakbola PKLO FIK UNNES Tahun 2004?
  2. Apakah terdapat hubungan antara keterampilan timang-timang terhadap hasil ketepatan menendang bola kearah gawang pada mahasiswa pemain sepakbola PKLO FIK UNNES Tahun 2004?
  3. Apakah terdapat hubungan antara kekuatan otot perut dengan keterampilan timang-timang terhadap hasil ketepatan menendang bola kearah gawang pada mahasiswa pemain sepakbola PKLO FIK UNNES Tahun 2004?

 

C. Landasan Teori

Hakekat Ketrampilan Sepakbola

Dalam permainan sepakbola dibutuhkan sebelas pemain dalam satu regu atau tim dimana salah satunya adalah penjaga gawang, penjaga gawang berfungsi utuk menjaga gawang agar tidak kemasukan bola. Oleh karena alasan tersebut bahwa untuk pemain yang berhadapan dengan penjaga gawang dalam suatu permainan dimana pemain tersebut adalah pemain lawan yang ingin memasukkan bola, dibutuhkan ketepatan untuk mengarahkan bola yang diharapkan untuk menghindari penjaga gawang agar bola tersebut masuk ke gawangnya.

Kondisi Fisik

Kondisi fisik dalam olahraga di definisiksan sebagai kemampuan seorang olahragawan dalam melaksanakan kegiatan olahraga. (Remmy Muchtar, 1992:81 ). Lebih lanjut Remmy Muchtar menjelaskan tentang bahwa kondisi fisik di bagi atas;

  • kondisi fisik umum,
  • kondisi fisik khusus, dalam kondisi fisik ini, atau kita pakai istilah yang lebih khusus physical fitness, mengandung berbagai unsur yang merupakan kualitas fisik atau pysical qualities yang menentukan dalam kegiatan olahraga pada umumnya. Unsur-unsur tersebut terdiri atas:
  1. Speed atau kecepatan,
  2. Strenght atau kekuatan,
  3. Endurance atau daya tahan,
  4. Flexibility atau kekuatan dan,
  5. Agility atau kelincahan.

Unsur-unsur tersebut diatas,merupakan kualitas fisik yang menentukan untuk pencapaian hasil dalam olahraga, oleh karena itu tidak dapat dilihat sebagai komponen yang terpisah-pisah. Remmy Muchtar ( 1992 : 83 ) juga memberikan contoh latihan fisik umum yaitu antara lain: latihan sit-up, latihan ini bertujuan untuk mengukur daya tahan dan kekuatan otot perut.

Kekuatan Otot Perut

Kekuatan otot merupakan hal penting untuk setiap orang tetapi menjadi lebih penting bagi olahragawan, karyawan, dan tenaga kerja, karena kekuatan otot merupakan daya dukung gerakan dalam menyelesaikan tugas-tugas (PPITOR, 1999: 7).

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey test.

Populasi yang digunakan adalah mahasiswa putra UKM Sepak Bola Juruan PKLO FIK UNNES yang berjumlah 30 orang mahasiswa putra. Karena jumlahnya hanya 30 orang mahasiswa putra maka semua mahasiswa dipergunakan sebagai sampel.

Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Data diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan sistem SPSS versi 10.

 

E. Kesimpulan

  1. Tidak Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot perut terhadap ketepatan tendangan bola kearah gawang pada mahasiswa pemain sepakbola PKLO FIK UNNES tahun 2004, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung yang diperoleh 0,058 dan nilai signifikansi 0.954 ? 0.05.
  2. Tidak Terdapat hubungan yang signifikan antara ketermpilan timang-timang bola terhadap ketepatan tendangan bola kearah gawang pada mahasiswa pemain sepakbola PKLO FIK UNNES tahun 2004, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung yang diperoleh 0,235 dan nilai signifikansi 0.816 ? 0.05.
  3. Tidak Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot perut dan ketermpilan timang-timang bola terhadap ketepatan tendangan bola kearah gawang pada mahasiswa pemain sepakbola PKLO FIK UNNES tahun 2004.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut Dan Keterampilan Timang -Timang Bola Terhadap Ketepatan Tendangan
  2. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelentukan Pergelangan Kaki Dengan Keterampilan Menggiring
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelincahan Dengan Kecepatan Menggiring
  4. Hubungan Antara Tingkat Persepsi Kinestetik Dengan Keberhasilan Smash Bola Voli
  5. Hubungan Fleksibilitas Dan Kelincahan Dengan Kemampuan Melakukan Groundstroke Dalam Tenis Pada Pemain Usia 14-16 Tahun Di Kota Semarang Tahun 2007
Incoming search terms:

Leave a Reply