HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Hubungan Antara Tingkat Pendapatan n Pengetahuan Tata Rias Wajah

Judul Skripsi : Hubungan Antara Tingkat Pendapatan dan Pengetahuan Tata Rias Wajah terhadap Penampilan Ibu-Ibu Guru SMP Negeri 1 Wonosari Klaten

 

A. Latar Belakang

Mendapatkan suatu penampilan yang menarik salah satunya mempunyai pengetahuan tentang tata rias wajah. Sebagian besar ibu-ibu guru mendapatkannya dari membaca majalah kecantikan, menonton TV. Dengan adanya kemajuan, maka pergaulan antara satu dengan yang lain semakin erat. Hal ini terindikasi dengan adanya berbagai macam bentuk perkumpulan atau organisasi. Pada setiap pertemuan tentu setiap personal dituntut untuk berpenampilan yang baik lahir maupun batin yang dapat menampilkan diri sejajar dengan yang lain, sehingga perasaan rendah diri dapat diatasi. Sekalipun manusia itu mendekati kesempurnaan, kalau tidak merawat sudah pasti kecantikannya lambat laun akan berkurang (Sayoga, Salbiah, 1984: 5). Maka dalam perawatan kulit wajah tidak ada istilah terlambat untuk memulainya, berapapun umurnya, mulailah merawat diri, baik bagi remaja, dewasa bahkan usia lanjut.

Penampilan yang terpelihara perlu adanya pemeliharaan yang terus menerus terhadap tubuh, misalnya kulit muka (wajah), gigi, rambut, tangan dan kaki serta bentuk tubuh keseluruhannya (Rostamailis, 2005: 95).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan Ibu-ibu guru SMP negeri 1 wonosari klaten ?
  2. Seberapa besarkah hubungan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan Ibu-ibu Guru SMP Negeri 1 Wonosari Klaten?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian pendapatan

Pendapatan adalah jumlah penerimaan berupa uang atau barang yang diterima atau dihasilkan (BPS 2002 : 8). Pendapatan adalah seluruh penerimaan sebagai imbalan atas tenaga dan pikiran yang telah dicurahkan untuk orang lain, organisasi atau badan usaha, baik dalam bentuk uang, fasilitas, dalam jangka waktu tertentu (H.A.S Moenir,2001:110). Pendapatan adalah penerimaan yang berupa uang atau barang yang diperoleh seseorang dari aktivitas kerja dan diterima pada suatu periode tertentu. Sedangkan yang dimaksud pendapatan dalam penelitian ini adalah hasil yang berupa uang atau barang yang diterima seseorang sehubungan dengan pekerjaan yang dilakukan yaitu sebagai guru. Sehingga pendapatan dapat dibedakan dalam tingkatan yang berbeda – beda menurut jabatan dan golongan masing – masing.

Pengertian Tata Rias Wajah

Pada tata rias wajah kita kenal satu istilah “ Make Up “ adalah suatu seni yang menpunyai tujuan agar muka kelihatan lebih cantik dan segar. Diarahkan agar bagian-bagian muka kelihatan baik, menyembunyikan bagian-bagian yang buruk, dengan demikian seseorang akan menemukan kepribadiannya kembali dan tidak canggung lagi untuk tampil kedepan.

Penggunaan Kosmetik

Pada masa kini banyak ragam merk kosmetik yang membanjiri pasaran kosmetik indonesia, baik kosmetik lokal yang dibuat sendiri maupun kosmetik yang di import dari perancis, amerika serikat, jepang dan lain-lain. Sebelum membeli suatu merk kosmetik, dicoba dulu dengan cara mengoleskan sedikit kosmetik itu di belakang telinga, jika tidak ada rasa gatal, bintik merah-merah berarti kosmetik tersebut cocok untuk dipakai. Hal yang terpenting dalam memilih perlengkapan kosmetik adalah memilih kosmetik yang baik mutunya dan sesuai derngan keperluan jenis kulit.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian ini adalah seluruh Ibu Guru yang mengajar di SMP negeri 1 Wonosari Klaten, jumlah guru wanita 35 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga jumlah populasi sebanyak 35 orang tersebut diambil seluruhnya untuk sampel penelitian. Variabel penelitian ini ada tiga yaitu tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah sebagai variabel bebas, dan penampilan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase dan analisis korelasi ganda.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendapatan dan pengetahuan tata rias wajah terhadap penampilan ibu-ibu guru SMP Negeri 1 Wonosari Klaten.
  2. Besarnya hubungan tingkat pendapatan ibu-ibu guru SMP Negeri 1 Wonosari Klaten termasuk dalam kategori cukup tinggi, pengetahuan tata rias wajah termasuk kategori baik dan penampilan guru termasuk kategori sangat baik.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Praktek Mata Diklat Menjahit I Pembuatan Saku pada Siswa Kelas I
  2. Hubungan Antara Tingkat Pendapatan dan Pengetahuan Tata Rias Wajah
  3. Hubungan Antara Kinerja Menjahit dengan Sikap Wiraswasta pada Kelompok Belajar Menjahit
  4. Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2006/2007
  5. Pengelolaan Kelas Guru Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kabupaten Banjarnegara Tahun 2005/2006

 

Leave a Reply