HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Tesis Pendidikan Pendekatan Pembelajaran Active Learning

1.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Student Active Learning Berbantuan Media Visual Math pada Pokok Bahasan Peluang Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Purwokerto Tahun Pelajaran 2013/2014

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini, yaitu:

  • untuk memperoleh perangkat pembelajaran mataematika dengan Student Active Learning (SAL) berbantuan media visual math pada pokok bahasan peluang yang layak,
  • untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada pembelajaran matematika Student Active Learning (SAL) berbantuan media visual math atau pembelajaran langsung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama adalah tahap pengembangan dan penentuan perangkat pembelajaran dengan SAL berbantuan media visual math yang termasuk kedalam penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam tahap ini dilaksananakan pengidentifikasian/pengumpulan bahan, perancangan, pengembagan, uji coba perangkat pembelajaran, penetapan perangkat pembelajaran, pelaksanaan Strategi SAL berbantuan media visual math. Uji coba dilakukan sebanyak 3 pertemuan.

Tahap kedua adalah uji efektifitas perangkat pembelajaran yang termasuk penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah siswa kelas XI IPA SMA N 2 Purwokerto semester I tahun pelajaran 2013/2014.

Sampel terbagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji hipotesa dengan uji t.

Dari hasil analisis diperoleh bahwa:

  • Perangkat Pembelajaran matematika dengan Student Active Learning Berbantuan Media visual math merupakan perangkat pembelajaran yang valid/layak berdasarkan hasil validasi, pengamatan keaktifan, pengamatan keterampilan dan respon siswa, sehingga dapat diterapkan pada SMA Negeri 2 Purwokerto.
  • Siswa dengan pembelajaran yang menerapkan SAL berbantuan media visual math mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibanding siswa dengan pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Student Active Learning (SAL), Media visual math.

Incoming search terms:

Leave a Reply