HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Sistem Penggajian Karyawan pd PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta

Judul Skripsi : Sistem Penggajian Karyawan pada PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Personel Alih Daya atau PT. Persada merupakan sebuah perusahaan jasa penyedia tenaga kerja. Kepemilikan saham PT. Persada ini 99% dimiliki oleh Kopindosat. Karena makin bertambahnya jumlah karyawan kontrak pada PT. Indosat yaitu sekitar 7000 karyawan yang tersebar diseluruh Indonesia, maka dibentuklah PT. Persada untuk mengelola karyawan kontrak yang ada pada PT. Indosat yang sebelumnya dikelola oleh Kopindosat itu sendiri.

Sistem administrasi penggajian memerlukan perhatian khusus karena gaji merupakan komponen yang penting dalam manajemen suatu perusahaan, khususnya bagi para karyawan. Tanpa gaji, kemungkinan aktivitas operasi perusahaan akan terhenti karena tidak adanya timbal balik atas jasa yang mereka lakukan di perusahaan tersebut.

 

B. Perumusan Masalah

Bagaimana sistem penggajian karyawan pada PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Sistem Penggajian

Menurut Bodnar (2005: 373) dalam suatu organisasi besar, penggajian merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan operasi perusahaan dengan perubahanperubahan asumsi terutama dalam decade terakhir. Dengan adanya perubahanperubahan aturan dan tingkat potongan pajak dari pemerintah, sehingga sistem penggajian tersebut juga berubah seiring perubahanperubahan yang terjadi. Apabila terus berlanjut, system penggajian tersebut tidak akan berumur panjang, maka untuk mengatasi strategi yang digunakan adalah dengan membuat garis besar dalam prosedur penggajian dan pembahasan mengenai faktorfaktor yang berpengaruh dalam perhitungan penggajian.

Pengertian Gaji/Upah/Kompensasi

Gaji merupakan hal yang sangat penting selain kesejahteraan karyawan yang lain karena besarnya gaji dapat memepengaruhi sampai sejauh mana dapat memenuhi kebutuhan hidup karyawan seperti untuk membeli makanan, pakaian, sewa rumah, uang sekolah, hiburan dan keperluankeperluan sosial lainnya.

Metode Pembayaran Gaji

Kirakira pada tahun 1920an di Amerika Serikat diadakan perubahan besar dalam metode pembayaran upah. Sebelum gerakan “scientific management” yang dipelopori oleh Fredrick W. Taylor, metode pembayaran upah umumnya berupa pembayaran berdasarkan lamanya hari kerja. Taylor dan pengikutpengikutnya mempunyai keyakinan, bahwa pekerja akan memperoleh hasil yang lebih banyak, apabila kepadanya diberi insentif. Sehubungan dengan itu maka pembayaran kepada pekerja akan ditambah seimbang dengan hasil sebagai akibat dari tambahan.

 

D. Metode Pengamatan

Teknik Penarikan Sample pada Penelitian yang penulis gunakan adalah purposive sampling.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara atau interview dan telaah dokumen.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Sistem penggajian yang digunakan di PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta adalah sistem gaji/upah bulanan yaitu upah dalam 30 hari karena sistem ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan system
  2. Selain karyawan mendapatkan gaji/upah karyawan juga mendapatkan tunjangan diantaranya yaitu tunjangan hari raya dan juga tunjangan cuti, uang transport dan juga uang makan.
  3. Pembayaran gaji/upah kepada seluruh karyawan selalu tepat waktu karena pembayaran dilakukan melalui transfer pada bank yang ditunjuk yaitu Bank Mandiri. Pembayaran gaji/upah dibayarkan tiap akhir bulan tepatnya pada tanggal 25.
  4. Pembayaran gaji/upah kepada seluruh karyawan selalu tepat waktu karena pembayaran dilakukan melalui transfer pada bank yang ditunjuk yaitu Bank Mandiri. Pembayaran gaji/upah dibayarkan tiap akhir bulan tepatnya pada tanggal 25.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Sistem Penggajian Karyawan pada PT. PERSADA (Kopindosat) Yogyakarta
  2. Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Simcard GSM Pascabayar Matrix
  3. Prosedur Pelayanan Hak Peserta Program Tabungan Hari Tua (THT) pada PT. TASPEN
  4. Program Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia pada AJB Bumiputera 1912 Kantor
  5. Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan
Incoming search terms:

Leave a Reply