HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Judul Tesis : Sistem Penggajian Karyawan pd Perusahaan Daerah Air Minum

Judul Tesis : Sistem Penggajian Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus

A. Latar Belakang

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus merupakan suatu Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dibidang produksi dan distribusi Air Minum yang meliputi daerah Kabupaten Kudus. Di mana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus merupakan Perusahaan cukup besar dimana persoalan tentang sistem penggajian pegawai menjadi masalah yang lebih penting karena pegawai yang di butuhkan cukup banyak. Sehingga untuk menetapkan gaji maka seorang pimpinan harus mengetahui tentang produktivitas, jabatan/golongan, lama kerja dan prestasi kerja masing-masing karyawan.

Dengan demikian, maka sistem penggajian pada PDAM Kabupaten Kudus harus mendapat pengawasan dan penanganan yang khusus dalam pembayaran gaji agar tidak terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan. Gaji dapat dijadikan sebagai pendorong bagi karyawan untuk bekerja lebih giat dan rajin. Dengan gaji yang dibayarkan pada karyawan dapat mencukupi kebutuhan pokoknya sehari-hari. Pada Umumnya gaji yang dibayarkan pada karyawan secara tetap per bulan berdasarkan jabatan, pengalaman kerja dan tingkat pendidikan yang dimilikinya. Pemberian gaji yang cukup tinggi akan merupakan perangsang dalam pelaksanaan bekerja. Oleh karena itu, gaji yang diberikan pada karyawan akan mempengaruhi juga terhadap produktivitas kerja, maka Perusahaan harus memberi imbalan jasa secara wajar sesuai dengan prestasi yang dimiliki masing-masing pada diri karyawan. Sehingga apa yang akan di harapkan oleh Perusahaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang di inginkan.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sistem penggajian yang di terapkan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus?
  2. Unsur-unsur apa saja yang terkait dalam sistem penggajian pada PDAM Kabupaten Kudus?

C. Landasan Teori

Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang di koordinasi sedemikian rupa sehingga untuk menyediakan informasi keuangan yang di butuhkan oleh manajemen guna untuk memudahkan pengelolaan Perusahaan (Mulyadi, 2001 : 2).

Gaji

Gaji adalah imbalan kepada pegawai yang di beri tugas-tugas administrative dan pimpinan yang jumlah biasanya tetap secara bulanan atau tahunan. Di samping itu pegawai mungkin memperoleh manfaatmanfaat yang diberikan dalam bentuk tunjangan, misalnya tunjangan jabatan, tunjangan perumahan, tunjangan pengobatan, tunjangan hari raya, uang transport, uang makan dan lain-lain. (Soemarso S. R, 1999 : 355).

Pengertian Pengendalian Intern

Pengendalian Intern meliputi struktur organisasi dan semua cara-cara serta alat-alat yang dikoordinasikan yang di gunakan didalam Perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik Perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, memajukan efisiensi di dalam operasi, dan membantu di patuhinya kebijakan manajemen yang telah diterapkan lebih dahulu. (Zaki Baridwan, 1990 : 13 )

D. Metode Penelitian

Lokasi kajian dalam penelitian ini adalah di PDAM Kabupaten Kudus yang berlokasi di Jalan Mejobo No 34 Kudus, Kabupaten Kudus.

Metode pengumpulan data meggunakan Dokumentasi dan Wawancara (interview).

Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Metode Diskriptif Kualitatif.

E. Kesimpulan

  1. Gaji yang diterapkan pada PDAM Kabupaten Kudus adalah menggunakan sistem bulanan tidak ada upah harian. Gaji yang biasanya dibayarkan pada karyawan secara tetap per bulan.
  2. Unsur-unsur yang terkait dalam sistem penggajian pada PDAM Kabupaten Kudus antara lain :
    1. Bagian yang terkait atau menangani dalam sistem penggajian pada PDAM Kabupaten Kudus antara lain, Bagian personalia, Bagian Pembuat Daftar Gaji, Bagian Keuangan Sub Bagian Kas, Bagian Pembukuan Sub Bagian Anggaran, Bagian Juru Bayar/Personalia dan Bagian Jurnal.
    2. Dokumen yang digunakan dalam sistem penggajian pada PDAM Kabupaten Kudus adalah : Daftar Hadir (Kartu Absensi), Surat Perubahan Gaji, Daftar Gaji, Kartu Gaji, Voucher Kas Besar/Voucher Pengeluaran Kas, Amplop Gaji, dan Rekapitulasi Cuti. Dimana dokumen-dokumen ini mempunyai fungsi tersendiri.

Contoh Tesis Akuntansi

  1. Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Koperasi Karyawan RS Telogorejo Semarang
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Pada BPR Blora Kota Cabang Jepon
  3. Sistem Akuntansi Penggajian Pada PT Sinabro Java Garment Bawen Kabupaten Semarang
  4. Sistem Akuntansi Penjualan Pada Minimarket Primer Koperasi Polwiltabes Semarang
  5. Sistem Pemberian Kredit Pada PT BPR Mekar Bunga Nugraha Klepu

Leave a Reply

Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by