HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Proses Penerimaan Karyawan PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta

Judul Skripsi : Proses Penerimaan Karyawan PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Perusahaan yang mampu bersaing di pasar global adalah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang berbasis ilmu pengetahuan dan memiliki berbagai keterampilan. Karyawan pada dasarnya merupakan aset perusahaan, bahkan dapat dikatakan bahwa karyawan merupakan bagian dari perusahaan. Karyawan sebagai anggota perusahaan hendaknya secara efektif ikut serta memajukan dan memberikan nilai tambah kepada perusahaan dalam setiap aspek sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya. Berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mencapai tujuan dan targettarget operasional tidak terlepas dari peran karyawan yang berkompeten dan berintegritas tinggi.

Masalah penerimaan karyawan merupakan bagian yang sangat penting karena merupakan proses awal untuk dapat manilai kualitas SDM yang nantinya akan bergerak bersamasama dengan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan karena peranan karyawan yang berkualitas sangat menunjang dan mendukung efektifitas perusahaan dalam kaitannya dengan tercapainya maksud utama perusahaan. Penilaian terhadap SDM melalui perekrutan karyawan dapat menghasilkan SDM yang benarbenar berkualitas, tergantung dari kualitas sistem perekrutan SDM yang diterapkan di dalam perusahaan yang bersangkutan. Maka biasanya suatu perusahaan memiliki beberapa langkah atau prosedur yang diterapkan pada saat perekrutan.

 

B. Rumusan Masalah

”Bagaimanakah proses penerimaan karyawan pada PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta?”

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terdapat dalam organisasi, meliputi semua orang yang melakukan aktivitas. Menurut Drs. Faustino Cardoso Gomes (1995:1) secara umum, sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi dapat dikelompokan atas dua macam, yakni :

  • Sumber daya manusia (human resource)
  • Sumber daya nonmanusia (nonhuman resources)

Tinjauan Tentang Pengadaan SDM atau Penerimaan Calon Karyawan Metode-metode yang digunakan untuk menarik personalia bervariasi. Bayak manajer menunggu secara pasif para pelamar yang datang kepadanya. Banyak manajer lainnya mempergunakan pendekatan lebih agresif dalam pencarian karyawan potensial. Metodemetode penarikan yang biasa digunakan meliputi : pengiklanan, leasing (penggunaan tenaga honorer), rekomendasi dari karyawan yang sedang bekerja (employee referrals), penarikan lewat lembaga-lembaga pendidikan, kantor penempatan tenaga kerja, serikat buruh dan penggunaan komputer.

 

Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya manusia merupakan fungsi yang pertamatama harus dilaksanakan dalam organisasi. Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA menyatakan bahwa perencanaan SDM adalah langkahlangkah tertentu yang diambil oleh manajemen guna menjamin bahwa bagi organisasi tersedia tenaga kerja yang tepat untuk menduduki berbagai kedudukan, jabatan, dan pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat. Kesemuanya itu dalam rangka mencapai tujuan dan berbagai sasaran yang telah dan akan ditetapkan.(1996:41)

 

D. Metode Pengamatan

Teknik penarikan yang digunakan adalah purposive sampling.

Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Teknik Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Data yang telah dikumpulkan dan dicatat dalam kegiatan penelitian, penulis memilih cara yang sesuai dengan validitas data yang diperoleh.

 

E. Kesimpulan

  1. Perekrutan karyawan pada Pt. Persada seringnya tidak dilakukan dengan melaui iklan atau pengumuman. Para pelamar dengan sendirinya mengajukan lamarannya tanpa mengetahui apakah saat itu Pt. Persada sedang membutuhkan karyawan baru atau tidak.
  2. Jika saat itu perusahaan tidak membutuhkan karyawan baru maka lamaran yang masuk akan disimpan untuk masa mendatang untuk mengisi posisi atau jabatan tertentu. Yang nantinya akan diseleksi terlebih dahulu.
  3. Proses seleksi pada Pt. Persada meliputi tahaptahap anatara lain penerimaan lamaran, seleksi administrasi, psikotes, wawancara user (atasan langsung), tes kesehatan dan terakhir adalah keputusan seleksi yaitu apakah pelamar akan diterima atau ditolak

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Efisiensi dan Efektifitas Penggunaan Mesin Produksi pada Cv. Harapan Baru
  2. Proses Penerimaan Karyawan PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta
  3. Prosedur Pemberian Kredit Umum Pada BPR Bank Pasar Klaten
  4. Pengaruh Variabel Makro dan Mikro Ekonomiterhadap Harga Saham Perusahaan
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

 

Leave a Reply