HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Prosedur Pemberian Kredit Umum pd BPR Bank Pasar Klaten

Judul Skripsi : Prosedur Pemberian Kredit Umum pada pd BPR Bank Pasar Klaten

 

A. Latar Belakang

Kelangsungan hidup dan perkembangan serta kesuksesan operasi suatu Bank salah satunya ditentukan oleh kebijaksanaan yang digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan kegiatan bank. Melalui kebijaksanaan perkreditan, maka kredit diberikan melalui prosedur. Dengan terselenggaranya prosedur pemberian kredit yang sehat dalam bidang perkreditan, berarti menunjukkan sikap kehatihatian dalam tubuh bank tersebut. Untuk mampu berperan sebagai badan usaha yang meningkatkan taraf hidup rakyat banyak, bank melalui usaha pemberian kreditnya harus mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pemberian kredit dan berusaha sebaik mungkin mengurangi risiko kegagalan kredit.

Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk mengetahui dan mempelajari prosedur pemberian kredit umum pada PD BPR Bank Pasar Kabupaten Klaten melalui suatu pengamatan dengan judul “PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT UMUM PD BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR KLATEN”.

 

B. Perumusan Masalah

Bagaimana prosedur pemberian kredit umum pada PD BPR Bank Pasar Klaten ?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Prosedur

Keseluruhan tugas yang dilaksanakan oleh suatu organisasi merupakan suatu kebulatan yang dapat dibedakan, tetapi tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Untuk kelancaran pelaksanaan tugas itu perlu adanya suatu prosedur. Prosedur adalah serangkaian tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan menurut waktu dan cara tertentu untuk melakukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Biasanya suatu prosedur meliputi bagaimana, bilamana, dan oleh siapa masingmasing tugas harus diselesaikan (Moekijat, 435; 1990).

Pengertian Kredit

Praktek perkreditan dinegara kita sudah lama berlangsung. Sehingga kata kredit sudah menjadi istilah yang umum digunakan masyarakat. Istilah kredit berasal dari bahasa Latin “ credere “ yang berarti kepercayaan. Kredit diberikan atas dasar kepercayaan. Seseorang atau suatu badan yang memberikan kredit (kreditur) percaya bahwa penerima kredit (debitur) dapat mengembalikan (membayar kembali) kredit yang diberikan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Keputusan Kredit

Apabila sudah dilakukan analisis kredit yang dilakukan bank selanjutnya adalah mengambil keputusan. Dalam hal ini yang dimaksud keputusan adalah setiap tindakan untuk mengambil keputusan berupa menolak, menyetujui dan atau mengusulkan permohonan kredit kepada pejabat yang lebih tinggi (Thomas Suyatno, dkk, 76; 1997). Masih dari sumber yang sama dijelaskan bahwa setiap keputusan tersebut harus memperhatikan penilaian syaratsyarat umum yang tercantum dalam  laporan pemeriksaan dan analisis kredit.

 

D. Metode Penelitian

metode pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif yang mampu memberikan deskripsi mengenai situasi – situasi atau kejadian – kejadian tanpa menerangkan saling hubungan ataupun membuat ramalan.

Sumber data yang digunakan meliputi data yang diperoleh secara langsung dari sumber pertama dan secara tidak langsung (dalam bentuk data olahan) yang dapat dimanfaatkan penulis dalam pengamatan ini.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen dan arsip.

 

E. Kesimpulan

  1. Prosedur pemberian kredit umum pada PD BPR Bank Pasar Klaten terdiri dari 6 tahapan, yaitu :

Permohonan Kredit Syarat – syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah untuk memperoleh pinjaman berupa kredit umum adalah mengisi aplikasi permohonan kredit dan diketahui Kepala Desa, melampirkan dokumen – dokumen persyaratan dan mempunyai rekening tabungan di PD BPR Bank Pasar Klaten.

  1. Dalam pelaksanaan prosedur pemberian kredit umum masih terdapat kekurangan – kekurangan seperti pegawai Bank Pasar Klaten kurang serius dalam menindaklanjuti nasabah yang tidak memenuhi persyaratan untuk membuka rekening di Bank Pasar Klaten, pemeriksaan SID hanya dilakukan pada kredit yang jumlahnya Rp. 10.000.000,00, begitu juga dengan penilaian jaminan yang dilakukan oleh Appraisal hanya pada kredit yang jumlahnya minimal Rp. 15.000.000,00, kekurangan yang lain adalah masih adanya pegawai yang kurang cakap dalam mengoperasikan

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Efisiensi dan Efektifitas Penggunaan Mesin Produksi pada Cv. Harapan Baru
  2. Proses Penerimaan Karyawan PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta
  3. Prosedur Pemberian Kredit Umum Pada BPR Bank Pasar Klaten
  4. Pengaruh Variabel Makro dan Mikro Ekonomiterhadap Harga Saham Perusahaan
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

 

Incoming search terms:

Leave a Reply