HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Evaluasi Penerapan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning

Judul Skripsi : Evaluasi Penerapan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning pada PT Kusuma Mulia Textile Surakarta

 

A. Latar Belakang

Setiap perusahaan menyadari bahwa produksinya tidak dapat menarik semua konsumen. Para konsumen terlalu banyak, menyebar luas dan kebutuhan serta keinginan mereka selalu berubah-ubah. Kondisi inilah yang mendorong beberapa perusahaan untuk saling berlomba menempati posisi yang baik dalam melayani konsumen atau melayani segmen-segmen tertentu dari suatu pasar. Perusahaan membagi pasar ke dalam kelompokkelompok pembeli yang terpisah-pisah dengan kebutuhan dantanggapan yang berbeda-beda (Kotler dan Susanto, 2000) guna  memperoleh peluang segmen pasar yang terbaik dan potensial. Setelah perusahaan mengidentifikasi peluang segmen pasar, selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target pasar.

Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat dua faktor yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan sumber daya (resource) perusahaan (Kotler, 2003). Perusahaan harus melihat apakah suatu segmen potensial memiliki karakteristik yang secara umum menarik seperti pertumbuhan dan profitabilitas yang tinggi bagi perusahaan.

 

B. Rumusan Masalah

Dengan ini penulis mengangkat permasalahan sebagai berikut : Bagaimanakah penerapan strategi segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh PT Kusuma Mulia Textile?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Pemasaran

Dalam mendefinisikan pengertian pemasaran banyak ahli ekonomi yang mengemukakan pendapat mereka masing-masing. Di antara ahli ekonomi yang mengemukakan definisi pemasaran yaitu Kotler (dalam Angipora, 1999) mendefinisikan pemasaran sebagai kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran.

Pengertian Pasar

Dalam menjabarkan pengertian pasar banyak para ahli yang mendefinisikan pendapat mereka masing-masing. “Stanton (1993) mendefinisikan pasar sebagai orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.”

 

Produk

Produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada sebuah pasar agar diperhatikan, diminta, dipakai atau dikonsumsi sehingga mungkin memuaskan keinginan dan kebutuhan. (Kotler : 1994)

 

D. Metode Penelitian

Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka.

Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan Skripsi

Segmentasi Pasar

PT Kusuma Mulia Textile merupakan pasar industri dan pasar penjual (reseller market). Sebagai pasar industri PT Kusuma Mulia Textile menggunakan variabel makro (karakteristik organisasi, karakteristik pengguna akhir dan aplikasi produk) dan variabel mikro (variabel individu) untuk mensegmentasi pasar mereka.

 

Targeting Pasar

Dalam menentukan target pasarnya PT Kusuma Mulia Textile lebih memfokuskan usahanya pada strategi penetapan pasar sasaran yang beda atau differentiated marketing. Strategi ini memandang pasar sebagai sebuah pasar yang besar dan oleh sebab itu perusahaan menciptakan beberapa jenis produk yang dapat memenuhi keinginan semua konsumen. Perusahaan menganggap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga membutuhkan beberapa produk untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

 

Positioning Pasar

Positioning yang digunakan oleh PT Kusuma Mulia Textile dalam mempengaruhi persepsi konsumen adalah harga produknya. Harga yang ditawarkan oleh PT Kusuma Mulia Textile relatif murah dan terjangkau. Hal ini merupakan keunggulan dari PT Kusuma Mulia Textile yang ingin ditonjolkan.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Administrasi Kompensasi Karyawan di PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar
  2. Tanggapan Konsumen Terhadap Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi Pada Rocketz
  3. Evaluasi Penerapan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning pada PT KUSUMA
  4. Penerapan Promotional Mix yang Efisien Guna Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta
  5. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar

 

Incoming search terms:

Leave a Reply