HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Analisis Efisiensi dan Efektifitas Penggunaan Mesin Produksi

Judul Skripsi : Analisis Efisiensi dan Efektifitas Penggunaan Mesin Produksi pada CV. Harapan Baru Surakarta

 

A. Latar Belakang Skripsi

Kemajuan teknologi dibidang percetakan menyebabkan konsumen dihadapkan oleh beberapa pilihan terhadap berbagai macam produk percetakan. Dimana konsumen mulai selektif dalam menentukan produk yang sesuai dengan keinginannya dan tentu saja yang mempunyai kualitas terbaik, murah, dan sesuai dengan selera. Oleh karena itu pihak percetakan harus melakukan pelaksanaan produksi secara efektif dan efisien sekaligus inovatif serta tepat agar keinginan konsumen dapat terpenuhi. Untukmencapai hal tersebut perusahaan harus tetap menjaga mutu produk yang dihasilkan, dengan cara tetap memegang teguh standard dan kapasitas yang dimiliki dan melakukan efisiensi faktor-faktor produksi yang dimiliki dalam menjalankan usahanya.

Efisiensi pada seluruh sektor usaha terutama pada faktorfaktor produksi mempunyai peranan penting yang sangat vital bagi perusahaan, dimana perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan mengeluarkan atau menggunakan biaya produksi yang seminimal mungkin.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana proses produksi yang diterapkan di CV. Harapan Baru?
  2. Mesin apa saja yang digunakan untuk proses produksi di CV. Harapan Baru?
  3. Kendala-kendala apa saja yang ada dalam proses produksi Lembar Kerja Siswa (LKS) di CV. Harapan Baru?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Manajemen Operasi

Manajemen operasi (Operation Management) adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Barry Render dan Jay Heizer (2007:4)

Pengertian Produk

Produk merupakan hasil dari kegiatan produksi yang berwujud barang. Agus Ahyari (1994:7) dalam hal ini perlu dibedakan antara produk dan jasa. Walaupun keduanya adalah merupakan hasil dari kegiatan produksi akan mempunyai wujud tertentu, mempunyai sifat tertentu, dan kimia tertentu, disamping itu akan terdapat tenggang waktu antara saat di produksinya produk tersebut dengan saat dikonsumsinya produk yang bersangkutan oleh konsumen produk tersebut.

Efektifitas

Efektifitas adalah hasil produksi maksimal dari system pada periode tertentu yang dapat diharapkan perusahaan untuk menghasilkan berbagai produk, dengan metode penjadwalan, cara pemeliharaan dan standar mutu tertentu. Efisiensi adalah ukuran output aktual (yang sebenarnya dihasilkan) dengan kapasitas efektif. Barry Render dan Jay Heizer (2007:373)

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus.

Penelitian dilakukan di CV. Harapan Baru yang beralamat di Ceplukan RT 01/XVI, Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar.

Jenis dan Sumber Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan sekunder.

Dalam melakukan pengumpulan data yang akan diolah, penulis menggunakan teknik wawancara, Pemeriksaan dokumen perusahaan, observasi, studi pustaka dan dokumentasi.

Teknik pembahasan yang digunakan dalam laporan ini menggunakan teknik pembahasan deskriptif.

Teknik pembahasan yang digunakan dalam laporan ini menggunakan teknik pembahasan deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Proses produksi Lembar Kerja Siswa (LKS) pada CV. Harapan Baru melalui beberapa tahapan yaitu tahap pra cetak yang mana tahapan ini meliputi persiapan naskah, setting komputer, print film, layout, pengeplattan, pencucian plat. Tahap berikutnya adalah tahap cetak dan kemudian dilanjutkan dengan tahap finishing yang terdiri dari kegiatan penjilidan, pemotongan yang akhirnya menjadi menjadi barang jadi dan kemudian dilakukan pengepakkan sehingga produk LKS siap untuk dikirim.
  2. Mesin yang digunakan untuk proses produksi Lembar Kerja Siswa (LKS) meliputi mesin plate maker, mesin prossesor plate, mesin cetak web, mesin cetak cover, mesin potong.
  3. Kendala-kendala yang terjadi pada Proses Produksi Lembar Kerja Siswa ( LKS) pad acv. Harapan Baru terdiri dari beberapa kategori yaitu dari kategori bahan baku, terutama pada kertas dan tinta yang digunakan pada saat proses produksi, kategori mesin yaitu kerusakan yang terjadi pada mesin, tidak adanya cadangan mesin dan tegangan listrik yang tidak stabil, kategori tenaga kerja yaitu pada karyawan yang mengalami kelelahan dan kurangnya konsentrasi karena banyaknya order produksi, kurangnya kedisiplinan karyawan dan kurangnya pengalaman karyawan.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Efisiensi dan Efektifitas Penggunaan Mesin Produksi pada Cv. Harapan Baru
  2. Proses Penerimaan Karyawan PT. Persada (Kopindosat) Yogyakarta
  3. Prosedur Pemberian Kredit Umum Pada BPR Bank Pasar Klaten
  4. Pengaruh Variabel Makro dan Mikro Ekonomiterhadap Harga Saham Perusahaan
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
Incoming search terms:

Leave a Reply