HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi pd Perusahaan Percetakan

Judul Tesis : Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Perusahaan Percetakan CV. Harapan Baru Surakarta

 

A. Latar Belakang

Kesempatan bersaing terbuka lebar bagi pengusaha. Mereka akan berlomba-lomba untuk menguasai pasar dengan meningkatkan produktivitas perusahaan, dengan produktivitas yang tinggi maka semakin besar pula kesempatan untuk meraih apa yang diinginkan selama ini yaitu laba. Laba merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh seorang pengusaha selain faktor-faktor yang lain. Tapi ada baiknya jika perusahaan tetap memperhatikan standard dan kapasitas yang dimiliki perusahaan. Dan untuk mewujudkan hal tersebut perlu juga dilakukan efisiensi faktor-faktor produksi yang mereka miliki dalam menjalankan usahanya.

Perusahaan harus mampu melakukan efisiensi pada seluruh sektor usahanya terutama terhadap faktor-faktor produksi yang meliputi sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan teknologi. Efisiensi faktor-faktor produksi mempunyai peran yang sangat penting bagi perusahaan, dimana perusahaan mengharapkan laba yang semaksimal mungkin dengan mengeluarkan atau menggunakan biaya produksi yang seminimal mungkin.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Berapa besar kapasitas efektif yang dimiliki CV. Harapan Baru ?
  2. Berapa besar tingkat efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi pada CV. Harapan Baru pada tahun 2003 – 2005 ?
  3. Bagaimana perkembangan tingkat efisiensi penggunaan faktorfaktor produksi, sejak tahun 2003 – 2005 ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian proses produksi

“Proses produksi adalah suatu cara, metode, maupun teknik bagaimana penambahan manfaat atau penciptaan faedah baru, dilaksanakan dalam perusahaan.” (Ahyari, 1994: 6)

 

Faktor-faktor produksi

Dalam ilmu ekonomi, faktor produksi berupa tanah, modal, tenaga kerja dan skills (organizational, managerial, dan technical skills). Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari faktor produksi sering dinyatakan sebagai dana atau uang (money), mesin (machine), bahan (material), dan manusia (man) untuk dapat meningkatkan kegunaan suatu barang atau jasa secara efisien melalui skills (yang dimiliki oleh orang yang disebut manajer). (Ogawa, 1984:16).

Produktivitas

Menurut International Labour Office (1979:3), “produktivitas merupakan perbandingan antara keluaran (output) dan masukan (input).”

 

D. Metode Penelitian

Ruang lingkup penelitian yaitu CV.Harapan Baru yang beralamat di Ceplukan RT 01/XVI, Wonorejo,Gondangrejo, Karanganyar.

Sumber dan Jenis data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, pemeriksaan dokumen perusahaan dan studi pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Kapasitas efektif tenaga kerja pada CV. Harapan Baru adalah sebesar 4.701.493 unit persemester sedangkan untuk kapasitas mesin produksinya sebesar 12.600.000 unit persemester.
  2. Dengan kapasitas seperti yang tertera pada poin diatas, baik tenaga kerja maupun mesin belum digunakan secara maksimal karena tingkat efisiensinya belum mencapai 1 atau 100%.
  3. Untuk perkembangan efisiensi dari pemakaian tenaga kerja maupun mesin, selama ini mengalami naik turun karena tergantung dari jumlah jam kerja dan jumlah output yang dihasilkan selama periode tersebut. Secara keseluruhan efisiensi penggunaan tenaga kerja cukup baik karena hampir mencapai 50% atau 0.5. Sedangkan untuk pemakaian mesin tingkat efisiensinya sangat kurang karena kurang dari 20% atau 0.2 yang berarti masih sangat jauh dari efisiensi maksimal sebesar 100% atau 1.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Perusahaan Percetakan
  2. Upaya Pt.Telkom Distel Solo dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sambungan Telepon Baru
  3. Strategi Marketing Mix Yang dilakukan pada Usaha Dagang Budi Mas
  4. Praktek Penjualan Motor Bekas pada Ud. Mulia Motor Masaran Sragen
  5. Peramalan Kebutuhan Bahan Baku Aluminiumwire pada PT. Tomoko Daya Perkasa Metallizing

Leave a Reply