HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi

Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi – Dalam kegiatan usahatani seorang petani akan selalu berfikir untuk mengalokasikan faktor produksi seefisien mungkin untuk memperoleh produksi yang maksimal. Hal ini dilakukan karena petani melakukan konsep memaksimumkan keuntungan. Kondisi tersebut dapat dicapai dengan dua pendekatan:

  1. Pendekatan Keuntungan Maksimum (Profit maximization)
    Yaitu upaya untuk mengalokasikan sarana produksi (input) yang dimiliki seefisien mungkin untuk dapat memperoleh produksi maksimal.
  2. Pendekatan Biaya Minimal (Cost minimization)
    Yaitu upaya memperoleh keuntungan yang lebih besar dengan menekan biaya produksi sekecil-kecilnya.

Efisiensi ekonomi adalah efisiensi fisik yang dinilai dengan uang.

Efisiensi fisik sendiri adalah banyaknya hasil produksi fisik yang dapat diperoleh dari satu kesatuan faktor produksi (input). Pada setiap panen petani akan menghitung berapa hasil bruto produksinya yaitu luas lahan dikalikan hasil per satuan luas dan semua dinilai dengan uang. Tetapi hasil itu masih harus dikurangi dengan biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Setelah semua biaya-biaya tersebut dikurangi, barulah petani memperoleh hasil bersih. Apabila hasil bersih petani besar, maka ini mencerminkan rasio yang baik dari nilai hasil dan biaya. Makin tinggi rasio ini berarti efisiensi ekonomi penggunaan faktor-faktor produksi makin efisien.

 

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi pertanian lengkap / tesis pertanian lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Incoming search terms:

Leave a Reply