HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Informasi Arsip Foto Online di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta

INTISARI

Sistem informasi arsip foto online digunakan dalam kegiatan pengenalan suatu data arsip foto yang dapat diakses oleh user dimana saja. Sistem pengolahan data yang baik akan mempermudah mencari data mengenai foto, efisiensi waktu, dan menghasilkan informasi yang lebih akurat. Proses sistem informasi arsip foto dimulai dari pendataan arsip foto. Foto yang berasal dari camera digital disimpan di komputer, sedangkan foto yang berasal dari buku ataupun majalah harus discan terlebih dahulu sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk digital. Ketika user menginginkan data foto tersebut, user harus datang langsung ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Surakarta, sedangkan dalam pendataan arsip foto di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Surakarta masih menggunakan sistem manual yaitu dengan pencarian data tiap folder.

Sistem informasi arsip foto secara manual dengan pencarian data tiap folder memerlukan waktu yang cukup lama sehingga perlu dikembangkan ke arah sistem komputerisasi yang lebih baik yaitu dengan menggunakan tool aplikasi AppServe yang di dalamnya sudah terdapat web server (Apache), PHP server, dan MySQL (Database server) yang terintegrasi menjadi satu dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver MX sebagai web editor.

Kata Kunci : Sistem informasi arsip foto, PHP, MySQL

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Teknologi informasi di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang pesat dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Perkembangan teknologi informasi telah menjadi bagian kehidupan manusia dalam pemberian informasi yang tanpa batas. Begitu pentingnya teknologi informasi ini sehingga setiap kemajuan dan penemuan baru akan menjadi sesuatu yang dapat berguna bagi industri dan ilmu pengetahuan. Informasi merupakan kebutuhan manusia yang cukup mendasar. Dengan semakin padatnya informasi yang dibutuhkan, maka kebutuhan akan sarana komunikasi yang dapat menyalurkan informasi dengan kecepatan tinggi sangat penting artinya.

Selembar arsip sangatlah penting manakala pada awal arsip tersebut dibuat sudah dapat memberikan informasi kepada orang yang memerlukannya. Informasi dalam arsip tersebut dapat terwujud dengan cara memberikan keterangan isi dari arsip tersebut. Untuk itu diperlukan suatu cara dalam pelaksanaan identifikasi fisik dan informasi sehingga keotentikan arsip sebagai bahan bukti yang memungkinkan menjadi memori kolektif bangsa tetap terjaga. Sistem informasi online merupakan sarana cepat dalam menyampaikan suatu informasi kepada user. Dengan sistem informasi online maka informasi dapat menyebar dengan efektif tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga informasi yang diperlukan user mengenai koleksi foto di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah kota Surakarta dapat diakses dengan cepat dan akurat. Secara praktis pembuatan sistem informasi arsip foto online ini akan memberikan kemudahan dalam proses pemberian informasi, penyimpanan, penyebaran serta perlindungan arsip foto. Dengan demikian salah satu tujuan pengelolaan arsip foto sebagai sumber informasi dapat terwujud.

Leave a Reply