HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Tugas Seorang Pemadu Gambar (Switcher)

Judul Skripsi : Tugas Seorang Pemadu Gambar (Switcher) di Acara Kabar Awan PT.Terang Abadi Televisi

 

A. Latar Belakang

Suatu proses memadukan stock shot gambar yang ada menjadi deretan gambar yang bagus bukan merupakan hal yang mudah butuh ketelitian dan ketekunan untuk bisa memilih dan meletakkan gambar sesuai dengan alur sehingga tercipta alur atau deretan gambar yang baik.

Begitu pula yang dilakukan seorang pemadu gambar di TATV. Yang notabenenya bertugas ganda sebagai Instalasi Video Menjadi suatu hal yang menurut penulis begitu sangat menarik untuk diketahui buat penulis sendiri maupun buat masyarakat.

 

B. Tujuan Kuliah Kerja Media

  1. Agar Penulis mengetahui gambaran jelas dunia komunikasi, terutama di bidang Penyiaran, Serta tantangan dunia kerja yang semakin
  2. Memberikan pengalaman bagi penulis sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja dalam masyarakat dan mampu menerapkan wawasan teoritis maupun praktek Ilmu Komunikasi dalam kuliah kerja
  3. Meningkatkan kreativitas dan profesionalisme penulis , agar dapat memprediksi serta mempersiapkan diri menghadapi persaingan di era

 

C. Landasan Teori

Fungsi dasar Switcher

Fungsi dasar switcher dalam produksi adalah memilih sumber video yang sesuai, melakukan transisi dasar antara dua sumber dan menciptakan atau mengakses pengaruh khusus switcher yang bisa secara otomatis menyambungkan program dengan video. Sebagai contoh, Jika kita bekerja dengan dua kamera maka yang kita lakukan adalah memisahkan satu sama lain, dua tombol (satu untuk kamera 1 dan yang satunya untuk kamera 2) dan itu sudah lebih dari cukup. Dengan menekan kamera 1 dan meletakkan kamera di udara yaitu rute line-out, yang membawanya ke transmitter atau recorder. Lalu dengan menekan tombol kamera 2 akan membuatnya on the air. Jika kita bekerja dengan tiga kamera, maka kita akan perlu tombol-tombol, yang masing-masing dikaitkan dengan input kamera. Apa yang ingin diperluas menyertakan Character Generator (CG) dan remote feed? Kita perlu tiga tombol tambahan – satu untuk Video Tape Recorder (VTR), CG dan satu untuk remote feed. Ketika layar anda ingin dibuat ‘go to black’ anda perlu tombol blk(black) tambahan. Rangkaian tombol, yang disebut bus menjadi enam. Dalam sebuah produksi switcher tidak hanya punya lebih banyak tombol pada tiap bus, tetapi ada beberapa bus juga.

Layout Switcher Sederhana

Mungkin mudah untuk memahami berbagai bagian switcher dengan merekonstruksi satu yang memenuhi fungsi switcher dasar: cut, dissolve, super dan fade. Ini juga membuat kita memperhatikan input video terpilih atau efek sebelum anda memancarkannya ke udara. Ketika membuat switcher, kita akan menyadari bahwa switcher sederhana bisa menjadi rumit dan kita perlu menggabungkan beberapa fungsi untuk membuatnya bisa diatur. ( Zettl, 2000 : 253)

Struktur multifungsi

Untuk membuat switcher dapat diatur, manufaktur telah mendesain bus yang melakukan fungsi ganda. Selain memisahkan bus program, mix dan efek dan preview, kita bisa menggunakan bus berbagai fungsi mix effect (M/E). ketika kita mengganti dua bus M/E (A dan B) pada mode mix, kita bisa mencampur (mix) dari A ke B. atau bahkan melakukan super (dengan menghentikan dissolve di tengah jalan). Dengan mengganti mode efek, kita bisa mencapai efek khusus, misalnya berbagai wipe dari A ke B. bahkan kita bisa memberikan bus program dan preview berbagai fungsi M/E ketika masih menunjukkan fungsi asli. Tombol yang kita kirim ke bus yang cukup logis disebut delegation control. Pembahasan berikut mengidentifikasi berbagai bus dengan bagaimana mereka berinteraksi pada switcher multifungsi sederhana.

 

D. Kesimpulan

  1. Program berita Kabar Awan yang ditayangkan TATV merupakan program berita televisi pertama di kota Surakarta yang menyajikan peristiwa-peristiwa hangat yang terjadi di seputar kota Solo dan sekitarnya, atau yang dikenal dengan SUBOSUKOWONOSRATEN (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten) dengan bentuk tayangan secara live/langsung.
  2. Seorang switcherman ikut menentukan kesuksesan sebuah tayangan acara, maka seorang switcherman dituntut untuk menghasilkan kualitas tayangan yang baik.
  3. Ketika menjalankan tugasnya, seorang switcherman harus mampu menghasilkan komposisi gambar yang baik agar tidak terjadi mispersepsi dan dituntut variatif agar gambar tidak monoton dan

 

E. Saran

Akan tetapi dengan perbaikan manajemen secara keseluruhan, penyediaan SDM yang berkompeten, pengadaan alat produksi yang memadai dan dengan kerja keras, penulis yakin dapat mengatasi sejumlah kekurangan yang terjadi di TATV. Sehingga pada akhirnya mereka bisa merebut hati pemirsa televisi di kota Solo dan mencapai tujuannya, yaitu mendapatkan profit dan menjadi agen informasi untuk perubahan yang positif bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya, dengan landasan idealisme yang menjadi dasar berdirinya TATV.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Promosi It’s A Store Surakarta Melalui Media Desain Komunikasi Visual
  2. Produksi Feature Sentuhan Kasih
  3. Aktivitas Employee Relations dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Inna Garuda Yogyakarta
  4. Fungsi Eksternal dan Internal Humas Dikantor Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten
  5. Tugas Seorang Pemadu Gambar (Switcher) di Acara Kabar Awan PT. Terang Abadi Televisi

 

Leave a Reply