HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Siaran Bahasa Mandarin Radio Metta Fm Solo Sebagai Media Sosialisasi dan Pembelajaran Bahasa Mandarin Di Solo

ABSTRAK

Dalam penelitian ini mengungkapkan tentang pentingnya bahasa Mandarin dalam dunia penyiaran yang dilakukan oleh Radio Metta FM. Siaran bahasa mandarin mendominasi dalam susunan acara siaran radio metta fm tersebut. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa Bahasa China sekarang ini menjadi salah satu bahasa yang diminati oleh semua kalangan. Baik dari kalangan pengusaha maupun kalangan siswa dan mahasiswa.

Metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi dan mengkopi dokumentasi baik dari radio metta fm ataupun internet juga melakukan hubungan langsung dengan manajemen radio Metta fm. Penulis juga melakukan Studi Pustaka menggunakan buku – buku pendukung penulisan laporan ini.

Laporan ini berisi tentang penggunaan bahasa china yang memiliki peranan penting dalam dunia penyiaran di radio metta fm solo dan dampak kemajuan peminat bahasa mandarin. Namun juga berisi mengenai kesulitan di awal penyiaran bahasa Mandarin yang sama sekali tidak diminati masyarakat luas kecuali para pengusaha.

Hasil laporan ini menunjukkan peranan bahasa mandarin dalam siaran radio metta fm sangat bermanfaat untuk masyarakat luas juga menjadi motivator masyarakat guna pengenalan bahasa Mandarin yang semakin meluas saat ini.

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Di Zaman globalisasi seperti saat ini bahasa mandarin adalah bahasa yang sangat penting,dalam menyeleksi karyawan setiap perusahaan menuntut karyawan tidak hanya mempunyai pendidikan yang tinggi tapi juga harus memiliki keahlian yang tinggi,terutama bisa berbahasa asing.kita semua tahu bahwa sekarang ini bahasa mandarin adalah bahasa international ke 2 setelah bahasa inggris,sehingga bisa berbahasa mandarin adalah satu keuntungan.universitas Sebelas Maret adalah Universitas Negeri yang terkenal di kota Solo,sekarang telah mempunyai Program bahasa asing yaitu bahasa Mandarin.penulis juga belajar bahasa Mandarin di sana.setiap tahun ada 2 dosen asing dari China yang datang untuk mengajar di Universitas Sebelas Maret,mengajak mahasiswa untuk lebih giat belajar,sehingga setelah lulus nanti bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat,Program Diploma III Bahasa Mandarin Universitas Sebelas Maret mempunyai 4 jurusan,yaitu:
1. Pengajaran
2. Bisnis
3. Media
4. Pariwisata

Sebenarnya penulis menyukai jurusan ke 3 dan ke 4,tapi sekarang penulis menekuni jurusan ke 3 yaitu Media,dan penulis juga mendapatkan satu kesempatan yang bagus yaitu menjadi penyiar Bahasa mandarin di Radio METTA FM Solo,di sana penulis bisa mengembangkan Bahasa Mandarinnya,karena Radio METTA FM mempunyai satu program Bahasa Mandarin yang di beri judul”WO AI METTA”.acara ini memutarkan lagulagu berbahasa mandarin,sejarah China,kebudayaan China, kata-kata mutiara,dan lain lain. pelan tapi pasti Bahasa Mandarin penulis mengalami kemajuan.sehingga penulis mengambil judul ”Siaran Bahasa Mandarin radio metta FM sebagai media sosialisasi dan pembelajaran Bahasa Mandarin di Solo”.

Leave a Reply