HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Peranan Humas dlm Menunjang Visi dan Misi

Judul Skripsi : Peranan Humas dalam Menunjang Visi dan Misi pada Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Mengingat arti pentingnya peran dan fungsi humas sebagai pusat penyebarluasan informasi, keterbukaan dan otonomi daerah ini, sangat perlu menyamakan visi, misi dan persepsi tentang kehumasan, baik di pusat maupun didaerah. Terutama dalam mengelola ruang koordinasi bagi penyelenggaraan tugas-tugas kehumasan. Untuk itu dibutuhkan pengembangan organisasi (organization development) humas di daerah dalam arti yang luas. Sehingga dengan peningkatan peran dan fungsi humas di daerah secara profesional akan dapat mengelola pembentukan opini masyarakat untuk memahami setiap fenomena pemerintahan dan mampu membangun perilaku yang dapat menerima suatu kebijakan dengan perilaku yang baik.

Dengan demikian, untuk dapat berperan dalam mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance), menjadi suatu keharusan bagi humas pemerintah dan pemerintah daerah untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan strategis yang terjadi dan senantiasa memegang etika kehumasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini tidak mudah, karena harus bersaing dengan media massa non pemerintah yang dikelola dengan sangat profesional dengan kebebasan liberalnya. Ini yang menjadi tantangan ke depan yang perlu disikapi dengan arif dan senantiasa menjadikan media masa non pemerintah tersebut sebagai mitra kerja untuk menyampaikan pesan-pesan politik pemerintah.

 

B. Tujuan Skripsi

  1. Mengetahui pelaksanaan fungsi Humas di Kantor Informasi dan Komunikasi (KIK) Kabupaten Karanganyar.
  2. Mengetahui sejauh mana peranan Humas dalam menunjang visi dan misi dari Kantor Informasi dan Komunikasi (KIK) Kabupaten

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Humas

Pada umumnya humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang non-komersial. Mulai dari yayasan, perguruan tinggi, dinas militer sampai dengan lembaga-lembaga pemerintahan, dan usaha bersama seperti Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) pun memerlukan humas.

Kegiatan Humas

Seorang pakar marketing PR. Smith mengemukakan pendapatnya tentang arti informasi dalam bidang militer dan marketing, bahwa informasi dapat menciptakan power. Dalam kaitan ini dikutip pula pendapat Jefkins tentang posisi praktisi atau humas dalam suatu organisasi yang merupakan mata, telinga dan suara dari perusahaan. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Ivy Lee.

 

Media Humas

Media merupakan jalur terpenting dalam kegiatan humas. Meskipun kata itu seringkali hanya dipakai mengacu kepada penyiaran komunikasi metode modern melalui televisi dan radio, bagi kebanyakan humas, kata ini mengacu kepada seluruh wilayah kerjanya baik surat kabar maupun majalah atau selebaran.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan observasi maupun praktek yang dilakukan penulis di Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Karanganyar dan telaah pustaka yang dilakukan penulis dapat menyimpulkan bahwa Kantor Informasi dan Komunikasi (KIK) sebagai unit yang menangani bidang komunikasi dan informasi yang bertugas untuk mengelola segala bentuk informasi yang diperlukan untuk pemerintah maupun masyarakat luas. Hal ini mutlak diperlukan untuk mengontrol berita-berita yang beredar dalam ruang lingkup kabupaten Karanganyar agar tercapai suatu informasi yang benar dan akurat dan mendorong tercapainya visi dan misi dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Seksi Humas mempunyai peranan maupun fungsi yang penting dalam membangun pemahaman publik terhadap organisasi sehingga dapat terbangun hubungan yang baik antara organisasi dengan publiknya dan menjaga citra organisasi dalam hal ini adalah Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Karanganyar. Seksi Humas mempunyai peranan penting dalam menunjang visi dan misi Kantor Informasi dan Komunikasi Karanganyar dan dalam prakteknya telah berupaya secara optimal dalam pelaksanaan perwujudan visi dan misi organisasi tersebut.

 

E. Saran

Bagi Lembaga Universitas yaitu Program diploma III Komunikasi Terapan

Dalam upaya peningkatan pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja mahasiswa wajib melaksanakan program Kuliah Kerja Media ini sudah sangat bagus, namun perlu diperhatikan lagi masalah waktu penempatan dari KKM dimana waktu pelaksanaan KKM terlalu singkat sehingga mahasiswa belum dapat sepenuhnya menerima seluruh pengetahuan di tempat KKM masing-masing.

Bagi Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Karanganyar

  1. Perlunya pengembangan sarana dan prasana dalam media pemberitaan agar dapat memberikan kualitas pemberitaan serta jangkauan pemberitaan yang luas bagi seluruh masyarakat.
  2. Perlunya efisiensi dan pengkajian informasi yang lebih cepat agar masyarakat segera tahu akan segala informasi dan keadaan yang terjadi di daerah sekitar terutama di Kabupaten Karanganyar

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Peran Marketing dalam Penjualan Produk & Fasilitas Hotel Saphir Yogyakarta
  2. Strategi Komunikasi Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Hotel Novotel
  3. Ratih TV Sebagai Media Komunikasi Antara Pemerintah dengan Masyarakat di Kabupaten Kebumen
  4. Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja (Studi tentang Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja di Lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Kota Surakarta)

 

Incoming search terms:

Leave a Reply