HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Mal Layout Koran Pada Harian Umum

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Manusia tidak lepas akan sebuah komunikasi. Komunikasi ada dimana-mana dalam aspek kehidupan manusia, saat ini komunikasi menjadi urat nadi dalam segala aspek kehidupan manusia, baik itu dibidang ekonomi, politik, sosial maupun budaya.

Secara umum, komunikasi adalah upaya untuk menyampaikan suatu pesan dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan media tertentu. Media yang digunakan untuk komunikasi tergantung pada jenis komunikasi dan kultur tempat terjadinya komunikasi. Oleh karena itu, media komunikasi pun sangat beragam.

Surat kabar sebagai salah satu media informasi sekaligus media untuk beriklan, yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya di tengah-tengah masyarakat dengan beritanya yang faktual dan aktual, tidak dapat terus mempertahankan eksistensinya tanpa adanya pendapatan dari iklan, bahkan kenaikan harga kertas koran sebagai bahan baku utama surat kabar seringkali tidak mengakibatkan kenaikan harga surat kabar per eksemplar secara proporsional. Kehadiran iklan dalam surat kabar dapat dikatakan telah mampu mensubsidi harga eceran surat kabar.

Dalam perusahaan media cetak, salah satu bentuk dari usaha untuk mendapatkan laba maksimal perusahaan adalah tingkat penjualan iklan dan penjualan Koran. Peran terbesar dari sumber pendapatan media cetak yang dapat menunjang biaya operasional sekaligus dapat menghasilkan laba perusahaan adalah pendapatan dari iklan.

Iklan, sebuah metode yang saat ini tidak dapat dipisahkan dengan sebuah kehidupan perekonomian modern. Tanpa adanya iklan, para produsen dan distributor tidak akan dapat dengan mudah menjual barang, sedangkan di sisi lain pembeli hanya memiliki informasi yang sedikit memadai mengenai produk-produk barang dan jasa yang tersedia di pasar. Jika itu terjadi maka dunia industri dan perekonomian modern pasti akan lumpuh. Dalam dunia periklanan salah satu tantangan yang dihadapi adalah persaingan yang ketat antar iklan, adanya persaingan merebut konsumen atas barang dan jasa yang mereka tawarkan.

Demikian pentingnya iklan bagi kelangsungan hidup perusahaan penerbitan hingga pernah terjadi pada kurun waktu tahun 1970 – 1985 banyak surat kabar dan majalah yang gulung tikar dikarenakan tidak mendapatkan iklan. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan penerbitan, baik surat kabar, tabloid, majalah, dan sebagainya, sangat perlu mempersiapkan strategi dan manajemen pemasaran terutama dalam hal pemasaran iklan harus benar-benar matang untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Surat kabar merupakan salah satu media cetak yang sangat digemari oleh seluruh khalayak. Surat kabar menyediakan segala suplemen dan informasi yang dibutuhkan oleh pembacanya. Surat kabar yang terdiri atas berbagai informasi dan iklan, sangat rentan akan adanya suatu situasi kebosanan yang dihadapi oleh pembacanya yang diakibatkan oleh salah satunya adalah layout Koran yang kurang menarik.

Layout merupakan salah satu unsur yang sangat berperan tentang hadirnya desain iklan terutama pada koran. Dalam rangka meningkatkan minat dari pada pembaca koran, desain layout harus dihadirkan sedemikian rupa agar tidak membosankan dan tetap menarik saat membacanya. Untuk menghadirkan sebuah desain Koran yang menarik tidaklah mudah, dibutuhkan tenaga-tenaga yang handal dalam mendesain sebuah iklan dan layout koran yang dapat memenuhi kebutuhan pembaca agar tidak mengalami kejenuhan pada saat membaca koran terutama koran.

Bagian layout adalah sebuah bagian yang sangat menentukan walaupun lebih dibilang “orang-orang dibalik layar” dalam produksi sebuah Koran. Program Diploma III Jurusan Periklanan FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam hal ini mengadakan Mata Kuliah Kerja Media (KKM) yang merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam Program Studi Diploma III Jurusan Periklanan FISIP Universitas Sebelas Maret guna salah satu syarat untuk mencapai kelulusan.

Adapun yang menjadi dasar pertimbangan diadakan kegiatan ini adalah untuk merealisasikan teori yang telah diperoleh dibangku kuliah dengan melakukan praktek dilapangan, sehingga tercipta sebuah keselarasan antara pikiran maupun gerak mahasiswa dalam menerapkan keterampilan pengelolaan citra. Program ini dipandang penting untuk mempersiapkan mahasiswa menuju dunia kerja yang akan dihadapi selepas pendidikan formal. Agar nantinya mahasiswa dapat beradaptasi dan antisipatif. Terutama dalam perkermbangan teknologi komunikasi dan tuntutan dunia kerja.

Sebagai suatu media masa yang mendeklarasikan diri sebagai Community based newspaper, SOLOPOS yang terbit di kota Solo memiliki wilayah pelayanan dan cakupan liputan (coverage area) yang cukup luas. Maka bagian layout (Macintosh) berperan besar untuk menciptakan kenyamanan dan kenikmatan dalam mermbaca. Untuk itu Pemagang memilih PT. AKSARA SOLOPOS sebagai tempat untuk menggali ilmu, mengasah potensi dan mengembangkan diei dibidang periklanan, khususnya di bagian Lay Out Iklan dan Lay Out Koran Solopos.

Untuk memesan judul-judul SKRIPSI / TESIS atau mencari judul-judul yang lain silahkan hubungi Customer Service kami, dengan nomor kontak 0852.2588.7747 (AS) atau BBM :5E1D5370

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)