HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengolahan Terbitan Berkala Jurnal di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perpustakaan pada awalnya dianggap tidak penting bagi masyarakat,namun dengan berkembangnya modernisasi maka perpustakaan sebagaimana yang ada dan berkembang sekarang dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta berbagai layanan jasa lainnya, telah ada sejak jaman dulu kala. Sebuah perpustakaan pada prinsipnya mempunyai tiga kegiatan pokok, yaitu pertama mengumpulkan semua informasi yang sesuai dengan bidang kegiatan dan misi lembaganya dan masyarakat yang dilayaninya. Kedua, melestarikan, memelihara, dan merawat seluruh koleksi perpustakaan, agar tetap dalam keadaan baik, utuh, layak dipakai, dan tidak lekas rusak. Ketiga, adalah menyediakan untuk siap mempergunakan dan diperdayakan atas seluruh sumber informasi dan koleksi yang dimiliki perpustakaan, bagi para pemakainya. (Sutarno,2003:1) Bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi sendiri mempunyai tujuan untuk memperlancar dan mensukseskan program-program serta proyek-proyek yang diletakkan oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Fungsi dari perpustakaan itu sendiri adalah jantung dari semua program pendidikan universitas atau institut yang bersangkutan, yaitu ia harus mampu membantu dan menjadi pusa kegiatan akademis lembaga pendidikan. Fungsi lainnya adalah pusat alat-alat bahan peraga pengajaran, dalam membantu memperlancar jalannya perkuliahan serta praktikum-praktikum, perpustakaan dapat menyediakan bahan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh para dosen dalam perkuliahan didalam kelas.( Soedjono Trimo,1990:3) Layanan terbitan berkala adalah salah satu layanan yang harus ada di suatu perpustakaan perguruan tinggi. Hal ini disebabkan informasi yang terkandung di dalam koleksi terbitan berkala lebih mutakhir daripada informasi yang ada di buku.

Hasil penelitian dari para peneliti banyak yang dimuat di dalam jurnal-jurnal ilmiah. Informasi dari koleksi terbitan berkala ini banyak dimanfaatkan oleh sivitas akademika perguruan tinggi untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Koleksi Terbitan berkala merupakan suatu publikasi yang direncanakan terbit secara terus menerus dalam kurun waktu yang tidak terbatas. Termasuk dalam jenis terbitan ini adalah jurnal, majalah, bulletin, warta, surat kabar, dan lain-lain. Dalam hal ini penulis hanya membatasi penulisan yang akan membahas tentang koleksi terbitan berkala berupa jurnal. Ciri khas bahan pustaka ini adalah memiliki judul seri yang cukup mencolok, juga memiliki volume, nomor, dan tahun terbit. Lazimnya terbit secara teratur (periodik) seperti mingguan, bulanan, dwi bulanan, empat bulanan, semesteran (tengah tahunan), tahunan dan lain-lain. Isinya sangat menarik sehingga pembaca senantiasa menantikan nomor selanjutnya. Jenis koleksi ini yang paling populer dimasyarakat adalah majalah. Memang dari sejarah perkembangannya terbitan berkala diawali dari adanya majalah. Majalah yang dalam bahasa inggrisnya’Magazine’ semula hanya khusus menyajikan tulisan-tulisan dibidang kebudayaan dan atau ilmu pengetahuan. Kemudian istilah itu digunakan untuk menyebutkan segala jenis penerbitan berkala yang lebih luas. Isinya meliputi segala bentuk karya sastra, liputan jurnalistik, pandangan tentang berbagai topik aktual yang patut untuk diketahui khalayak. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya berbagai penemuan-penemuan ilmiah, maka lahirlah terbitan berkala berupa jurnal penelitian koleksi ini pada perkembangannya akan sangat mewarnai kualitas di UPT Perpustakaan UNY. Namun masih banyak perpustakaan yang belum mengelola koleksi terbitan berkala dengan baik. Di satu sisi kurangnya pengetahuan dan keterampilan petugas dalam mengelola koleksi tersebut, karena terbatasnya sarana yang dimiliki perpustakaan dalam proses pengolahan. Bertolak dari hal tersebut di atas dalam laporan ini akan dibahas pengolahan koleksi terbitan berkala Jurnal di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Program DIII Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta mendidik dan melatih mahasiswa yang berminat dalam dunia perpustakaan untuk menjadi tenaga kerja pendayagunaan perpustakaan dan mampu memberi efek positif bagi kemajuan insan perpustakaan khususnya.

Oleh karena itu PKL merupakan sebuah kesempatan bagi bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah diproses di bangku kuliah. Dengan PKL ini mahasiswa akan dapat gambaran yang sebenarnya mengenai kegiatan di sebuah perpustakaan. Alasan penulis memilih membahas Pengolahan Terbitan Berkala berupa Jurnal di UPT Universitas Negeri Yogyakarta karena terbitan berkala memiliki karakteristik tersendiri yang menempatkan terbitan itu sebagai media penyebaran informasi baru yang efektif. Sehingga memerlukan penataan dan pengolahan secara profesional, agar terbitan dapat dimanfaatkan secara optimal. Bahwa saat ini terbitan berkala khususnya jurnal banyak diperlukan untuk referensi para mahasiswa.

Leave a Reply