HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Kepustakaan: Pengelolaan Koleksi Langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah

Judul Skripsi : Pengelolaan Koleksi Langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Kejadian – kejadian yang terjadi di masyarakat ini mendorong Perpustakaan untuk lebih berperan aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu sebagai lembaga yang bertugas mengelola, melindungi dan melayankan kepada masyarakat hasil karya manusia terutama dalam hal ini adalah koleksi langka. Khususnya dalam pembahasan ini adalah buku – buku yang tergolong langka, buku – buku ini perlu adanya pengabadian dan pelestarian baik isi maupun fisik buku.

Oleh karena itu mengingat manfaat dan isinya yang sangat penting dan berharga bagi masyarakat, koleksi langka perlu perawatan dan penanganan yang baik sehingga masyarakat dapat menikmati manfaat dan isinya. Demikian halnya dengan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selalu berusaha menjalankan tugas dan fungsinya yang salah satunya adalah memberi informasi kepada masyarakat, khususnya dalam pembahasan ini adalah informasi yang berkenaan dengan koleksi langka.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimana pengadaan koleksi langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta?
  2. Bagaimana pengelolaan koleksi langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta?
  3. Bagaimana keadaan ruang, sarana, dan prasarana koleksi langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta?

 

C. Tinjauan

Perpustakaan

Perpustakaan sebenarnya telah muncul cukup lama, yaitu sejak di temukanya bahan dan cara menulis. Sejak saat itulah istilah perpustakaan mulai timbul. Begitu pula dengan pengertian perpustakaan seiring dengan perkembanganya pngertian perpustakaan berubah secara berangsur – angsur seiring dengan berjalanya waktu.Yang semula kumpulan buku saja dapat disebut sebagai perpustakaan. Seiring dengan berjalanya waktu pengertian perpustakaan mulai beragam sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Perpustakaan Daerah

Perpustakaan Daerah adalah suatu perpustakaan yang berkududkan di Ibu Kota Propinsi yang diberi tugas untuk menghimpun , menyimpan, melestarikandan memperdayagunakan semua karya cetak dan karya rekam yang dihasilkan di Daerah ( Pedoman Teknis Pengelolaan Karya Cetak dan Karya Rekam , 1993 : 53 )

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana perpustakaan adalah semua barang, perlengkapan dan perabot ataupun inventaris yang harus disediakan di perpustakaan. Sarana dan prasarana untuk setiap perpustakaan jumlah dan jenisnya tidak sama.

 

D. Metode Penelitian

Pengamatan adalah metode penggumpulan data di mana peneliti atau kolaboratornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama penelitian.(Gulo, 2002 :116).

Metode penggumpulan data dengan cara mencatat berbagai kegiatan atau peristiwa pada waktu yang lalu. (Gulo, 2002 : 123).

Studi pustaka adalah metode penggumpulan data yang dilakukan dengan mempelajari berbagai karya tulis, seprti buku – buku , jurnal, ensiklopedia, majalah, surat kabar dan lain – lain terbitan masa lalu.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Pengadaan koleksi langka dengan cara pembelian masih sering terhambat karena kurangnya kerjasama khususnya dari masyarakat, pemahaman masayrakat yang kurang mengenai pentingnya manfaat yang terkandung dari suatu koleksi langka menyebabkan masyarakat yang menemukan atau memiliki koleksi langka menganggapnya suatu benda yang tidak berharga, hanya membuat kotor, memenuhi ruangan , dan bahkan diantara mereka ada yang membuangnya atau membakarnya. Selain kurangnya kerja sama dari masyarakat pengadaan juga terhambat oleh masalah keterbatasan dana untuk pengadaan yang dilakukan dengan cara pembalian dan penterjemahan yang memerlukan biaya yang besar.
  2. Sistem klasifikasi koleksi langka yang masih bercampur antara sistem klasifikasi lama dan sistem klasifikasi baru menyulitkan pengguna dalam menelususr sustu koleksi. Nomor yang tertera pada kartu katalog tidak sesuai dengan nomor klasifikasi yang ada pada koleksi.
  3. Kondisi ruang koleksi langka yang kurang strategis yaitu di lantai basemaen menyebabkan pengguna maupun karyawan dalam beraktifitas kurang leluasa. Ukuran ruangan yang berukuran kecil menyebabkan pengunjung dan karyawan merasa tidak nyaman, ukuran ruang yang kecil ini juga menyebabkan beberapa koleksi terpaksa harus digeletakan begitu saja. Sistem sirkulasi udara tidak bebas karena tidak adanya ventilasi udara dan jendela pun tidak langsung berhubungan atau menghadap ke alam lepas. Alat pengatur kelangsungan suhu udara berupa AC tidak dihidupkan secara terus menerus.

 

Contoh Skripsi Keperpustakaan

  1. Pengelolaan Koleksi Langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Layanan Outlet Peta di UPT Perpustakaan UPN ”VETERAN” Yogyakarta
  3. Pelayanan Referensi di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  4. Layanan Internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang
  5. Pemeliharaan Koleksi Bahan Pustaka Buku di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang
Incoming search terms:

Leave a Reply