HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Pengadaan (Pembelian) Buku di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu adanya perpustakaan untuk menunjang sarana dan prasarana belajar di dalam masyarakat. Suatu perpustakaan perlu menyajikan berbagai macam informasi yang tepat dan bermanfaat untuk semua golongan dan seluruh lapisan masyarakat. Seperti perpustakaan umum daerah, perpustakaan umum daerah adalah perpustakaan yang bertugas untuk melayani seluruh masyarakat yang ada di daerah tanpa membedakan status sosial, ekonomi, tingkat pendidikan, tingkat usia dan lain sebagainya. Perpustakaan daerah diberi wewenang untuk menghimpun, menyimpan, melestarikan dan mendayagunakan bahan pustaka yang dimilikinya.

Peran utama perpustakaan diharapkan mampu menyediakan dan memberikan informasi penting kepada pemustaka, agar potensi dari sumber informasi dapat dimanfaatkan pemustaka secara optimal. Perpustakaan perlu menghimpun koleksi dengan menggunakan sistem tertentu. Dalam pengadaan ini diperlukan pengetahuan teknis dan prosedur tertentu agar sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Dalam prosedur pengadaan yang dilakaukan mulai dari inventaris kebutuhan pemustaka, dan dilihat dari kondisi koleksi yang dimiliki. Pengadaan merupakan konsep yang mengacu pada prosedur sesudah kegiatan pemilihan untuk memperoleh dokumen, yang digunakan untuk mengembangkan dan membina koleksi atau himpunan dokumen yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan informasi serta mencapai sasaran unit informasi. Disetiap kelompok masyarakat memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda terhadap bahan pustaka, oleh sebab itu “perpustakaan umum wajib menghimpun koleksi yang diminati oleh seluruh kelompok masyarakat yang memanfaatkannya, sehingga jenis koleksi yang terdapat dalam perpustakaan sangat lengkap” (Soeatminah:1992:32). Perpustakaan harus dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat yang beragam, untuk itulah sejak awal (seleksi) sampai dengan penyerahan buku perlu penanganan yang selektif dan professional. Pengadaan buku sangat memegang peranan penting dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka, maka berdasarkan alasan tersebut di atas maka penulis mengangkat masalah sistem pengadaan (pembelian) buku.

Incoming search terms:
1 Comment
  1. KIRIMKAN SKRIPSI NYA DONK KE ALAMAT EMAIL AKU TENTANG SISTEM PENGADAAN (PEMBELIAN) BUKU DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROPINSI DAERAH YOGYAKARTA

Leave a Reply