HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Kepustakaan: Pelayanan Referensi di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma

Judul Skripsi : Pelayanan Referensi di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Perpustakaan tidak dapat dipahami sebatas sebagai sebuah gedung atau akomodasi fisik tempat penyimpan buku semata, akan tetapi secara sederhana perpustakaan adalah suatu unit kerja yang memiliki sumberdaya manusia, “ruang khusus”, dan kumpulan koleksi sesuai dengan jenis perpustakaannya. (Abdullah,2003:3).

Untuk menilai dan mengetahui kualitas suatu perpustakaan, salah satu tolak ukurnya adalah pelayanan kepada penggunanya, baik itu pelayanan secara umum, pelayanan terhadap ketersediaan informasi, maupun pelayanan referensi. Pelayanan referensi merupakan salah satu yang tidak kalah pentingnya dengan pelayanan lainnya yang ada di perpustakaan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Untuk mengetahui bagaimana mekanisme kerja serta kegiatan – kegiatan di bagian referensi?
  2. Hambatan apa saja yang ada dalam pelaksanaan layanan referensi dan bagimana cara mengatasi hambatan – hambatan yang ada di pelayanan referensi?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Kepustakaan

Abdullah (2003: 3) Perpustakaan tidak dapat dipahami sebatas sebagai sebuah gedung atau akomodasi fisik tempat menyimpan buku semata, akan tetapi secara sederhana dapat di nyatakan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang memiliki sumber daya manusia, “ruang khusus”, dan kumpulan koleksi sesuai dengan jenis perpustakaan serta sebuah sistem yang di dalamnya terdapat unsur tempat koleksi yang disusun berdasarkan sistem tertentu dan pemakaiannya.

Pengertian Refrensi

Istilah “referensi” berasal dari bahasa inggris “to refer” yang berarti “menunjuk”, yaitu menunjuk kepada suatu koleksi yang dapat menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh pemakai perpustakaan. Koleksi referensi dapat diartikan sebagi bahan bacaan yang disusun dengan sistem tertentu untuk mendapatkan informasi yang lebih khusus. Abdullah (2003: 225)

Pengertian pustakawan

Pustakawan adalah seorang yang melaksanakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang dimilikinya melalui pendidikan (kode etik pustakawan Indonesia)

 

D. Metode Penelitian Skripsi 

Metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung. Kegiatan mencari atau mengumpulkan data yang bersumber pada dokumen tertulis.

Mengadakan dialog langsung dengan pimpinan perpustakan atau staf yang bekerja di Perpustakaan Sanata Dharma Yogyakarta.

Membaca buku – buku yang berkaitan dan berhubungan dengan perpustakaan terutama tentang koleksi dan layanan referensi.

 

E. Kesimpulan

  1. Lokasi Perpustakaan Sanata Dharma berada di Mrican, Teromol Pos 29, Yogyakarta 55002
  2. Koleksi referensi di perpustakaan Sanata Dharma Yogyakarta meliputi: direktori, atlas, almanak, bibliografi, handbook, ensiklopedi, kamus, perundang – undangan, terbitan Badan Pusat Statistik, buku tahunan.  Koleksi referensi boleh di fotokopi atau dibaca di tempat.
  3. Perpustakaan Sanata Dharma Yogyakarta menggunakan software NCI bookman untuk penelusuran bahan pustaka guna memuaskan pengguna dan memudahkan pekerjaan oleh petugas.

 

Contoh Skripsi Kepustakaan

  1. Pengelolaan Koleksi Langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Layanan Outlet Peta di UPT Perpustakaan UPN ”VETERAN” Yogyakarta
  3. Pelayanan Referensi di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  4. Layanan Internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang
  5. Pemeliharaan Koleksi Bahan Pustaka Buku di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang

 

Incoming search terms:

Leave a Reply