HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Perilaku Konsumen dlm Pembelian Jasa Pegadaian

Judul Skripsi : Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Jasa Pegadaian Cabang Gading Surakarta

 

A. Latar Belakang Skripsi

Kinerja perbankan dan lembaga keuangan lainya selama tahun 2005 telah menunjukkan perbaikan seiring dengan membaiknya perekonomian nasional serta sebagai hasil dari restrukturisasi menyeluruh yang dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia. Namun demikian secara fungsi intermediate keuangan dari industri perbankan dan lembaga keuangan lainnya belum berjalan normal dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Hal itu tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi oleh sektor riil maupun perbankan itu sendiri di samping masalah masalah besarnya faktor resiko dan ketidakpastian berkaitan dengan kondisi politik dan keamanan dalam negeri.

Di sektor riil, proses restrukturisasi kredit, utang luar negeri dan perusahaan secara keseluruhan masih berjalan lambat. Kondisi itu menyebabkan peningkatan kegiatan sektor riil tidak dapat berjalan lebih cepat karena sebagian besar perusahaan yang masih dalam proses restrukturisasi tersebut merupakan komponen terbesar dari perekonomian nasional.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat pengaruh dari jenis kebutuhan terhadap tingkat pembelian jasa Pegadaian ?
  2. Apakah terdapat pengaruh dari nilai barang jaminan terhadap tingkat pembelian jasa Pegadaian ?
  3. Apakah terdapat pengaruh dari jumlah tanggungan keluarga terhadap tingkat pembelian jasa Pegadaian ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Perilaku Konsumen

Untuk memahami pemasaran perusahaan harus mengerti tingkah laku konsumen, keberhasilan atau kegagalan pemasaran banyak tergantung pada reaksi konsumen. Reaksi konsumen dimulai semenjak konsumen melaksanakan pembelian dan belum berakhir pada saat pembelian. Menurut Michael Minor pegertian perilaku konsumen adalah : Studi tentang ubit pembelian dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi, dan pembuangan barang, jasa, pengalaman serta ide-ide. (Michael Minor, 2002 : 6)

Konsep Pemasaran

Agar kegiatan pemasaran dapat berjalan lancar dibutuhkan suatu konsep pemasaran yang jelas. Adapun hal – hal yang mendasari konsep pemasaran adalah sebagai berikut :

  1. Semua operasi perencanaan perusahaan harus berorientasai pada konsumen
  2. Saran perusahaan harus volum penjualan yang menghasilkan laba, jadi bukan volum penjualan demi volum itu sendiri.
  3. Semua kegiatan pemasaran dari perusahaan harus di koordinasi secara

Pengertian segmentasi pasar

Segmen pasar merupakan suatu falsafah yang berorientasi pada perbedaan konsumen. Jadi perusahaan yang berorientasi pada perbedaan konsumen akan membagi pasarnya ke dalam masing – masing segmen bersifat homogen. Homogenitas masing – masing segmen tersebut disebabkan adanya perbedaan – perbedaan dalam kebiasaan membeli, cara menggunakan barang, kebutuhan pemakai, motif pembelian dan tujuan pembelian.

 

D. Metode Penelitian

Metode pengumpulan data yang dipakai adalah menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara secara langsung terhadap konsumen Perum Pegadaian Cabang Gading yang dilakuakan dengan menyebarkan angket atau quesioner kepada responden secara acak. Adapun alat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah OLS (Ordinari Least Square),

Teknik penaksiran modelnya menggunakan bentuk regresi linear.

Analisis model lebih lanjut digunakan pengujian kriteria stastistik dan pengujian validitas asumsi klasik.

 

E. Kesimpulan

  1. Variabel-variabel independent dalam penelitian terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent. Dimana variabel banyaknya jenis kebutuhan, nilai barang jaminan dan jumlah tanggungan keluarga signifikan terhadap pembelian jasa pegadaian di Gading pada tingkat keyakinan 5 persen.
  2. Dari pengujian terhadap asumsi klasik baik multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi tidak ditemukan penyimpangan yang Dengan terpenuhinya kriteria asumsi klasik pada model persamaan yang dipakai dalam penelitian ini maka berarti bahwa koefisien-koefisien regresi pada model persamaan yang diestimasi bisa dipakai untuk mengadakan analisis dan menginterpretasikan permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini.
  3. Variabel banyaknya jenis kebutuhan mempunyai tanda parameter positif yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Pengujian t menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel banyaknya jenis kebutuhan secara signifikan berpengaruh terhadap pembelian jasa di perum Pegadaian.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Strategi Pemasaran Eksport pada PT. Iskandar Indah Printing Textile di Surakarta
  2. Analisis Potensi Ekonomi Daerah Kabupaten Pati pada Periode Sebelum dan Selama Pelaksanaan Otonomi Daerah (Periode 1995-2006)
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah
  4. Evaluasi Terhadap Penentuan Harga Pokok Produk Pesanan dengan Metode Full Costing pada Bengkel Mesin
  5. Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi dan Strategi-Strategi yang diterapkan dalam Menghadapi Peristiwa tersebut (Studi Kasus pada Kabupaten Klaten)

 

Incoming search terms:

Leave a Reply