HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Penyaluran Kredit Perum Pegadaian di Propinsi DIY

Skripsi Ekonomi: Penyaluran Kredit Perum Pegadaian di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Periode 2002 – 2006)

 

A. Latar Belakang

Kata kredit bukan hal yang asing dalam masyarakat, tetapi merupakan istilah yang sangat populer, baik dikalangan masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Terjadinya hubungan perkreditan pada hakekatnya timbul sejak manusia tidak dapat memenuhi semua kebutuhanya dan tidak dapat secara langsung menukar barang atau jasa yang dibutuhkannya dengan barang, jasa atau alat penukar yang dimilikinya.

Kegiatan perkreditan dapat terjadi dalam segala aspek kehidupan manusia. Dengan semakin majunya perekonomian di masyarakat, maka kegiatan perkreditan semakin mendesak kegiatan perekonomian yang dilaksanakan secara tunai. Kegiatan perkreditan ini meliputi semua aspek ekonomi baik di bidang produksi, distribusi, konsumsi, perdagangan, investasi maupun bidang jasa dalam bentuk uang tunai, barang dan jasa.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Seberapa besar pengaruh pendapatan Perum Pegadaian terhadap penyaluran kredit Perum Pegadaian di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2002 – 2006 ?
  2. Seberapa besar pengaruh jumlah nasabah terhadap penyaluran kredit Perum Pegadaian di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2002 – 2006 ?
  3. Seberapa besar pengaruh Tingkat Inflasi terhadap penyaluran kredit di Perum Pegadaian di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2002 – 2006 ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kredit

Dewasa ini kredit merupakan perkataan yang tidak asing lagi bagi masyarakat kita, tidak saja dikenal oleh masyarakat perkotaan tetapi juga masyarakat desa. Kata kredit tersebut sudah sangat populer dikalangan masyarakat disebabkan karena manusia adalah Homo Economicus dan setiap manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan manusia beraneka ragam sesuai dengan harkatnya selalu meningkat, sedangkan kemampuan untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya terbatas.

 

Modal Kerja

Sebagai kegiatan pokok Perum Pegadaian, penyaluran kredit pegadaian bagi nasabah akan sangat tergantung pada modal kerja yang ada. Modal kerja dapat diartikan sebagai nilai atau harta yang dapat dengan segera dijadikan uang kas dan digunakan oleh perusahaan, atau usaha untuk memblanjani/ membiayai keperluan sehari-hari.

Uang Pinjaman ( Jumlah kredit yang disalurkan )

Uang pinjaman adalah besarnya uang yang diberikan kepada nasabah yang ditentukan berdasarkan taksiran dan ketentuan yang berlaku. Berdasarkan besar kecilnya uang pinjaman ini dapat dipergunakan untuk pembagia golongan barang jaminan. Untuk keabsahan pemberian uang pinjaman, penaksir atau ketua pemutus kredit membubuhkan tanda tangan dan cap keabsahan pada kolom tanda tangan Surat Bukti Kredit (SBK). Kasir pelunasan membubuhkan tanda tangan dan cap kitir bukti pembayaran.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Data yang digunakan adalah data bulanan monthly time series dari tahun 2002 hingga 2006.

Metode Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengna menggunakan data sekunder.

Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Metode Regresi Kuadrat Terkecil / OLS (ordinary least square).

Untuk mengetahui kebenaran hipotesis, maka perlu dilakukan uji statistik berupa uji t, uji F dan Koefisien Determinasi R2 (Goodness of Fit).

Uji t statistik digunakan untuk melihat hubungan atau pengaruh antara variabel independen secara individual terhadap variabel dependen.

Pengujian ini akan memperlihatkan hubungan atau pengaruh antara variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen.

 

E. Kesimpulan

  1. Pendapatan Perum Pegadaian, Jumlah nasabah, dan Inflasi secara keseluruhan mempengaruhi penyaluran kredit Perum Pegadaian di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, hal ini terlihat dari pengujian serentak yang telah dilakukan.
  2. Pendapatan Perum Pegadaian, Jumlah nasabah, dan Inflasi, mampu menjelaskan proporsi pengaruh variasi total dari penyaluran kredit Perum Pegadaian yang dicerminkan dalam penghitungan koefisien determinasi (R) dalam model statistik.
  3. Hasil pengujian secara individual menunjukkan bahwa variabel Pendapatan Perum Pegadain berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit Perum Pegadaian di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Data yang digunakan adalah data bulanan monthly time series dari tahun 2002 hingga 2006.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Pendapatan Pengusaha Ayam Potong (Studi Kasus Kota Jakarta Selatan)
  2. Analisis Pengaruh DAU dan PAD terhadap Belanja Pemerintah Daerah pada Kabupatenkota
  3. Analisis Penyaluran Kredit Perum Pegadaian di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  4. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional
  5. Analisis Perdagangan Bilateral Antara Indonesia dengan Singapura Periode Tahun 1980-2003

 

Incoming search terms:

Leave a Reply