HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Akutansi: Kajian Penerapan Akuntansi Biaya pd Anggaran Belanja Daerah

Judul Skripsi : Kajian Penerapan Akuntansi Biaya pada Anggaran Belanja Daerah Kota Singkawang

 

A. Latar Belakang

Akuntansi manajemen sektor publik sangat erat dengan proses pemilihan program, penentuan biaya, dan manfaat program serta penganggaran. Akuntansi manajemen sektor publik juga berfungsi untuk memfasilitasi dihasilkannya anggaran sektor publik yang efektif, efisien, dan ekonomis (value for money budget).

Anggaran publik merupakan alat perencanaan sekaligus alat pengendalian pemerintah. Anggaran sebagai alat perencanaan mengindikasikan target yang harus dicapai oleh pemerintah, sedangkan anggaran sebagai alat pengendalian mengindikasikan alokasi sumber dana publik yang disetujui legislatif untuk dibelanjakan. Melalui data rekening belanja yang terdapat dalam anggaran belanja daerah, akan dilihat apakah anggaran yang telah dibuat, dapat berperan sebagai pengendali terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintah.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Sebagai bahan masukan dalam penentuan biaya standar, mencoba menawarkan metode penghitungan biaya dalam menentukan unit cost for service.
  2. Yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan sebagai standar efisiensi dan efektifitas belanja Pemerintah Daerah.

 

C. Kajian Pustaka

Pengertian APBD

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah adalah sarana atau alat untuk dalam menjalankan otonomi daerah yang nyata dan bertanggungjawab serta memberi isi dan arti tanggungjawab Pemerintah Daerah karena APBD itu menggambarkan seluruh kebijaksanaan Pemerintah Daerah.

Anggaran Belanja Rutin

Anggaran belanja rutin adalah anggaran yang disediakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang sifatnya lancar dan terus menerus, yang dimaksudkan untuk menjaga kelancaran roda pemerintahan dan memelihara hasil-hasil pembangunan. Dengan telah diberikannya kewenangan untuk mengelola keuangan daerah, maka belanja rutin diprioritaskan pada optimalisasi fungsi dan tugas rutin perangkat daerah.

 

Anggaran Belanja Pembangunan

Anggaran belanja pembangunan adalah anggaran yang disediakan untuk membiayai proses perubahan, yang merupakan perbaikan dan pembangunan menuju kemajuan yang ingin dicapai. Pengeluaran yang dianggarkan dalam pengeluaran pembangunan didasarkan atas alokasi sektoral (sektor/sub sektor) pajak dan retribusi daerah.

 

D. Kesimpulan Skripsi

  1. Pemerintah daerah dituntut untuk efisien dan efektif dalam menggunakan sumber daya yang dimilikinya, sehingga metode-metode dari organisasi bisnis yang dianggap dapat lebih efisien dan efektif dalam menjalankan usahanya pun diadaptasi oleh organisasi sektor publik, terutama pada pemerintahan.
  2. Pengelompokkan perkiraan dalam Angagran Belanja Pemerintah Kota Singkawang tidak dirancang untuk menganalisis efektifitas pembiayaan suatu program atau memberikan informasi yang cukup untuk pengendalian pengeluaran suatu program. Untuk itu diperluakan suatu sistem pelaporan yang mempergunakan sistem akuntansi biaya yang memperlihatkan belanja yang diperlukan untuk suatu program.
  3. Proses dalam Activity-Based Costing yaitu analisis terhadap value added dan non value added cost dapat medeteksi adanya biaya-biaya yang tidak menambah nilai bagi terlaksananya program unit kerja/dinas/instansi. Sehingga pemotongan biaya atas biaya-biaya tersebut dapat menambah

 

E. Saran

  1. Perhitungan cost program yang dilakukan pada penelitian ini masih banyak yang mendasarkan pada asumsi yaitu pada perhitungan resource driver consumption dan activity drivers factors. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian lebih lanjut untuk memperoleh data mengenai hal tersebut.
  2. Akuntansi biaya yang dikembangkan belum memperhatikan sisi pendapatan untuk keperluan penghitungan kos bersih/net cost program. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan analisis terhadap pendapatan untuk setiap program.
  3. Unit measurement suatu program tidak dikuantifikasi dalam penelitian ini, untuk keperluan evaluasi perlu dikembangkan unit measurement terhadap suatu program.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Kajian Penerapan Akuntansi Biaya Pada Anggaran Belanja Daerah Kota Singkawang
  2. Kemampuan Earnings Dan Arus Kas Dalam Memprediksi Earnings Dan Arus Kas Di Masa Yang Akan Datang (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta)
  3. Pengaruh Economic Value Added Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Return Pemegang Saham
  4. Pengaruh Insider Ownership, Dispersion Of Ownership, Free Cash Flow, Collaterizable Assets, Dan Tingkat Pertumbuhan Terhadap Kebijakan Deviden
  5. Pengaruh Kandungan Informasi Keuangan Terhadap Abnormal Return Saham

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)