HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Administrasi: Peranan Kepala Desa dlm Pembangunan di Desa Ngringo

Judul Skripsi: Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2007 (Studi Deskriptif tentang Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan Fisik di Desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2007)

 

A. Latar Belakang

Perhatian pemerintah terus meningkat terhadap pembangunan desa dengan semakin meningkatnya berbagai program dan proyek beserta maningkatnya volume, dana dari berbagai departemen dan lembaga non depertemen baik melalui bantuan pemerintah pusat dalam bentuk subsidi serta bantuan pemerintah daerah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Semua jenis pembangunan, baik program sektoral, maupun regional banyak difokuskan kearah pedesaan.

Stabilitas ketahanan yang dinamis adalah modal penting bagi terselenggaranya pembangunan nasional. Oleh karena itu kehadiran sosok kepala desa sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan pembangunan di desa. Kehadirannya sangat diperlukan dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di wilayahnya masing-masing, khususnya untuk pemerataan hasil-hasil pembangunan dengan menumbuhkan prakarsaserta menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan sesuai dengan undang-undang tentang pemerintah daerah Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 202. Dalam Undang-Undang tersebut di sebutkan:

  1. Pemerintah desa terdiri atas kepala desa dan perangkat desa.
  2. Perangkat desa terdiri dari sekretaris desa dan perangkat desa lainnya.
  3. Sekretaris desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diisi dari pegawai negeri sipil yang memenuhi persyaratan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah peranan kepala desa dalam melaksanakan pembangunan fisik desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar tahun 2007 ?
  2. Dalam bentuk dan jenis pembangunan fisik apa saja pembangunan yang dibiayai secara swadaya oleh masyarakat Desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar tahun 2007 ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Peranan

Selanjutnya disini penulis akan menjelaskan tentang kata peranan. Karena peranan merupakan aspek dinamis dari kedudukan. Apabila seseorang menjelaskan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka dia telah menjalankan suatu peranan. Antara peranan dan kedudukan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebab yang satu tergantung yang lain dan sebaliknya, tidak ada peranan tanpa kedudukan atau kedudukan tanpa peranan.

Kepala Desa

Kepala Desa mempunyai tanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan desa secara keseluruhan. Kepala Desa dalam menjalankan peranannya sebagai pemimpin tidak hanya semata – mata sebagai Kepala pemerintahan desa saja, tetapi kepala desa mempunyai tanggung jawab yang besar di wilayahnya, dengan tugas dan tanggung jawab dalam peranannya menggerakkan swadaya masyarakat untuk pembangunan desa.

 

Pembangunan

Pembangunan mempunyai sifat yang beraneka ragam yang meliputi berbagai bidang anatara lain ekonomi, sosial budaya, dan sebagainya. Dalam pelaksanaan pembangunan tersebut tentu saja melibatkan berbagai pihak yang menanganinya, diantaranya adalah pemerintah desa, warga masyarakat serta para tokoh masyarakat. Namun demikian Kepala Desa sebagai pemimpin tertinggi diwilayahnya mengemban tugas dan tanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan secara keseluruhan.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian dengan menggunakan metode deskriptif yang didukung dengan data kualitatif memaparkan atau menuturkan, menafsirkan, dan menganalisa data yang ada.

Penelitian ini dilakukan penulis di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar.

Penelitian kualitatif seperti ini tidak seperti halnya penelitian kuantitatif.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu Dokumentasi, Wawancara, Observasi.

Sumber data/nara sumber pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Peranan Kepala Desa sebagai motivator di lokasi penelitian sudah baik, hal ini dapat diketahui dari pemberian motivasi, tidak hanya diberikan di Balai Desa saja tetapi Kepala Desa terjun langsung sampai ke tingkat yang paling bawah yaitu RT dan RW. Kepala Desa Ngringo dalam memotivasi masyarakat dalam pembangunan fisik di mulai dari pemunculan ide,gagasan atau pikiran sampai dengan penanganan pembangunan fisik Di Desa Ngringo pembangunan yang ada sudah berjalan dengan baik dan diberbagai kesempatan atau pada saat kerja bakti Kepala Desa secara spontanitas juga langsung memberikan bantuan kepada warganya yang berupa semen dan konsumsi, sehingga warganya termotivasi dalam berpartisipasi untuk melaksanakan pembangunan fisik di wilayahnya.
  2. Peranan Kepala Desa sebagai dinamisator di lokasi penelitian sudah baik, hal ini dapat dilihat dari proses pemecahan masalah yang dihadapi warga. Kepala Desa berinisiatif untuk menyelesaiakan dengan memberikan alternatif-alternatif pemecahan masalah sehingga warga masyarakat dapat bermusyawarah untuk mempertimbangkan alternatif-alternatif tersebut dan memutuskan alternatif yang dianggap terbaik dan dapat dilaksanakan oleh
  3. Peranan Kepala Desa sebagai komunikator di lokasi penelitian sudah baik, hal ini dapat diketahui dari perubahan tingkah laku warga sehingga apa yang menjadi tujuan dalam menggerakkan pembangunan fisik desa yang dilakukan oleh masyarakat desa di wilayahnya dapat tercapai dan Kepala Desa berkomunikasi dengan warganya tidak hanya berisikan petunjuk atau perintah tetapi juga menerima masukan dan informasi dari warganya.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam Mengoptimalkan Penerimaan Retribusi Pasar Tahun 2008 Melalui Pemberdayaan Pasar Tradisional
  2. Peranan Puskesmas dalam Pelayanan Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan UPTD Puskesmas Rawat Inap Sibela dalam Pelayanan Program PKMS di Surakarta)
  3. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa di Desa Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun 2007)
  4. Kualitas Pelayanan Perijinan Dinas Kesehatan Kota Surakarta
  5. Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2007

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)