HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Mahasiswa Baru

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIM PMB) adalah sistem yang berfungsi untuk pengolahan data calon mahasiswa baik tamu pengunjung, calon mahasiswa daftar, serta calon mahasiswa yang melakukan registrasi. Sistem ini bersifat client-server karena menggunakan database MySQL sehingga untuk mengembangan jaringan akan lebih mudah untuk diimplementasikan.

Dengan menggunakan sistem aplikasi ini kemudahan proses pengelolaan data calon mahasiswa baru dan pengontrolannya akan lebih mudah. Setiap jurusan dapat mengetahui keadaan data pengunjung, daftar, dan registrasi berdasarkan jurusannya.

Fasilitas yang dimiliki

  1. Company Profile

Company Profile adalah gambaran singkat instansi / perguruan tinggi yang menggunakan sistem informasi ini. Company profile berisi gambaran singkat sejarah instansi, susunan pengurus, jurusan/program studi, akreditasi, dan lain-lain

  1. Data Calon Mahasiswa /pengunjung

Fasilitas ini digunakan ketika calon mahasiswa baru datang ke instansi atau perguruan tinggi anda, sehingga kondisi mahasiswa yang datang berkunjung dapat secara real time diketahui. Fasilitas ini juga digunakan untuk proses pelaporan kepada unit atau bagian yang bertanggunggung jawab melaksanakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

  1. Proses Pembuatan Kwitansi

Fasilitas yang disediakan untuk pembuatan kwitansi pendaftaran calon mahasiswa baru. Dengan menggunakan fasilitas ini proses pembuatan kwitansi secara manual dapat di minimalisir.

  1. Laporan Pengunjung /tamu

Fasilitas ini digunakan untuk mengetahui keadaan pengunjung berdasarkan hari/tanggal, jurusan/program studi, status pendaftaran, dsb sehingga proses pelaporan kepada pimpinan akan lebih mudah untuk dilakukan. Selain kelebihan tersebut kebutuhan pada kertas untuk arsip akan lebih dapat diminimalisir karena data sudah terkomputerisasi.

  1. Laporan Registrasi Mahasiswa Baru

Fasilitas ini disediakan untuk proses pencatatan dan pembuatan kwitansi calon mahasiswa yang melakukan registrasi. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan persyatan keuangan calon mahasiswa baru baik yang sudah lunas ataupun yang masih menunggak.

  1. Pencarian data

Fasilitas ini disediakan untuk mempermudah user atau pengguna ketika akan melakukan proses pencarian data. Proses pencarianpun dapat dilakukan dengan berbagai metode atau cara misalnya pencarian data calon mahasiswa berdasarkan nomor pendaftaran, nama calon mahasiswa, berdasarkan kabupaten/kota asal, berdasarkan tanggal kunjungan atau berdasarkan sumber informasi instansi.

Unit Sistem Informasi Manajemen

Pengembangan tata kelola Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) menjadi sangat penting bagi PNB dalam rangka melakukan tata kelola institusi yang efektif, efisien dan transparan.

Pengembangan sistem informasi diperuntukkan bagi kepentingan penyebaran informasi baik secara internal maupun secara eksternal dengan maksud memberikan layanan terhadap informasi secara cepat dan akurat.

Unit Sistem Informasi Manajemen (SIM) menyusun perencanaan, pengelolaan dan pengembangan system informasi manajemen secara terpadu dan menyeluruh di lingkungan Politeknik Negeri Bali, yang meliputi tugas-tugas :

  1. Menyusun cetak biru (blue print) sistem informasi secara terpadu dan menyeluruh
  2. Menyusun Perencanaan, Pengadaan, pengendalian dan pengembangan jaringan (hardware)
  3. Mengembangkan perangkat lunak (software) pangkalan data Politeknik Negeri Bali
  4. Mengendalikan Manajemen data dan informasi pangkalan data Politeknik Negeri Bali
  5. Membantu mengembangkan aplikasi baru untuk pemenuhan kebutuhan data dan manajemen lembaga berbasis Informasi Teknologi (IT)
  6. Mengelola Informasi dan data berbasis WEB
  7. Membantu mengolah data bidang akademik dan kemahasiswaan
  8. Membantu penyelenggaraan pembelajaran berbasis IT
  9. Misi pengembangan SI/TI bagi PNB adalah mengembangkan sistem tata kelola sistem informasi yang inovatif, transparan, dan akuntabel yang selaras dengan pengembangan lembaga, serta memberikan layanan informasi yang cepat, tepat dan kekinian yang dapat mendukung institusi dalam pengambilan keputusan (supporting decision system).

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis Web (PMB Online) dapat diterapkan pada Kampus atau Sekolah. Sistem Informasi PMB Online ini dapat diaplikasikan dalam jaringan Intranet maupun Online melalui Internet. Dengan sistem PMB Online ini diharapkan dapat mempercepat proses terjadinya pendaftaran bagi calon siswa/mahasiswa, serta dapat menjaring lebih banyak calon siswa/mahasiswa, khususnya dari luar daerah. Dari pengalaman kami, sistem ini sudah teruji dengan sangat baik, dalam menangani jumlah pendaftar hingga lebih dari 5000 calon mahasiswa hanya dalam beberapa hari. Sistem PMB Online ini sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik.

Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan sistem ini, antara lain:

  1. Pendaftaran dapat dilakukan secara Online.
  2. Data calon mahasiswa/siswa akan terekam dalam Database Sistem dan dapat di-ekspor ke dalam format Excel.
  3. Terdapat fitur Pengaturan Waktu Pendaftaran, hal ini akan memudahkan dalam Manajemen Gelombang Pendaftaran.
  4. Adanya Pengaturan Program Studi yang ditawarkan, memudahkan manajemen mengatur Program Studi yang dapat ditawarkan dari tahun ke tahun.
  5. Kemudahan untuk melakukan monitoring perkembangan proses pendaftaran dari sisi Pendaftar, Peserta Ujian Masuk, dan yang Lulus Ujian pada periode tertentu.
  6. Dapat diintegrasikan dengan Sistem Informasi Akademik manapun, karena hasil proses pendaftaran dapat di-ekspor ke dalam format Excel.

 

Layanan yang kami berikan mencakup:

  1. Updating Sistem Informasi PMB/PSB,
  2. Penyesuaian Sistem dengan Business Process setiap Kampus (System Customization),
  3. Migrasi Database – Ekspor/Impor Data Excel,
  4. Instalasi Server dan Sistem di Jaringan Intranet/Internet,
  5. Pelatihan Admin/Operator (disertai Buku Manual Penggunaan), serta
  6. Garansi Sistem, Maintenance dan Layanan Pendampingan.
  7. SIM Penerimaan Mahasiswa Baru / PMB Online ini dapat disesuaikan dengan model pendaftaran yang biasa digunakan di Perguruan Tinggi:

Model Pertama yaitu Model ‘One Day Service’, di mana proses Pendaftaran, Pembayaran dan Test/Ujian dilaksanakan dalam 1 hari. Calon Mahasiswa/Siswa –> Mendaftar –> Membayar –> Mengambil Kartu Ujian –> Test/Ujian –> Pengumuman Hasil Seleksi (pengumuman biasanya dilakukan setelah masa PMB selesai).

Model Kedua yaitu Model ‘Classic‘, di mana Pendaftaran dilakukan pada waktu tertentu, kemudian Ujian dilakukan secara bersama-sama pada waktu tertentu, kemudian Pengumuman Hasil Seleksi dilakukan pada waktu tertentu pula.

Proses Mendaftar

Calon Mahasiswa/Peserta mendaftarkan diri melalui SIM PMB secara Online/Intranet (mengisi Biodata Pribadi, Orang Tua, Asal Sekolah, Ijazah, serta mengisi data Pilihan Program Studi).

Setelah melakukan pendaftaran, Calon Mahasiswa tersebut akan mendapatkan No. Pendaftaran dan Password untuk digunakan sebagai Login.

Calon Mahasiswa dapat melakukan Login ke Sistem PMB Online untuk mengubah Biodata dan pilihan Program Studi, serta mencetak formulir pendaftaran sesuai dengan data yang telah dimasukkan.

Hasil cetak formulir digunakan sebagai Formulir Pendaftaran beserta berkas lainnya sebagai Syarat Administrasi PMB.

Petugas Administrasi cukup mengolah Layout Formulir, mengatur Masa Pendaftaran, mengecek Data Pendaftaran serta memasukkan hasil seleksi calon mahasiswa baru untuk diproses menjadi daftar Mahasiswa yang diterima. Semua data dari PMB Online akan secara otomatis digunakan ke dalam Sistem Informasi Akademik.

Fitur PMB Online

  1. Pendaftaran secara Online Internet/Intranet
  2. Pendaftaran dilakukan oleh Calon Mahasiswa, dan setiap Calon Mahasiswa mendapatkan No. Registrasi yang bersifat ‘unique’. Nomor Registrasi tersebut digunakan untuk mendapatkan Kartu Ujian, mengikuti Ujian, Cetak Formulir, serta melihat Hasil Seleksi secara Online
  3. Manajemen Data Peserta/Calon Mahasiswa Baru

Meliputi: Biodata Pribadi (Nama, Tempat/Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama, Telp/HP, Email, Alamat, Kota/Kab., Propinsi), Data Orang Tua (Nama Ortu, Alamat, Pekerjaan, Penghasilan/bln, Telp/HP), Asal Sekolah (Nama, Negeri/Swasta, Alamat, Kec/Kab/Prop), Ijazah (SMA/SMK/MA, No. Ijazah, Tahun Lulus, Rata2 UN), Prestasi Siswa (Keterangan Piagam Penghargaan yang pernah diraih) dan Pilihan Program Studi yang ditawarkan.

  1. Data calon mahasiswa dapat di-filter sesuai Gelombang Pendaftaran, yang Ikut Ujian, yang Lulus Ujian. Data calon mahasiswa tersebut dapat di-ekspor ke dalam format Excel sesuai filter yang dimaksud.
  2. Manajemen Pilihan Program Studi

Pilihan Program Studi yang ditawarkan dapat diatur baik pada strata/diploma D3,S1,S2, maupun S3. Fitur ini memudahkan pihak Manajemen dalam mengatur Prodi yang ditawarkan dari tahun ke tahun.

Manajemen Waktu Pendaftaran

Manajemen Waktu/Periode Pendaftaran, dimulai dari tanggal s/d tanggal tertentu. Proses pendaftaran mahasiswa dapat dilakukan dengan model Gelombang-1, Gelombang-2, dan seterusnya. Fitur ini dapat mengatur proses-proses gelombang pendaftaran tersebut.

Manajemen Cetak Kartu Ujian

Manajemen Cetak Kartu Ujian dengan Layout kartu ujian yang dapat di-kustomisasi. Layout Formulir Kartu Ujian dapat diatur secara online, baik posisi biodata, pilihan program studi, tanda tangan, header kartu ujian, dsb.

Manajemen Penilaian Hasil Ujian dan Cetak Hasil Lulus Ujian

Penilaian ujian dengan Status Lulus/Tidak Lulus, dengan Nilai tertentu, dan Program Studi yang diterima. Hasil penilaian dapat di-ekspor ke dalam format Excel untuk menjadi data Mahasiswa Baru yang diterima (semua data dapat di-ekspor ke dalam Sistem Informasi Akademik).

Cetak Formulir

Layout formulir yang telah dibuat oleh Admin/Operator, dapat dicetak oleh Operator dan Peserta. Formulir pendaftaran terkait biodata calon mahasiswa dapat diatur form formulirnya untuk menjadi cetakan formulir pendaftaran.

Manajemen Pelaporan

Laporan Pendaftaran, Peserta Ujian, yang Lulus Ujian pada setiap Periode/Gelombang Pendaftaran dan Program Studi yang ditawarkan.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply