HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Informasi Manajemen Akademik

 Implementasi Sistem Informasi  (SIM) untuk Fungsi Administrasi Sekolah dan Akademik Siswa

 

Sistem Informasi Manajemen Akademik merupakan solusi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kemampuan integrasi dalam pelayanan pendidikan dan pengajaran, mulai dari informasi sarana dan prasarana yang tersedia, informasi dosen pengajar dan para mahasiswanya, informasi jadwal perkuliahan, informasi ruangan, informasi progres perkuliahan dan nilai, informasi remunerasi, informasi penelitian, dan lain sebagainya. Sistem Informasi ini berbasis web guna kemudahan dalam mengakses informasi kapanpun, dimanapun oleh siapapun yang berkompeten mendapat informasi yang sesuai dengan konsumsinya.

Teknologi Informasi telah berkembang sedemikian pesatnya sehingga merambah ke segala sendi kehidupan manusia. Teknologi Informasi tidak hanya berkembang di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi semata, tetapi juga ke masalah masalah yang bersifat pribadi seperti zoodiak (ramalan bintang). Bahkan tafsir mimpipun sekarangpun sudah menggunakan Teknologi Informasi.

Teknologi Informasi tidak hanya berkembang pada sektor yang bersifat pribadi tetapi juga sektor yang melibatkan orang banyak dalam sebuah organisasi. Untuk mengelola ribuan data tentang surat menyurat, laporan kegiatan, makalah, personalia, laporan keuangan dan pemasaran yang terpadu satu dengan yang lain diperlukan sebuah Sistem Informasi Manajemen ( SIM ).

Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk fungsi Administrasi Sekolah Sistem Sistem Informasi Manajemen (SIM) sangat diperlukan membantu mengelola administrasi sekolah agar lebih akurat, lebih cepat, lebih menarik dan dapat di daurulang (diedit). Di setiap organisasi, termasuk di sekolah setidaknya ada empat aktivitas administrasi, yaitu :

  1. Manajemen Dokumentasi.
  2. Manajemen Keuangan.
  3. Manajemen Pemasaran.
  4. Manajemen Personalia.

Untuk memenuhi keempat kebutuhan di atas, Microsoft telah membuat software yang dinamakan Microsoft Office yang sekarang ini telah memiliki versi sampai pada Microsoft Office 2010. Di dalam software Microsoft Office 2010 terdapat program :

  1. Microsoft Word untuk menangani Manajemen Dokumentasi.
  2. Microsoft Excel untuk menangani Manajemen Keuangan.
  3. Microsoft Power Point untuk menangani Manajemen Pemasaran.
  4. Microsoft Access untuk menangani Manajemen Personalia.

Dalam perkembangannya, muncul software-software canggih untuk membantu fungsi Akademik Sekolah. Ada ujian dalam bentuk online, ada software translate berbagai bahasa di dunia dan lain sebagainya.

 

Keunggulan SIM Sekolah

 

Dalam pengembangan SIM Sekolah ini, kami harapkan aplikasi berbasis web ini memiliki keunggulan-keunggulan diantaranya :

  1. Berbahasa Indonesia, hal ini untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasionalkan SIM Sekolah.
  2. Jumlah pengguna tidak dibatasi, karena sistemnya menggunakan basis web sehingga siapa saja yang terhubung ke jaringan server SIM Sekolah bisa mengakses melalui browser
  3. Memiliki fitur backup database secara manual dan otomatis, sehingga keamanan data bisa lebih terjamin
  4. Pengaturan Menu yang user-friendly sesuai dengan hak akses masing-masing pengguna sehingga memberikan kemudahan dalam menggunakannya
  5. Nama guru masing-masing pelajaran tapil beserta gelar nya di rapot
  6. Bisa melihat nilai tahun ajaran sebelumnya
  7. Absensi terpantau Kepala Sekolah, Siswa dan Orang Tua

 

Manfaat dan Solusi

  1. Paperless office, semua data dilakukan entry dalam satu server dan diolah dengan basis system management sesuai yang dirancang, serta dapat diakses oleh semua dengan batasan user ID dan password.
  2. Bersifat easy to access, dikarenakan sistem yang dirancang web based dan mobile based.
  1. Data terpusat untuk menjaga konsistensi kandungan informasi yang selalu up to date dan hanya personel tertentu yang dapat melakukan update.
  2. Peningkatan pelayanan kepada mahasiswa sebagai user mendapat haknya untuk mudah mendapatkan informasi.
  3. Kelancaran sistem administrasi, ketersediaan data yang terkini akan didapatkan.
  4. Pengembangan untuk menambah fitur-fitur selanjutnya sangat mungkin diterapkan.
  5. Keamanan data yang menjadi perhatian utama setelah sistem dijalankan.
  6. Upgradeable, sistem dirancang untuk dapat di-upgrade secara modular dan sistematis
  7. Auditable, sistem dirancang dengan sistem audit trail, yang akan mengetahui dan melacak ada kesalahan disaat input data dilakukan hingga item yang berubah serta pola waktu yang terjadi.

 

SIM Sekolah dibagi ke dalam 8 sistem yang semuanya akan terintegrasi saat dioperasionalkan, yaitu:

Sistem Informasi Profil (Portal Sekolah) : yang nantinya akan berisi Profil Sekolah, Visi, Misi, Fasilitas, program-program, Berita/Artikel, kegiatan/agenda, informasi kesiswaan, forum, galeri foto, dan buku tamu.

Sistem Informasi Personalia : yang berisi Data Guru dan Staf untuk mengelola informasi penting tentang tenaga pengajar maupun staf yang terdaftar di sekolah, seperti biodata, pangkat, jabatan, alamat, status bekerja, jam kerja, riwayat pendidikan, riwayat karir, riwayat pelatihan, tingkat kehadiran, info gaji dan lain-lain.

Sistem Informasi Sarana dan Prasarana : berisi mengenai Manajemen Aset sekolah mulai dari penomoran aset, lokasi aset, penggunaan aset dan jumlah aset.

Sistem Informasi Keuangan : akan berisi data pembayaran biaya pendidikan siswa, seperti SPP, uang pembangunan, dan biaya-biaya lain. Data pembayaran tersebut akan ditampilkan dalam format laporan yang akan memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pemeriksaan dan evaluasi, seperti :

  1. Laporan siswa yang belum melakukan pembayaran
  2. Laporan siswa yang sudah melakukan pembayaran
  3. Laporan-laporan yang berkenaan dengan honor guru/karyawan

Sistem Informasi Siswa : akan berisi data Penerimaan Siswa Baru, Biodata siswa, Pengelolaan Kenaikan Kelas Siswa (manual maupun otomatis), Pengelolaan Kelulusan/Alumni, Pencetakan Kartu Siswa, dan Pengelolaan Kedisiplinan Siswa.

Sistem Informasi Akademik : berisi Pengelolaan Kurikulum, Penjadwalan Satuan Pengajaran, Pengelolaan Nilai Akademik Siswa dan Laporan Hasil Studi Siswa, dan Presensi Siswa dalam kegiatan PBM.

Sistem Informasi Perpustakaan : berisi Pengelolaan buku, Pengelolaan anggota, Transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dan Manajemen Arsip Digital.

Sistem E-Learning : berisi Proses pendidikan menggunakan sistem online maupun intranet bagi siswa dan guru berupa modul sekolah, tanya-jawab, kuis online, maupun tugas-tugas.

 

Fungsi yang terdapat pada SIM – Sistem Informasi Manajemen secara umum memuat informasi sebagai berikut:

  1. Penilaian
  2. Pengelolaan aset
  3. Kehadiran
  4. Komunikasi rumah-sekolah
  5. Komunikasi antar guru/karyawan
  6. Keuangan
  7. Sumber daya manusia
  8. Pengelolaan kebutuhan pendidikan khusus
  9. Perencanaan kegiatan belajar mengajar
  10. Data siswa
  11. Penulisan laporan
  12. Evaluasi diri/review
  13. Pengaturan jadwal pelajaran

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply