HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Lengkap tentang Sistem Informasi Akademik menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Akademik

Gambaran dari Sistem Informasi Akademik

Pengertian Sistem Informasi Akademik

Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik di kampus, yang mana kesemuanya diatur secara daring (online). Beberapa contoh kegiatan yang bersifat administratif di kampus adalah Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), penyusunan kurikulum dan jadwal kuliah, mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), mengisi nilai (untuk dosen), mengelola data dosen, karyawan, dan mahasiswa, dsb.

Sistem Informasi Akademik adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data Akademik dengan penerapan teknologi komputer baik ‘hardware’ maupun ‘software’,  ‘hardware’ (perangkat keras) adalah peralatan-peralatan seperti komputer (PC maupun Laptop), Printer, CD ROM, HardDisk, Handphone dan sebagainya. Sedang ‘Software’ (perangkat lunak) merupakan program komputer yang memfungsikan ‘hardware’ tersebut, sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi dan pengambilan keputusan-keputusan bagi pengambil keputusan atau top manajemen di lingkungan perguruan tinggi.

 

Teori Lengkap tentang Sistem Informasi Akademik  menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Akademik

 

 

 

SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) adalah Suatu sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.

Keunggulan Sistem Akademik

  • Sistem Informasi Akademik (Siakad) dirancang untuk bisa mengolah semua informasi yang ada secara terintegrasi, sehingga data yang tersedia selalu terbarukan (up to date) secara realtime.
  • Selain itu, karena basis datanya terpusat, Siakad bisa meminimalisir terjadinya duplikasi data yang lazim ditemui pada sistem manual.
  • Siakad bisa berfungsi sebagai pusat informasi dengan kelebihan berupa:

Respon email otomatis

PMB Online

KRS Online

Penjadwalan kelas online

Penilaian secara online

Menjadi pusat rekam jejak semua kegiatan kampus karena semua data ada di Siakad termasuk berita-berita terbaru seputar kampus. Media komunikasi bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Manfaat Sistem Informasi Akademik

  1. Mempermudah mahasiswa untuk memperoleh informasi tanpa perlu datang ke bagian administrasi di kampus yang seringkali lama karena harus mengantri, dsb.
  2. Bagian administrasi kampus juga dimudahkan dengan adanya siakad karena berkurang beban untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang butuh data. Bagian administrasi bisa memfokuskan waktunya untuk input data dan pemeriksaan data.
  3. Data tersimpan secara terstruktur dengan database yang tersimpan di dalam computer.
  4. Pembaruan data antara bagian administrasi kampus dengan bagian keuangan dapat dilakukan dengan cepat secara realtime.
  5. Pengolahan data keuangan yang lebih efektif dengan menggunakan aplikasi yang dapat mendukung proses keuangan dan proses kepegawaian

 

Teori-teori dari gambar Sistem Informasi Akademik

Proses dari Sistem Informasi Akademik

  1. Input data mahasiswa yang didapat dari mahasiswa yang bersangkutan saat registrasi ulang (pendaftaran) denganoutput daftar nama mahasiswa.
  2. Input data dosen yang didapat dari setiap Fakultas yang sudah dikoordinasi dengan jurusan yang memberikan output berupa daftar nama baik itu dosen lama yang masih tetap aktif mengajar, serta daftar nama dosen baru yang mulai mengajar.
  3. Input data mata kuliah yang didapat dari setiap jurusan di lingkungan Universitas dengan memiliki output jadwal kuliah dan jumlah sks tiap mata kuliah yang sudah ditentukan.
  4. Input KRS didapat dari pilihan mahasiswa untuk mata kuliah yang akan diambil dan dengan ketentuan yang berlaku. Input KRS ini memiliki output absen mahasiswa per setiap mata kuliahnya.
  5. Input daftar nilai mahasiswa didapat dari setiap jurusan di lingkungan Universitas. Mahasiswa wajib mengisi KRS, karena itu merupakan salah satu syarat agar KHS dapat keluar.
  6. Input daftar nama mahasiswa yang telah lulus yang didapat dari setiap jurusan yang telah dikumpulkan pada fakultas setelah itu ke lembaga yang menghasilkan output berupa daftar nama wisudawan.
  7. Input data keuangan yang didapat dari bagian administrasi yang telah dikoordinasikan baik pada setiap jurusan melalui fakultas, dengan output data mahasiswa yang masih aktif dan dapat mengikuti perkuliahan semester berikutnya. Proses pengolahan data keuangan dilakukan setiap kali terjadi transaksi keuangan yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga pada proses ini Sistem Informasi Akademi dapat melakukan update untuk data mahasiswa

Keuntungan Sistem Informasi Akademik

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan penerapan Sistem Informasi Akademik ini adalah kemudahan bagi mahasiswa untuk memperoleh informasi tanpa harus melakukan interaksi langsung dengan bagian administrasi karena informasi tersebut dapat diperoleh dengan melakukan pencarian data melalui komputer yang terkoneksi secara internet. Sistem ini juga mempermudah bagian administrasi dengan berkurangnya interaksi secara langsung yang digantikan oleh interaksi terhadap data-data yang diinputkan oleh mahasiswa yang merupakan kebutuhan untuk proses pengolahan data. Penyimpanan data yang terstruktur menggunakan database yang tersimpan didalam komputer juga menjadi salah satu keunggulan penggunaan sistem informasi akademik. Kegiatan meng-update informasi antara bagian administrasi akademik maupun dengan bagian keuangan yang merupakan validasi untuk status mahasiswa sehingga dapat melakukan kegiatan belajar mengajar juga dapat ditangani dengan mudah oleh sistem dimana terjadi interaksi data secara langsung tanpa memerlukan update data secara manual. Update data dari Sistem Keuangan dan Sistem Akademik merupakan proses penting dimana proses ini mengupdate status mahasiswa dalam interval waktu tertentu.

Kegiatan belajar mengajar juga menjadi lebih mudah dengan  komponenFront End Web dan komponen Back End Web yang dapat membantu para pengajar untuk menyampaikan informasi secara online dan menerima informasi secara online dari mahasiswa.

Teori Lengkap tentang Sistem Informasi Akademik  menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Akademik

 

 

 

 

 

 

 

Secara umum sistem informasi akademik dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Akademik yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkannya. Sistem Informasi Akademik sangat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar (dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan Software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional.

Sistem informasi Akademik melakukan kegiatan proses administrasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan administrasi akademik, melakukan proses pada transaksi belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa, melakukan proses administrasi akademi baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan biaya yang muncul pada kegiatan registrasi ataupun kegiatan operasional harian administrasi akademik. Proses pengolahan data keuangan dilakukan setiap kali terjadi transaksi keuangan yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga pada proses ini Sistem Informasi Akademi dapat melakukan update untuk data mahasiswa. Beberapa bagian yang bersangkutan dengan modul keuangan dapat diintegrasikan dibawah Sistem Informasi Akademik, modul keuangan dapat berupa kegiatan transaksi akutansi ataupun kegiatan transaksi kepegawaian yang merupakan proses yang terjadi pada kegiatan di Universitas ataupun Akademik .

Contoh Tesis yang membahas tentang Sistem Informasi Akademik

Contoh Tesis 1 : Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Siswa Berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL di SMA N 1 TAYU

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak Sistem Informasi Akademik Siswa Berbasis Web Mengunakan PHP dan MySQL di SMA N 1 Tayu dan menguji kelayakannya. Sistem informasi ini telah diuji coba sehingga mampu mengolah data akademik secara umum seperti data administrator, tata usaha, kepala sekolah, wali kelas, guru, dan siswa. Pada penelitian ini juga ditentukan tingkat kelayakan perangkat lunak yang telah dibuat dengan uji kelayakan sistem informasi di SMA N 1 Tayu.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Adapun langkahlangkah penelitian yaitu : potensi masalah, analisis kebutuhan, desain, implementasi, validasi ahli, revisi produk, uji coba pengguna, revisi produk, publikasi masal. Responden uji coba ada 28 siswa kelas XII IPA2 dan 2 guru mata pelajaran SMA N 1 Tayu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa skor dan presentase pada skala penilaian yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi ini mampu mengolah data akademik secara umum seperti data administrator, tata usaha, kepala sekolah, wali kelas, guru, dan siswa. Penilaian tingkat kelayakan perangkat lunak oleh ahli menunjukkan bahwa sistem informasi sangat layak. Berdasarkan penilaian dari siswa dan guru, tingkat kelayakan sistem informasi adalah sangat layak. Presentase kelayakan menurut ahli rekayasa perangkat lunak dan pengguna secara berurutan memperoleh presentase sebesar 91,5% dan 86,358%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi memiliki kualitas baik dan sangat layak untuk proses pengolahan data akademik siswa.

 

Contoh Tesis 2 : Pengembangan Sistem Informasi Akademik Tugas Akhir Skripsi (Siatas) Online Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk (1) mengembangkan sistem informasi akademik skripsi (SIATAS) online Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, dan (2) mengetahui kualitas kelayakan produk sistem informasi akademik skripsi (SIATAS) secara online. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi akademik skripsi (SIATAS) online pendidikan teknik elektro termasuk manualnya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pendekatan metode Pressman dengan beberapa langkah: (1) analisis, (2) desain, (3) coding, dan (4) pengujian. Kuesioner yang digunakan untuk menentukan kelayakan produk dari aspek sistem informasi dan pemrograman. 21 mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro FT UNY adalah sebagai subjek penelitian. Data dianalisis dengan metode deskriptif yang disajikan dalam distribusi frekuensi dan grafik. Hasil penelitian diperoleh: (1) kualitas sistem informasi akademik tesis (Siatas) online pendidikan teknik elektro, yang meliputi kualitas sistem informasi adalah dalam kategori sangat layak, sementara kualitas pemrograman dalam kategori layak, (2) kelayakan produk Siatas dalam tahap pengujian awal adalah produk dalam kategori sangat layak dan pada akhir tahap pengujian adalah produk dalam kategori sangat layak.

 

Contoh Tesis 3 : Sistem Informasi Akademik pada Paud Nur Insani Surabaya Berbasis WEB

Paud Nur Insani merupakan merupakan pendidikan anak usia dini yang mengelola jenjang playgroup hingga taman kanak-kanak, namun pengolahan data akademik di dalam paud yang masih bersifat manual dan penyimpanan data pada paud yang belum terpusat ke satu database sehingga menjadi kendala dalam pengolahan, pendataan dan penyajian informasi akademik. Jadi dalam sistem informasi akademik ini dibuat suatu sistem informasi yang lebih mengarah ke sistem pengolahan, pendataan dan penyajian informasi akademik di pada Paud Nur Insani.

Di dalam pembuatan sistem akademik pada Paud Nur Insani ini, perancangan sistem membahas mengenai konsep dari sistem yang akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan kepada pengguna sistem dan memberikan gambaran secara umum dan jelas kepada user tentang sistem yang baru. Dalam sistem ini dapat digunakan oleh admin, guru, dan pengunjung. Pada halaman admin, admin dapat mengolah data sekolah, guru, murid, galleri, dan mengirim pesan. Pada halaman guru, guru dapat mengolah biodata guru dan menginputkan nilai murid. Untuk pengunjung dapat melihat kegiatan Paud Nur Insani dan data murid pada halaman Home website.

Hasil yang akan diproleh dari pembuatan sistem informasi akademik ini adalah bahwa Paud Nur Insani dapat melakukan pengolahan, pendataan dan penyajian data guru, murid dan sekolah, sehingga data atau informasi dapat dapat disajikan kepada pengunjung atau walimurid. Dan juga dengan adanya sistem akademik ini dapat menunjang kegiatan akademik pada Paud Nur Insani.

 

Contoh Tesis 4 : Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Website pada Yayasan Perguruan Raj Yamuna

Permasalahan yang menjadi kendala selama ini saat menggunakan sistem manual di Yayasan Perguruan Raj Yamuna adalah pada bagian akademik seperti data siswa yang selama ini masih manual berupa Microsoft Excel, data guru dan data akademik hingga data nilai siswa yang masih tersimpan dalam satu file yang menyebabkan kehilangan data dan memperlambat kinerja pihak yayasan. Penerapan sistem informasi akademik bertujuan untuk meningkatkan kinerja pihak yayasan agar menjadi lebih efektif dan mempermudah proses pelaporan dan pemberian informasi untuk siswa terkait nilai. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall yang dimulai dari observasi dan wawancara ke tempat penelitian, merancang sistem, implementasi, testing, hingga penyebaran kuesioner yang bertujuan guna untuk mengetahui keefektifitasan sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah website sistem informasi akademik yang membantu pengolahan data akademik, user dapat melakukan pengolahan data akademik, pengolahan nilai siswa, memberikan informasi nilai, informasi dashboard dan grafik akademik. Hasil kuesioner menyimpulkan bahwa sistem informasi akademik yang diterapkan efektif dikembangkan untuk menunjang kinerja pihak yayasan dalam pengelolaan data akademik hingga pelaporan akademik.

 

Contoh Tesis 5 : Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMA PGRI 1 Palembang

Tujuan penulisan skripsi ini adalah mempermudah dalam pengelolaan data akademik sekolah baik di dalam pencarian, penyimpanan dan laporan data akademik dengan menggunakan website. Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan PHP dan MySQL. Penulis juga menganalisis sejauh mana sistem informasi akademik berbasis web pada sekolah dapat membantu pihak sekolah dalam menjalankan proses belajar mengajar, baik pada pihak administrasi sekolah, guru maupun siswa.

 

Contoh Tesis 6 : Penerapan Sistem Informasi Akademik di SD Islam Hidayatullah Semarang

Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengumpulan data sistem informasi akademik di SD Islam Hidayatullah Semarang dilakukan pada menu atau bidang penerimaan siswa baru (PSB), kesiswaan, kenaikan dan kelulusan siswa serta nilai siswa. Pada tahap ini ada bagian pengumpul data di masing-masing menu atau bidang yang bertugas untuk mengumpulkan data. Secara umum pada tahap pengumpulan data sistem informasi akademik di SD Islam Hidayatullah Semarang sudah cukup optimal. Karena dalam tahap ini data dikumpulkan oleh bagian pengumpul data seperti tim PPDB, waka kurikulum, guru kelas dan admin TU kesiswaan. Dan juga para bagian pengumpul data menggunakan beberapa metode dalam mengumpulkan data seperti melalui pengamatan secara langsung, wawancara, perkiraan koresponden dan daftar pertanyaan. Hal ini dimaksudkan agar data yang dikumpulkan lengkap dan benar. (2) Pengolahan data sistem informasi akademik di SD Islam Hidayatullah Semarang dilakukan setelah data dikumpulkan. Proses pengolahan data sistem informasi akademik di masing-masing menu  disesuaikan dengan sistem yang digunakan. Untuk menu PSB, kesiswaan, kenaikan dan kelulusan siswa menggunakan program JIBAS sedangkan untuk menu nilai siswa menggunakan program KTSP. Setelah data diolah selanjutnya data di simpan. data yang di olah atau di masukkan ke dalam program JIBAS dan KTSP akan tersimpan dalam database program sedangkan data-data mentah seperti berkas-berkas pendaftaran, draft nilai siswa dan draft kenaikan dan kelulusan siswa disimpan untuk dijadikan arsip sekolah. Secara umum pengolahan data dan penyimpanan data dalam sistem informasi akademik SD Islam Hidayatullah Semarang berjalan cukup optimal. Hal ini karena dalam melakukan proses pengolahan data para bagian pengumpul data melakukan serangkaian aktivitas pengolahan data dan juga metode pengolahan data yang digunakan sudah menggunakan metode komputer dengan program JIBAS dan KTSP yang mana dengan metode ini proses pengolahan data dapat berjalan cepat dan data dapat tersimpan dengan baik dan aman. (3) Pengeluaran data pada sistem informasi akademik di SD Islam Hidayatullah Semarang dilakukan dengan cara mengeluarkan data atau informasi dari bagian tata usaha sekolah kepada stakeholder sekolah dan orang tua siswa. Namun data yang dikeluarkan hanya bisa dilihat dan diketahui di bagian tata usaha sekolah. Untuk data yang dikeluarkan dapat berbentuk gambar atau file. Secara umum tahap pengeluaran data sistem informasi akademik di SD Islam Hidayatullah Semarang masih belum optimal. Hal ini disebabkan data atau informasi yang ada tidak dapat dilihat atau diakses dengan mudah karena data atau informasi pada sistem informasi akademik hanya ada di bagian tata usaha sekolah. Hal ini menyulitkan para warga sekolah apabila membutuhkan data atau informasi mengenai akademik sekolah.

 

Contoh Tesis 7 : Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis WEB (Studi Kasus Pada SMK Wisudha Karya Kabupaten Kudus)

Sistem Informasi Akademik Berbasis Web adalah sebuah aplikasi yang dirancang dan dibuat untuk mengolah data-data yang berhubungan dengan informasi akademik meliputi data siswa, data pegawai, profil sekolah, kegiatan exstrakulikuler, keorganisasian, prestasi, beasiswa, berita sekolah, galery foto, materi sekolah, informasi mata pelajaran, nilai siswa, diskusi online, dan berbagai fitur lain seputar sekolah. Sistem informasi akademik berbasis web di SMK Wisudha Karya Kabupaten Kudus ini bertujuan untuk memberikan layanan informasi secara online seputar sekolah kepada siswa, orang tua siswa maupun masyarakat Motode yang digunakan adalah metode waterfall dimana proses perancangannya dapat dilakukan secara bertahap dan terstruktur. Hasil yang didapat adalah tercapainya sebuah aplikasi sistem informasi akademik berbasis web yang dapat berperan aktif memberikan layanan informasi seputar sekolah SMK Wisudha Karya Kabupaten Kudus.

 

Contoh Tesis 8 : Hubungan Sistem Informasi Akademik dengan Kualitas Informasi dan Kualitas Pelayanan Menurut Presepsi Mahasiswa (Studi pada Universitas Widyatama)

Tujuan dari penelitian Skripsi ini adalah untuk secara independen mengukur presepsi mahasiswa terhadap pengaruh keberadaan sistem informasi akademik pada kualitas informasi dan bagaimana bagaimana pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan dari sistem tersebut pada mereka, dimana mahasiswa dalam hal ini dianggap sebagai pengguna sistem, dan dianggap mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem informasi dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan pada Universitas Widyatama, yang juga merupakan tempat penulis menempuh pendidikan.

Dalam penelitian ini, kuesioner mengenai sistem informasi akademik dibuat berdasarkan pada teori untuk dapat menarik presepsi dari mahasiswa pada subjek penelitian. Aspek utama yang diukur adalah kualitas sistem informasi, yaitu dengan melihat keberadaan sistem dan peranannya, dan juga hubungannya dengan kualitas informasi yang diterima oleh mahasiswa , serta kualitas pelayanan dalam konteks sistem informasi.

Variabel-variabel ini dianalisa dengan menggunakan konsep faktor analisis. Berdasarkan pada faktor analisis, model hubungan struktural linear, data dianalisa menggunakan program LISREL-SIMPLIS.

Hasil studi deskriptif menunjukan kecenderungan dalam menggunakan informasi pada mahasiswa cukup besar, sedangkan pada pemakaian teknologi informasi termasuk normal. Dari hasil penelitian menggunakan pemodelan LISREL menunjukan bahwa kualitas informasi berhubungan dengan sistem informasi akademik dan dengan kualitas pelayanan sistem yang diterima oleh mahasiswa sebagai objek penelitian.

Sedangkan sistem informasi akademik tidak menunjukan hubungan pada kualitas pelayanan yang dirasakan oleh mahasiswa. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas informasi memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi yang diterima oleh mahasiswa.

 

Contoh Tesis 9 : Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Global English Language Center

Global English Language Center adalah sebuah lembaga penyedia jasa layanan kursus bahasa inggris yang saat ini mengalami kemajuan yang cukup signifikan dan saat ini memiliki ribuan peserta didik. Seiring dengan perkembangan lembaga kursus ini, proses akademik yang selama ini dijalankan dirasa kurang efektif dan efisien karena dalam penyampaian informasi seputar kegiatan akademik masih dilakukan via telepon maupun pesan singkat (Short Message Service). Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk membuat suatu sistem informasi akademik berbasis web yaitu suatu sistem informasi yang dapat mempermudah proses akademik suatu lembaga pendidikan dengan memanfaatkan fasilitas website. Metodologi yang digunakan penulis dalam membangun sistem ini adalah RUP (Rational Unified Process). RUP memiliki 4 tahapan yaitu inception, elaboration, construction dan yang terakhir adalah transtition. Dan dalam pembuatan aplikasi website ini sendiri, penulis menggunakan PHP dan MySQL sebagai bahasa pemograman dan databasenya.

Hasil yang dicapai adalah bahwa lembaga kursus Global English Language Center membutuhkan sistem informasi akademik berbasis web, sehingga mempermudah penyampaian informasi akademik kepada peserta didik. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menunjang kegiatan akademik di lembaga ini agar lebih efektif dan efisien.

 

Contoh Tesis 10 : Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan antara implementasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) terhadap tingkat kepuasan Mahasiwa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar sebesar 26%, dan (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dirasakan oleh mahasiswa dalam implementasi SIAKAD terdapat pada kecepatan, ketepatan waktu, dan kemudahan dalam mengakses.

Adapun implikasi hasil penelitian ini yaitu, (1) Pihak UIN Alauddin Makassar (a) Perlunya perbaharuan server yang dimiliki dalam SIAKAD agar tidak menjadi kendala hambatan dalam mengakses KHS, KRS dan informasi lainnya. (b)Diharapkan agar semua elemen dalam SIAKAD dapat digunakan sesuai dengan fungsinya, contohnya diskusi kelas. (2) Pihak Fakultas Dakwah dan Komunikasi (a) Dari hasil penelitian pengaruh implementasi SIAKAD terhadap tingkat kepuasan mahasiswa FDK UIN Alauddin sebesar 26% yang dikategorikan masih rendah, perlunya perhatian tata kelola implementasi SIAKAD agar lebih meningkatkan pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa(b) Diharapkan agar semua SDM yang terkait dengan SIAKAD di maksimalkan sehingga tidak terjadi lagi keterlambatan penginputan data mahasiswa dan dosen, di sarankan setiap jurusan mengambil alih atas proses penginputan agar tidak terjadi proses keterlambatan. (3) Mahasiswa sebagai pengguna SIAKAD (a) Ketika mahasiswa mengalami kendala akan jaringan bisa melakukan alternatif lain seperti mencari tempat akses yang dapat di jangkau oleh mahasiswa. (b) Diharapkan mahasiswa yang ingin melakukan registrasi pembayaran, KRS dan KHS agar sesuai dengan waktu yang ditentukan.

 

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?