HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Program Magister Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang

  1. Pengaruh Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Untuk Peningkatan Kinerja Guru (Studi Empiris Di SMP Negeri 33 Kota Semarang)
  2. Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Ud Mente Bali Sejahtera
  3. Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)
  4. Pengaruh Kinerja Produk, Pelayanan Dan Sumberdaya Manusia Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Citra Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan PT Asuransi Jiwasraya
  5. Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi, Kapabilitas Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empirik Pada Inspektorat Kabupaten Pemalang)
  6. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Bawahan (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang)
  7. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Guru SD. Hj Isriati Baiturrahman I Semarang)
  8. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pada Pegawai Puskesmas Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal
  9. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior( OCB) Di PT. Argamukti Pratama Semarang
  10. Analisis Karakteristik Individu Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pdam Tirta Mulia Kabupaten Pemalang)
  11. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus
  12. Pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Di PT Borneo Alam Semesta, Desa Adong, Melak, Kutai Barat, Kalimantan Timur
  13. Pengaruh Komunikasi, Komitmen Organisasional, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Nasmoco Majapahit, Semarang
  14. Pengaruh Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan
  15. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Divisi Konsumer Area Cabang Surabaya
  16. Analisis Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Kinerja Operasional Umkm (Studi Empiris Di Klaster Bordir Dan Konveksi Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus)
  17. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil
  18. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Afektif Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus Di BMT Amanah Ummah Kartasura Dan BMT Tumang Boyolali)
  19. Pengaruh Kepuasan Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Kerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
  20. Analisis Pengaruh Penyerapan Tenaga Kerja Dan Upah Minimum Pekerja Terhadap Jumlah Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009-2015

Pengaruh Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Untuk Peningkatan Kinerja Guru (Studi Empiris Di SMP Negeri 33 Kota Semarang)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh supervisi terhadap motivasi kerja,untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi kerja, untuk menganalisis pengaruh supervisi terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di SMP N 33 Semarang yang berjumlah 107 orang sampel yang dipergunakan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan cara pembagian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi dua tahap (Two Stage Least Square)(2 SLS).

Hasil dari penelitian ini adalah Supervisi berpengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N 33 Semarang, Kepemimpinan mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N33 Semarang, Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N33 Semarang, Tinggi rendahnya kinerja guru dapat dipengaruhi oleh supervisi, kepemimpinan, motivasi kerja. Dengan supervisi, kepemimpinan serta motivasi kerja yang tinggi, diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru.

Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Ud Mente Bali Sejahtera

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) kompensasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan, (3) kompensasi terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada UD Mente Bali Sejahtera. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Seluruh karyawan yang merupakan subjek penelitian sejumlah 157 orang dijadikan sebagai populasi, sehingga penelitian ini termasuk kategori penelitian populasi. Jenis data yang dikumpulkan adalah (1) data primer yang meliputi data kompensasi, kepuasan kerja serta kinerja yang bersumber dari karyawan UD Mente Bali Sejahtera, dan (2) data sekunder seperti data realisasi produksi karyawan yang bersumber dari Manajer Operasional UD Mente Bali Sejahtera. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari (1) kompensasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan, (3) kompensasi terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada UD Mente Bali Sejahtera.

 

Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai ( Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis  pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan kerja, Budaya Organisasi terhadap Kepuasan kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja, Kompensasi terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja . Metode dasar dalam penelitian ini  adalah  metode diskriptif. Jenis data yang dikumpulkan  adalah  sekundair diperoleh dari Pegawai di lingkungan Fakultas Ekonomi UNTAG Semarang sedangkan data primer diperoleh dari wawancara / kuesioner kepada responden.Populasi adalah jumlah pegawai sebanyak 74 orang . Tehnik pengambilan sampel  dengan  teknik Slovin sebanyak 45 orang.

Hasil penelitian menunjukkan Lingkungan Kerja, Budaya organisasi dan Kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Kerja dalam meningkatkan Kinerja pegawai Economic Faculty UNTAG Semarang.

Pengaruh Kinerja Produk, Pelayanan Dan Sumberdaya Manusia Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Citra Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan PT Asuransi Jiwasraya

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kinerja produk, layanan dan sumber daya manusia terhadap niat pembelian kembali melalui citra perusahaan dan kepuasan pelanggan PT Asuransi Jiwasraya. 115 pelanggan dari 245 pelanggan dari enam kantor cabang PT Asuransi Jiwasraya Wilayah Surabaya dipilih sebagai responden, menggunakan teknik simple random sampling dan berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan pada tahun 2004 menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kinerja produk, layanan serta sumber daya manusia memiliki efek positif dan signifikan terhadap citra perusahaan serta terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kembali. Namun, citra perusahaan memiliki efek tidak signifikan terhadap niat pembelian kembali. Oleh karena itu, dari sembilan hipotesis yang diajukan, hanya satu hipotesis yang ditolak, yang merupakan pengaruh signifikan dari citra perusahaan terhadap niat pembelian kembali. Temuan ini mengingatkan bukti empiris penting pada pengembangan teori dan praktik perilaku pelanggan.

Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi, Kapabilitas Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empirik Pada Inspektorat Kabupaten Pemalang)

Penelitian ini dilakukan di Inspektorat Kabupaten Pemalang, dimana alasan pemilihan Inspektorat Kabupaten Pemalang sebagai obyek penelitian karena adanya penurunan capaian kegiatan laporan hasil pemeriksaan. Hal ini tentunya menjadi masalah yang harus dicari solusinya dengan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi, motivasi, kapabilitas dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Populasi penelitian yaitu sebanyak 54 responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan mengambil semua populasi yaitu sebesar 54 responden. Metode analisis data yang digunakan analisis kuantitatif menggunakan statistik inferensial dengan regresi linier sebagai pengujian hipotesisnya.  Hasil penelitian menemukan (1) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai; (2) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap kinerja pegawai; (3) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kapabilitas terhadap kinerja pegawai; dan (4) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai.

Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Bawahan (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang)

Cara kerja dari pekerja yang lebih rendah dipengaruhi oleh kepemimpinan atas. Gaya kepemimpinan telah berdampak yang signifikan terhadap sikap pekerja yang lebih rendah. Efektivitas seorang pemimpin akan sangat dipengaruhi oleh karakteristik yang lebih rendah. Sedangkan kepuasan kerja pada cara kerja menunjukkan rendahnya hubungan antara kepuasan kerja dan cara kerja, itu akan terlihat tingkat organisasi, kepuasan kerja yang memengaruhi produktivitas dan profitabilitas dengan pekerja lebih rendah yang kurang puas.

Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Guru SD. Hj Isriati Baiturrahman I Semarang)

Salah satu elemen yang bernilai penting dalam sistem manajemen perusahaan bagi para karyawan adalah kepemimpinan (leadership). Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing perusahaan secara berkelanjutan. Dalam rangka mendayagunakan Sumber Daya Manusia khususnya kinerja guru SD. Hj Isriati Baiturrahman I Semarang tidak lepas dari tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini  untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi,  komitmen organisasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja di SD. Hj Isriati Baiturrahman I Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Hj Isriati Baiturrahman I Semarang berjumlah 63 orang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh (sensus) artinya teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.  Hasil penelitian ini menunjukkan dukungan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan, budaya, komitmen organisasi, dan kepuasan kerja  terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pada Pegawai Puskesmas Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menggambarkan motivasi, disiplin, lingkungan kerja, kepuasan dan kinerja 2) untuk menganalisis pengaruh motivasi, disiplin, lingkungan kerja terhadap kepuasan 3) untuk menganalisis pengaruh motivasi, disiplin, lingkungan kerja pada kinerja karyawan 4) untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap kinerja karyawan 5) untuk menganalisis pengaruh motivasi, disiplin, lingkungan kerja terhadap kinerja melalui kepuasan karyawan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 99 orang. Responden adalah karyawan klinik balapulang. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui AMOS 4.00 sebagai alat analisis. Hasil analisis data membuktikan motivasi, disiplin, lingkungan kerja, secara signifikan mempengaruhi kepuasan yang dibuktikan dari nilai koefisien regresi terstandarisasi (beta) 0,01, disiplin pada kepuasan kerja untuk mendapatkan nilai 0,81 dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja diperoleh nilai 0,29. motivasi, disiplin dan lingkungan kerja secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan yang dibuktikan dari nilai standar koefisien regresi (beta) kepemimpinan pada kinerja guru mendapatkan nilai 0,20, disiplin pada kinerja karyawan memperoleh nilai 1,32 dan lingkungan kerja pada kenaikan kinerja karyawan nilai 0,62. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Ini dibuktikan dari p-value yang sangat kecil (<0,001). Motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja melalui kepuasan karyawan yang dibuktikan dari hasil sanggat pvalue kecil (<0,001).

Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior( OCB) Di PT. Argamukti Pratama Semarang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan kepuasan kerja pada Organizational Citizenship Behavior (OCB) PT. Argamukti Pratama baik secara parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 134 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Setiap responden ditanyai pendapatnya dengan memberikan jawaban atas klaim yang diajukan. Data dikumpulkan menggunakan pertanyaan tertutup. Setelah itu diuji validitas dan reabilitas menggunakan SPSS atau Program Statistik untuk Ilmu Sosial. Teknik Analisis Data diproses menggunakan SPSS atau Program Statistik untuk Ilmu Sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan komitmen organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan secara simultan.

Analisis Karakteristik Individu Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pdam Tirta Mulia Kabupaten Pemalang)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik individu dan motivasi intrinsik terhadap kepuasan kerja untuk meningkatkan komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan karakteristik individu dan motivasi intrinsik sebagai variabel independen, penelitian ini juga menggunakan kepuasan kerja sebagai variabel intervening dan komitmen organisasi sebagai variabel dependen. Penelitian dilakukan di PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang. Dalam penelitian ini digunakan metode sensus yaitu dengan memberikan kuesioner pada seluruh populasi. Populasi ini berjumlah 135 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik individu dan motivasi intrinsik berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja dan meningkatkan komitmen organisasi. Pengaruh karakteristik individu terhadap kepuasan kerja adalah positif yang signifikan. Pengaruh motivasi intrinsik terhadap kepuasan kerja adalah positif yang signifikan. Tapi, baik karakteristik individu dan motivasi intrinsik memiliki dampak positif tidak signifikan terhadap komitmen organisasi. Di sisi lain, pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi adalah positif yang signifikan.

Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Intern terhadap kinerja pemerintah daerah. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan tipe judgement sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil (PNS) pada bagian keuangan pada SKPD Kabupaten Kudus.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regresi Analisis Berganda. Variabel dependen untuk penelitian ini adalah kinerja pemerintah daerah, sedangkan variabel independennya adalah Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Intern. Hasil penelitian membuktikan bahwa baik Sistem Informasi Akuntansi maupun Pengendalian Intern memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah.

 

Pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Di PT Borneo Alam Semesta, Desa Adong, Melak, Kutai Barat, Kalimantan Timur

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Disiplin Buruh. Seperti kita ketahui bahwa ada banyak masalah dalam disiplin yang terjadi pada banyak kelompok, sehingga akan dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat memberikan upaya untuk tujuan yang lebih baik bagi kelompok tersebut. Data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini berasal dari buku, jurnal, surat kabar, artikel, survei, wawancara dan media elektronik.

Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner yang memiliki 100 pertanyaan yang dibuat dari peneliti itu sendiri. Ada 122 responden karyawan produksi (non-struktural) dan secara keseluruhan dari mereka adalah lelaki yang berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang penambangan batubara, PT. Borneo Alam Semesta di Sepanjang desa, Melak, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Analisis data menggunakan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson, dan juga program statistik SPSS 18 for windows.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Disiplin Tenaga Kerja dengan skor korelasi 0,253. Semakin tinggi gaya Persepsi Kepemimpinan Transformasional berarti semakin tinggi Disiplin Tenaga Kerja, sebaliknya, semakin rendah gaya Persepsi Kepemimpinan Transformasional berarti semakin rendah Disiplin Tenaga Kerja. Adapun sumbangan efektif Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Disiplin Kerja di PT. Borneo Alam Semesta adalah 6,4%.

Pengaruh Komunikasi, Komitmen Organisasional, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Nasmoco Majapahit, Semarang

Penelitian ini dilakukan di PT. Nasmoco Majapahit, Semarang, dimana alasan pemilihan PT. Nasmoco Majapahit, Semarang sebagai obyek penelitian karena adanya penurunan pencapaian penjualan mobil toyota. Hal ini tentunya menjadi masalah yang harus dicari solusinya dengan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh komunikasi, komitmen organisasional, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian yaitu sebanyak 103 karyawan. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dengan cara stratifie random sampling yaitu mengklasifikasi populasi ke dalam sub-sub populasi berdasarkan jenis pekerjaan, kemudian dipilih dari setiap sub populasi dengan metode proporsional agar mendapatkan jumlah elemen pada masing-masing unit sampel. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan metode Slovin diperoleh jumlah sampel 51 responde. Metode analisis data yang digunakan dengan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

Hasil penelitian menemukan (1) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi terhadap kinerja karyawan; (2) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan; (3) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan variabel independen terdiri dari kepemimpinan (X1) dan komitmen organisasi (X2). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik metode sensus, yaitu seluruh anggota populasi dimasukkan menjadi sampel karena jumlah sampel yang relatif kecil. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda. Dari hasil uji t dalam Unstandardized Coefficients yaitu menunjukkan nilai variabel kepemimpinan (X1) sebesar 0,293 dengan nilai t hitung = 4,962 > t tabel = 2,02809 dan komitmen organisasi (X2) sebesar 0,876 dengan nilai t hitung = 6,005 > t tabel = 2,02809. Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepemimpinan (X1) dan komitmen organisasi (X2) berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Pada uji F terlihat bahwa variabel kepemimpinan (X1) dan komitmen organisasi (X2) berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap kinerja pegawai sebesar 50,053 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Pada analisis koefisien determinasi (Adjusted R Square) terlihat bahwa besarnya pengaruh kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan adalah 72,1% dan sisanya 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam model yang digunakan dalam penelitian ini.

Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Divisi Konsumer Area Cabang Surabaya

Sumber daya manusia merupakan faktor yang berperan penting dalam keberhasilan dan kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, sudah seharusnya pihak manajemen memperhatikan semua hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia agar para karyawan mempunyai kepuasan kerja yang diwujudkan dalam kinerja yang tinggi. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan seperti budaya organisasi yang diciptakan dalam perusahaan dan lingkungan kerja yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Divisi Konsumer Area Cabang Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis causal research. Populasi yang digunakan adalah karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia Divisi Konsumer Area Cabang Surabaya sebanyak 40 orang, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel bootstrapping. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Smart PLS (Partial Least Square). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Selain itu variabel budaya organisasi dan lingkungan kerja juga terbukti bepengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Demikian halnya dengan kepuasan kerja yang juga ditemukan memiliki pengaruh signfikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia Divisi Konsumer Area Cabang Surabaya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian dinyatakan terbukti kebenarannya.

Analisis Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Kinerja Operasional Umkm (Studi Empiris Di Klaster Bordir Dan Konveksi Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus)

Penelitian ini menguji apakah kemampuan menyusun laporan keuangan dan jiwa kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja operasional UMKM. Sampel dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM di Klaster Bordir dan Konveksi Desa Padurenan, Kota Kudus, sejumlah 47 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada responden. Adapun metode pengambilan sampel adalah “Convenience sampling”. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan menyusun laporan keuangan berpengaruh terhadap kinerja operasional UMKM. Jiwa kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja operasional UMKM. Berdasarkan analisis secara simultan menunjukkan bahwa kemampuan menyusun laporan keuangan dan jiwa kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja operasional UMKM.

Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil

Tujuan  penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Dinas Sosial, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian  ini mengambil sampel sebanyak 167 dari 323 Pegawai Negeri Sipil Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Pengambilan sampel dengan Proportionate Stratified Random Sampling,sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan skala Linkert. Tehnik analisis menggunakan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) untuk menguji kualitas dan konsistensi alat ukur, uji model/uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji normalitas)untuk memenuhi syarat agar persamaan yang diperoleh model linear regresi berganda dapat diterima.Untuk mengetahui besarnya pengaruh perubahan dari suatu variabel independen dan besarnya sumbangan dari variabel bebas yang diteliti terhadap variabel terikat denganmenggunakan analisis regresi berganda dan koefisien determinasi berganda dengan alat bantu program SPSS versi 11.5.

 

Hasil penelitian  menyatakan bahwa Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja berpengaruh positif  dan  signifikan terhadap Kinerja PNS di Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, baik berdasarkan Uji F maupun Uji t. Besarnya pengaruh kedua variabel (koefisien determinasi) adalah 58 persen, sehingga sebesar  42 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Afektif Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) (Studi Kasus Di Bmt Amanah Ummah Kartasura Dan Bmt Tumang Boyolali)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kewargaan organisasional karyawan (OCB) karyawan, 2) pengaruh budaya organisasi terhadap perilaku kewarganegaraan organisasi karyawan (OCB) karyawan, 3) pengaruh komitmen afektif terhadap karyawan Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan. Objek penelitian adalah karyawan dua BMT di Kediaman Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 150 karyawan, tetapi kuesioner yang dapat diproses adalah 123 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh secara positif signifikan terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasional (OCB) karyawan, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,375. 2) Budaya organisasi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kewarganegaraan organisasi karyawan (OCB) karyawan, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,177. 3) Komitmen afektif memiliki efek positif yang signifikan terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasional Karyawan (OCB) karyawan, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000.

Pengaruh Kepuasan Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Kerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Karyawan adalah aset penting perusahaan. Perusahaan tidak akan dapat melakukan kegiatan bisnis mereka, tanpa dukungan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kompensasi terhadap motivasi, pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi, pengaruh kepuasan kompensasi terhadap kepuasan kerja, pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan. sampel dalam penelitian 120 orang, yang mengambil semua karyawan yang bekerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Bantul. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural untuk menguji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, pencilan, uji model goodness of fit dan uji regresi. Hasil penelitian ini, yaitu kepuasan kompensasi memiliki pengaruh positif langsung dan signifikan terhadap motivasi sebesar 0,495, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif langsung dan signifikan terhadap motivasi sebesar 0,343, kepuasan kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap kepuasan kerja karyawan. 0,270 atau secara tidak langsung melalui motivasi sebesar 0,265, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap kepuasan kerja sebesar 0,288 atau secara tidak langsung melalui motivasi sebesar 0,184 dan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja sebesar 0,535. Berdasarkan hasil penelitian ini, manajemen perusahaan air minum perlu meningkatkan tingkat kompensasi karyawan, sehingga kebutuhan dasar karyawan terpenuhi dan akan meningkatkan motivasi karyawan dan kepuasan kerja karyawan telah meningkat. Namun, lingkungan kerja juga perlu dipertimbangkan, untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan keharmonisan dalam perusahaan.

Analisis Pengaruh Penyerapan Tenaga Kerja Dan Upah Minimum Pekerja Terhadap Jumlah Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009-2015

Penelitian ini dimulai dari pengamatan penulis terhadap jumlah kemiskinan di Provinsi Jawa Timur dari tahun ke tahun yang berubah, baik jumlah kemiskinan yang cenderung menurun atau sebaliknya yang meningkat. Hasil dari penelitian ini adalah, pengaruh positif penyerapan kerja, dan pengaruh positif upah minimum pekerja terhadap jumlah kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Dalam upaya mendororng penurunan angka kemiskinan sebagai bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat, pemerintah perlu melakukan kesetaraan lapangan kerja, terutama di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh pemerintah sehingga penyerapan tenaga kerja dapat berjalan maksimal. dan pemerintah juga perlu melakukan kebijakan yang progresif dan sistematis dengan upah minimum pekerja untuk mengurangi jumlah kemiskinan, terutama di Provinsi Jawa Timur.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by