HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Sriwijaya (UNSRI)

  1. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja (Studi Kasus Guru Sman 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir)
  2. Analisis Motivasi Yang Mempengaruhi Perilaku Wirausaha Kerupuk Kemplang Di Kota Palembang
  3. Karakteristik Universal Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik
  4. Pengaruh Insentif Dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Studi Kasus Pada Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan)
  5. Pengaruh Keadilan Kompensasi Dan Kepuasan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Umkm Pembuatan Pempek Palembang
  6. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Bpr Sindang Bina Harta Lubuk Linggau
  7. Pengaruh Persepsi Terhadap Pelaksanaan Sistem Continous Quality Improvement, Kecerdasan Emosional Dan Keinovatifan Terhadap Etika Kerja Pegawai Di Kota Palembang
  8. Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Ward And Peppard
  9. Pengaruh Konflik Peran, Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Air Manado
  10. Pengembangan Model Perpustakaan Berbasis Teknolig Informasi Untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Perpustakaan Dan Mewujudkan Perpustakaan Ideal Berbasis Digital
  11. Karakteristik Biografis Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individual Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja
  12. Peningkatan Sistem Pelayanan Dengan Penerapan Model Sistem Informasi Manajemen Satu Atap
  13. Penerapan Knowledge Management System (Kms) Menggunakan Teknik Knowledge Data Discovery (Kdd) Pada Pt Pln (Persero) Ws2jb Rayon Kayu Agung
  14. Analisis Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Business Unit Spbu Pt. Putra Kelana Makmur Group Batam)
  15. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Beljar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
  16. Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Berdasarkan Karakteristik Individu
  17. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bank Sumsel Babel Syariah
  18. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Kantor Pusat Pt. Pos Indonesia (Persero) Bandung
  19. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Agraria Dan Tata Ruang / Bpn Kantor Pertanahan Kota Palembang
  20. Inovasi Teknologi untuk Meningkatkan Kinerja dan Kualitas Produk Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Ulak Kerbau Baru Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan

Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja (Studi Kasus Guru Sman 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir)

Intisari

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kompetensi di antara para guru SMAN 3 Tanjung Raja, Ogan Ilir berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru SMAN 3 Tanjung Raja, Ogan Ilir. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperiksa menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah kompetensi guru sedangkan variabel terikat (Y) adalah kinerja guru. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara rata-rata, kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional adalah baik.

Hasil Penelitian

Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kompetensi dan kinerja, dan kompetensi memengaruhi kinerja kerja sebesar 65,1%.

Analisis Motivasi Yang Mempengaruhi Perilaku Wirausaha Kerupuk Kemplang Di Kota Palembang

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebutuhan prestasi, kebutuhan daya, dan kebutuhan afiliasi terhadap perilaku wirausaha. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperiksa menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah motivasi yang terdiri dari kebutuhan berprestasi (X1), kebutuhan daya (X2), dan kebutuhan afiliasi (X3) sedangkan variabel terikat (Y) adalah perilaku wirausaha. Analisis deskriptif hanya untuk menunjukkan karakteristik responden seperti jenis kelamin, usia, status perkawinan, pendidikan, dan rata-rata pendapatan.

Hasil Penelitian

Hasil Kata Kunci linier: motivasi, analisis regresi prestasi menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kebutuhan prestasi dan kebutuhan afiliasi terhadap perilaku wirausaha, sedangkan tidak ada pengaruh antara kebutuhan daya dengan perilaku wirausaha. Secara bersamaan, ada pengaruh antara motivasi terhadap perilaku wirausaha. Di antara tiga variabel motivasi, variabel kebutuhan afiliasi paling mempengaruhi perilaku wirausaha yaitu 68,1%. kebutuhan, kebutuhan daya, kebutuhan afiliasi, perilaku wirausaha.

Karakteristik Universal Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik

Intisari

Hari ini, perdebatan teoritik tentang pelayanan publik didominasi pergeseran New Public Management ke governance, dari pelayanan publik berorientasi pasar ke warga negara. Perdebatan ini tidak akan pernah selesai karena negara dan pasar sesungguhnya saling membutuhkan. Bertolak dari pemikiran teoritik dan praxis pelayanan publik di beberapa negara, makalah ini mengkonstruksi konsep karakteristik universal pelayanan publik (pelayanan publik berorientasi kepentingan dan nilai-nilai publik, para pelayan publik tidak boleh bebas nilai, pelayanan publik harus partisipatif dan memberdayakan, fast, flexible, dan friendly, ekonomis, berkeadilan sosial dan ekologis, akuntabel, responsif dan transparan, tindakan para pelayan public mempertimbangkan etika tertentu, sistem dan proses pelayanan publik dibangun atas dasar aturan, hukum, dan kesepakatan tertentu). Meskipun bersifat universal, tetapi faktor-faktor kontekstual dan situasional tetap mempengaruhi wajah pelayanan publik di setiap negara. Makalah diakhiri dengan implikasi teoritis bagi pemikiran dan praxis pelayanan publik di Indonesia.

Pengaruh Insentif Dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Studi Kasus Pada Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan)

Intisari

Prestasi kerja adalah hasil kerja karyawan dalam kualitas dan kuantitas dalam melakukan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh variabel insentif dan disiplin secara parsial dan simultan terhadap prestasi kerja Inspektorat Pegawai Provinsi Sumatera Selatan. Sampel penelitian ini sebanyak 51 sampel. Penelitian ini menganalisis menggunakan analisis regresi berganda menggunakan SPSS untuk Windows versi 20 untuk memproses data.

Hasil Penelitian

Hasil ini menunjukkan pengaruh insentif dan disiplin sebagian terhadap kinerja karyawan, masing-masing sebesar 2,37 dan 5,32 serta nilai yang signifikan. sebesar 0,000 dan 0,020 kurang dari 0,05, yang berarti bahwa variabel insentif dan disiplin secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja Pegawai di Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan dan pengaruh insentif dan disiplin secara bersamaan terhadap prestasi kerja Pegawai sebesar 70,125 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, ini menunjukkan pengaruh insentif dan disiplin terhadap kinerja kerja karyawan secara bersama-sama terhadap prestasi kerja Karyawan di Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan. Disiplin yang bervariasi memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja pekerjaan karyawan di Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan dengan nilai 5.32 dan sig. 0,000.

Pengaruh Keadilan Kompensasi Dan Kepuasan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Umkm Pembuatan Pempek Palembang

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan membuktikan pengaruh dari keadilan kompensasi dan kepuasan kompensasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja karyawan pada UMKM pembuatan pempek Palembang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset deskriptif kausalitas dan data yang digunakan merupakan data kuantitatif. Berdasarkan sumbernya, data dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan langsung dari responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu diuji kelayakannya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada UMKM pembuatan pempek Palembang, baik karyawan bagian produksi maupun karyawan yang memasarkan produk pempek. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Banyaknya sampel yang digunakan sebanyak 100 orang karyawan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Hasil Penelitian

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: (1) keadilan kompensasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, (2) kepuasan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama antara keadilan kompensasi dan kepuasan kompensasi terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Bpr Sindang Bina Harta Lubuk Linggau

Intisari

Penelitian ini mempelajari hubungan antara Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi dengan Kinerja petugas di Pemerintahan. Bank BPR Sindang Bina Harta Lubuk Linggau. Penelitian ini dilakukan selama 4 (enam) bulan termasuk perancangan, pelaksanaan dan pelaporan hasilnya. Penelitian pada studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Komunikasi dan Motivasi Kepemimpinan dengan Kinerja Pegawai di Pemerintahan. Bank BPR Sindang Bina Harta Lubuk Linggau baik secara parsial maupun bersama. Populasi Dalam penelitian ini adalah petugas di Govermance. Bank BPR Sindang Bina Harta Lubuk Linggau, total 34 orang.

Pengaruh Persepsi Terhadap Pelaksanaan Sistem Continous Quality Improvement, Kecerdasan Emosional Dan Keinovatifan Terhadap Etika Kerja Pegawai Di Kota Palembang

Intisari

Tujuan penelitian mempelajari pengaruh persepsi terhadap pelaksanaan sitem Continous Quality Improvemen, kecerdasan emosional dan keinovatifan terhadap etika kerja pegawai di kota Palembang, dengan sampel penelitian 100 pegawai yang dilakukan secara random sampling dan data dianalisis dengan teknik analisis Structural Quation Modeling (SEM).

Hasil Penelitian

Hasil analisis: 1) tidak terdapat pengaruh antara persepsi terhadap pelaksanaan sistem Continuous Quality Improvemen dan etika kerja pegawai, 2) terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan etika kerja pegawai, 3) terdapat pengaruh positif antara persepsi terhadap pelaksanaan sistem Continuous Quality Improvemen dan keinovatifan 4) terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan keinovatifan, 5) terdapat pengaruh positif antara keinovatifan dan etika keja pegawai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa etika kerja pegawai dapat ditingkatkan oleh kecerdasan emosional dan persepsi terhadap pelaksanaan sistem Continuous Quality Improvemen dan keinovatifan.

Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Ward And Peppard

Intisari

Tiga sasaran utama dari upaya penerapan SI/TI dalam suatu organisasi. Pertama, memperbaiki efisiensi kerja dengan melakukan otomasi berbagai proses yang mengelola informasi. Kedua, meningkatkan keefektifan manajemen dengan memuaskan kebutuhan informasi guna pengambilan keputusan. Ketiga, memperbaiki daya saing atau meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi dengan merubah gaya dan cara berbisnis (Ward and Peppard, 2002). Ketiga sasaran tersebut dapat tercapai secara optimal apabila adanya jaminan keselarasan antara strategi SI/TI dengan strategis bisnis organisasi, dimana nantinya strategis bisnis akan memberikan arahan terhadap tercapainya suatu goal organisasi, dan strategi SI/TI akan memberikan dukungan terhadap pencapaian goal organisasi melalui penyiapan infrastruktur TI yang sesuai dengan strategi bisnis organisasi. Untuk menentukan strategi SI/TI yang dapat mendukung pencapaian visi dan misi organisasi, maka perlu pemahaman tentang strategi bisnis organisasi melalui perencanaan strategis SI/TI, yang akan dijelaskan melalui tahapan perencanaan strategis SI/TI berdasarkan metodologi Ward and Peppard.

Pengaruh Konflik Peran, Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Air Manado

Intisari

Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang paling menentukan sukses tidaknya suatu organisasi. Dalam era globalisasi, masalah sumber daya manusia menjadi sorotan maupun tumpuan bagi perusahaan untuk tetap dapat bertahan. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah sumber daya manusia, sebab sumber daya manusia ini terdiri dari berbagai individu dengan karakteristik yang berbeda-beda, dengan bermacam latar belakang, pendidikan, dan sifat yang berbeda sehingga perselisihan dapat muncul setiap saat. Stres kerja dan konflik kerja merupakan salah satu masalah yang mungkin timbul dalam aktifitas perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah konflik peran, konflik kerja dan stres kerja mempengaruhi kinerja karyawan, dan menjadi objek dari penelitian ini yaitu PT. Air Manado. Menggunakan alat analisis Regresi Berganda.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian didapati bahwa Konflik Peran, Konflik Kerja dan Stres Kerja berpengaruh secara simultan  dan parsial terhadap Kinerja Karyawan pada perusahaan. Sebaiknya pimpinan PT. Air Manado meminimalisir terjadinya konflik peran, konflik kerja dan stres kerja pada para karyawan, sehingga kinerja karyawan dapat meningkat.

Pengembangan Model Perpustakaan Berbasis Teknolig Informasi Untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Perpustakaan Dan Mewujudkan Perpustakaan Ideal Berbasis Digital

Intisari

Teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Technology) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global. Oleh karena itu, setiap Institusi harus selalu untuk mengintegrasikan ICT, untuk membangun dan memberdayakan sumber daya manusia berbasis pengetahuan agar dapat bersaing dalam era global. Implikasi dari perkembangan tersebut adalah semakin banyaknya komputer atau komputerisasi di dalam pengolahan data pada instansi-instansi pemerintah dan swasta khususnya instansi pendidikan. Perpustakaan digital dibangun untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari referensi yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar dan penelitian. Dengan semakin banyaknya jumlah anggota pustaka maya dan jumalah ebook, semakin bertambah dari tahun ke tahun seiring dengan perkembangan suatu instansi, tetapi belum ada pemanfaatan komputer (database) untuk menyimpan data anggota dan koleksi yang semakin banyak. Dengan perpustakaan berbasis digital, informasi apapun yang dibutuhkan dapat dengan mudah dan cepat di dapat, sehingga prosesnya menjadi lebih efisien, efektif. Selain itu perpustakaan berbasis digital dalam menyelenggarakan jaringan kerja sama baik di dalam negeri maupun luar negeri dalam hal koleksi buku-buku, jurnal, penelitian, majalah, karya ilmiah yang lainnya. Kata Kunci: ICT, Digital Library, Web

Karakteristik Biografis Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individual Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja

Intisari

Tujuan Penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari karakteristik biografis terhadap kepuasan kerja dan kinerja individual serta apakah kepuasan kerja mampu menjadi variabel mediasi antara karakteristik biografis dengan kinerja individual.

Pendekatan Penelitian

Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 220 orang. Data dianalisis menggunakan analisis jalur.

Hasil Penelitian

Temuan – 1) Tidak ada pengaruh karakteristik biografis terhadap kinerja individual, 2) Ada pengaruh karakteristik biografis dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja individual, dan 3) Kepuasan kerja mampu menjadi variabel mediasi (intervening) antara karakteristik biografis dan kinerja individual dosen.

Keterbatasan Penelitian – Untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahkan variabel lainnya seperti karakteristik pekerjaan dan karakteristik organisasi.

Peningkatan Sistem Pelayanan Dengan Penerapan Model Sistem Informasi Manajemen Satu Atap

Intisari

Dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi yang baik serta untuk menunjang proses pengambilan keputusan yang berdayaguna dan berhasilguna di lingkungan Pemerintah Daerah baik di tingkat Propinsi maupun Kabupaten/Kota, maka perlu dibangun dan dikembangkan Sistem Informasi Manajemen Satu Atap guna mendukung kebutuhan informasi bagi penyelenggara fungsi utama dan penunjang bagi Pemerintah Daerah secara baik di semua jajaran sesuai dengan strata informasi yang ditentukan. Secara khusus sistem ini akan menunjang kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan surat izin untuk usaha, izin mendirikan bangunan, perternakan, dll. Pelayanan tersebut harus dapat diberikan secara optimal dan secara berkala harus diadakan pengembangan terhapap unit pelayanan yang ada yang didukung oleh sistem informasi yang memadai. Untuk itulah pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir melakukan pengembangan terhadap Sistem Informasi Manajemen Satu Atap yang ada agar dapat mendukung pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat.

 

Penerapan Knowledge Management System (Kms) Menggunakan Teknik Knowledge Data Discovery (Kdd) Pada Pt Pln (Persero) Ws2jb Rayon Kayu Agung

Intisari

PT PLN (Persero) WS2JB Rayon Kayu Agung memiliki keinginan besar untuk menerapkan Knowledge management system (KMS). KMS dinilai sangat baik dan dapat berefek positif bagi kinerja pegawai. Dimana setiap pegawai dapat menyimpan, mendokumentasikan, membagikan pengetahuan serta mencarinya dengan mudah di dalam database dengan fitur searching. Pada kasus ini, KMS yang akan diterapkan dikombinasikan dengan teknik knowledge data discovery untuk menggali dan mencari pengetahuan data tagihan listrik, sebagai salah satu pengetahuan explicit baru. Metodologi yang digunakan pada penelitian inimerujuk pada metodologi KM yang di kembangkan oleh Amrit Tiwana (1999) dan teknik knowledge data discovery (kdd) Fayyad (1996) menggunakan Algoritma C4.5. Dengan sumber data yang berasal dari data pembayaran dan data pelanggan didapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam membayar tagihan listrik.

Hasil Penelitian

Hasilnya dapat memberikan sebuah pengetahuan baru untuk memprediksi pembayaran tagihan pelanggan untuk bulan selanjutnya. Sehingga PLN dapat menggunakannya sebagai salah satu pengambil keputusan dalam masalah tunggakan listrik. Sistem ini nantinya berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan WEKA sebagai aplikasi pengolahan data mining.

Analisis Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Business Unit Spbu Pt. Putra Kelana Makmur Group Batam)

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan Unit Bisnis SPBU PT. Putra Kelana Makmur Group Batam. Ada dua variabel dalam penelitian ini. Variabel independen adalah motivasi dan budaya organisasi, dan variabel dependen adalah kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Unit Bisnis SPBU PT. Putra Kelana Makmur Group Batam, 198 orang. Sampel diambil dengan cluster dibagi dari status kontrak kerja, sampel adalah 132 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan Unit Bisnis SPBU PT. Putra Kelana Makmur Group Batam.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini, a) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. b) Budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. c) Motivasi dan budaya organisasi secara simultan, positif dan signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Meningkatkan motivasi karyawan dapat memberi mereka lebih banyak tantangan dan prestasi. Memberikan dukungan kepada karyawan untuk berpartisipasi dalam masyarakat pekerja. Meningkatkan budaya organisasi dengan memberikan perhatian lebih dari pemimpin, menerapkan sistem komunikasi terbuka dan memperlakukan semua karyawan dengan adil.

Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Beljar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Sriwijaya.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan motivasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Sriwijaya, , (2) ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama islam di Politeknik Negeri Sriwijaya, dan (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Sriwijaya.

Pendekatan Peneltian

Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juni 2012 bertempat di Politeknik Negeri Sriwijaya, khususnya di Jurusan Teknik Elektronika, dengan jumlah populasi sebanyak 93 orang. Karena populasi kurang dari 100, maka semuanya menjadi sampel penelitian, dengan rincian, 50 orang menjadi sampel penelitian dan 43 orang menjadi uji instrumen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan sampel data dengan menggunakan kuesioner tertutup dengan 5 pilihan jawaban.

Metode penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis Butir Instrumen (2) Analsis Statistik, Deskriptif, (3) Analisis Statistik Inferensial, (4) Analisis Regresi, (5) Hipotesis. Taraf signifikan yang digunakan yaitu ? = 0,05. Media pengolahan data dengan menggunakan program SPSS 17,0.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika di Politeknik Sriwijaya dapat dipengaruhi oleh motivasi sebesar 11%, dan disiplin belajar sebesar 12,7 %. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dan Persamaan regresi linier berganda pengaruh motivasi (X1) dan Disiplin belajar (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y)adalah: Y=6,982+0,529X1+0,255X2+e Dari persamaan di atas, konstansta regresi adalah 6,892.

Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Berdasarkan Karakteristik Individu

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan karyawan jika dilihat dari karakteristik individu, yang terdiri dari usia, jenis kelamin, status perkawinan, lama bekerja, pendidikan, dan status pekerjaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Data dianalisis menggunakan analisis frekuensi, tabulasi silang dan chi-square. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagian besar karyawan telah puas dengan pekerjaannya; tidak ada perbedaan dalam kepuasan kerja karyawan berdasarkan usia, jenis kelamin, lama kerja, pendidikan, dan status pekerjaan. Sebaliknya ada perbedaan kepuasan karyawan jika dilihat dari status pernikahannya

Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bank Sumsel Babel Syariah

Intisari

Tujuan penelitian–Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan, baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Bank Sumsel Babel Syariah. Desain/Metodologi/Pendekatan– Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengukur variabel penelitian. Kuesioner disebarkan kepada responden, di mana responden dalam penelitian ini adalah pegawai Bank Sumsel Babel Syariah sebanyak 152 orang. Data yang dikumpulkan dari instrumen kuesioner diolah dengan menggunakan program SPSS untuk selanjutnya dilakukan uji regresi linier berganda. Temuan– Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, serta pendidikan dan pelatihan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Keterbatasan penelitian– Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam jumlah responden, cakupan unit analisis, dan jenis variabel. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dengan menambah jumlah responden. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat memperluas cakupan unit analisis, bukan hanya pada bank pembangunan daerah namun juga pada bank nasional maupun organisasi lainnya serta menambah jumlah variabel penelitian, seperti motivasi, komitmen organisasional,kompensasi dan sebagainya. Originality/value– Penelitian ini menggunakan proposisi konsep variabel pendidikan dan pelatihan kemudian menganalisis pengaruhnya terhadap kinerja pegawai, di mana konsep penelitian tersebut jumlahnya masih cukup terbatas khususnya di unit analisis Bank Sumsel Babel Syariah.

Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Kantor Pusat Pt. Pos Indonesia (Persero) Bandung

Intisari

Stress kerja merupakan Kondisi yang muncul dari interaksi antara manusia dan pekerjaannya serta dikarakteristikkan oleh perubahan manusia yang memaksa mereka untuk menyimpang dari fungsi normal mereka. Sedangkan kepuasan kerja merupakan evaluasi yang menggambarkan seseorang atas perasaan sikapnya senang atau tidak senang puas atau tidak puas dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui stress kerja, kepuasan kerja dan menguji pengaruh stress kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 410, dan tehnik penarikan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis propotionate stratified random sampling (sampel acak berstrata) sehingga diperoleh 81 karyawan sebagai sampel.

Hasil Penelitian

Hasil analisis penelitian menunjukkan pengaruh stress kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung menunjukkan tingkat hubungan sedang, dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 34,3%, dan sisanya sebesar 65,7% yang  dipengaruhi oleh faktor lain seperti, gaya kepemimpinan, penilaian prestasi kerja, kompensasi, dan lain-lain.

Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Agraria Dan Tata Ruang / Bpn Kantor Pertanahan Kota Palembang

Intisari

Tujuan penelitian– Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan 1) Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi & Kompetensi secara simultan terhadap kinerja karyawan kementerian urusan agraria dan penataan ruang / BPN Badan Pertanahan Kota Palembang. 2) Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai kementerian urusan agraria dan penataan ruang / Badan Pertanahan BPN Kota Palembang. 3) Pengaruh Budaya Organisasi terhadap kinerja pegawai kementerian urusan agraria dan penataan ruang / BPN Badan Pertanahan Palembang. 4) Pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai kementerian urusan agraria dan penataan ruang / BPN Badan Pertanahan Palembang.

Pendekatan Penelitian

Untuk mempertimbangkan jumlah populasi hanya 131 karyawan, responden mengambil semua populasi tetapi kantor pusat dan peneliti, oleh karena itu penulis menggunakan sampling jenuh dari 131 orang dalam populasi, digunakan sebagai instrumen penguji dan digunakan sebagai sensus untuk mendapatkan data penelitian.

Hasil Penelitian

Temuan– Ketiga variabel independen yaitu Kepemimpinan (X1), Budaya Organisasi (X2) dan Kompetensi (X3), secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai kementerian urusan agraria dan penataan ruang / BPN Badan Pertanahan Palembang (Y) .

Keterbatasan penelitian– Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai kementerian urusan agraria dan penataan ruang / BPN Badan Pertanahan Palembang, total 131 karyawan, terdiri dari aparat negara sipil dan aparat negara non sipil.

Inovasi Teknologi untuk Meningkatkan Kinerja dan Kualitas Produk Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Ulak Kerbau Baru Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan

Intisari

Teknologi berperan penting dalam meningkatkan kinerja dan kualitas produk yang dihasilkan oleh usaha mikro kecil menengah. Desa Ulak Kerbau Baru Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu sentra usaha mikro kecil menengah yang memproduksi kerupuk kemplang berbahan baku ikan. Peralatan yang digunakan sangat sederhana dalam memproduksi kerupuk kemplang, bahkan masih manual.Teknologi pengering hibrid, alat pemotong lenjer, dan pemanggang infrared burner merupakan inovasi teknologi yang telah dilakukan dari manual ke penggunaan mesin. Teknologi pengering hibrid berkapasitas 10 kg kemplang per waktu pengeringan, alat pemotong lenjer berkapasitas 120 lenjer perjam, pemanggang infrared burner berkapasitas 2.000 kemplang per jam. Inovasi ini telah membantu kinerja dan kualitas produksi kerupuk kemplang pada usaha mikro kecil menengah yang berteknologi sederhana, murah, dan inovatif.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by