HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Peranan Pemeriksaan Jentik dalam Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah

Pemeriksaan Jentik  Peranan Pemeriksaan Jentik dalam Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah

Pemeriksaan Jentik

Pemeriksaan Jentik ~  Pemeriksaan jentik merupakan pemeriksaan yang pada setiap tempat-tempat penampungan air yang ada yang lebih dominan dihinggapi nyamuk sebagi sarangnya.

Pemeriksaan jentik dilakukan dengan mengutamakan pemberantasan pada nyamuk demam berdarah yaitu nyamuk Aedes Aeggepty.

Mengingat bahwa demam berdarah waktu itu pernah menjadi satu faktor utama penyakit yang mematikan pada saat ini banyak digalakkan pemeriksaan jentik pada tiap-tiap rumah. Nyamuk Aedes Aeggepty biasanya berkembang diberbagai penampungan air yang bersih. Biasanya pada bak mandi, tempayang, dan bekas-bekas kaleng yang ada pada daerah sekitar. Nyamuk ini mampu hidup pada ketinggian sampai 1000 m dari permukaa laut, suka hidup didaratan rendah yang berpenghuni padat. Dari telur hingga dewasa mencapai kurang lebih 12 hari.

Nyamuk tersebut dapat menggigit pada saat sore hari. Jarak terbang pad nyamuk tersebut juga mencapai 100 m. Nyamuk betina biasanya mampu hidup kurang lebih 3 bulan sedangkan nyamuk yangjantan mampu hidup hanya 30 hari saja.

Pemberantasan pada nyamuk Aedes Aeggepty akan lebih maksimal dan efektif jika dilakukan dengan jara pemeriksaan jentik-jentik sevara berkala oleh petugas puskesmas.

Peran serta mayarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk digerakkan lebih giat melalui penyuluhan-penyuluhan.Keberadaan jentik Aedes aegypti di suatu daerah merupakan indikator terdapatnya populasi nyamuk Aedes aegypti di daerah tersebut.

Tata cara melakukan pemeriksaan jentik dapat dilakukan dengan baik setelah memperoleh wawasan yang luas yang diberikan oleh petugas. Adapun tata cara pemeriksaanya meliputi :

  1. Pemeriksaan bak mandi yang ada pada WC, tempayan, drum dan tempat penampungan yang lainnya.
  2. Jentik nyamuk biasanya muncul pada permukaan air untuk bernafas, jika belum muncul tunggulah ekitar 1 menit
  3. periksa segala macam tempat yang relatif menjadi penmpungan air. Misalnya vas bunga, tempat minum burung, kaleng-kaleng yang ada.

Akan tetapi perlu diingat bahwa jentik hidup pada tempat yang menjadi penampungan air. Bak sampah salah satu tempat yang menjadi sarang nyamuk, tentu saja secara logika nyamuk tersebut akan bertelur ditempat itu juga.

Demikian artikel yang berjudul Peranan Pemeriksaan Jentik dalam Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah. Semoga artikel ini mampu memberi anda wawasan secara luas mengenai penangan penyakit demam berdarah.

Incoming search terms:

Leave a Reply