HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Peran Pemerintah terhadap Kemajuan Industri Rumah Tangga Keripik Tempe

Pemerintah memiliki peran terhadap kemajuan industri rumah tangga keripik tempe di Kabupaten Wonogiri. Pada tahun 2005 lalu, pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Wonogiri memberikan bantuan peralatan berupa mesin pemecah kedelai, akan tetapi pemberian mesin pemecah kedelai tidak merata. Mesin tersebut saat ini sudah tidak bisa digunakan lagi, sehingga produsen keripik tempe yang dahulunya menggunakan mesin pemecah sekarang kembali seperti semula dengan menggunakan tenaga manual (digiles).

Peran Pemerintah Kabupaten Wonogiri pada tahun 2008 lalu melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM Mandiri Pedesaan) memberikan bantuan modal kepada masing-masing produsen keripik tempe sebesar Rp 150.000,00 – Rp 200.000,00 yang diserahkan kepada koperasi (koperasi yang beranggotakan seluruh warga didaerah tersebut bukan koperasi yang hanya beranggotakan produsen keripik tempe) untuk masing-masing daerah. Pemberian bantuan modal tersebut diharapkan  dapat membantu memajukan usaha keripik tempe di Kabupaten Wonogiri dan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh produsen keripik tempe terkait dengan permodalan. Akan tetapi bantuan modal tersebut tidak bersifat terus-menerus.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi pertanian lengkap / tesis pertanian lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Incoming search terms:

Leave a Reply