HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengobatan Tradisional

Pengobatan Tradisional  Pengobatan Tradisional

Pengobatan Tradisional

Pengobatan Tradisional ~ Pengobatan trasosional merupakan pengobatan yang menggunakan pengalaman serta ketrampilan yang didapat dari turun-temurun dan biasanya lebih dominan pada hubungan dengan alam (nature).

Penggunaan obatnya lebih mengacu pada tanaman obat yang ada pada alam. Hingga bahan baku yang disediakan juga dari segala tanaman yang ada tanpa campur tangan bahan kimia.

Misalnya saja yang paling terkenal yaitu jamu. Jamu digunakan sebagian orang yang percaya pada pengobatan tradisional mengatasi segala macam penyakit yang ada.  Jamu biasanya digunakan untuk obat kuat, pegal linu, mencegah penuan dini.

Memang pada saat ini produksi jamu belum perah tersentuh oleh bebrbagai penelitian yang ada. Akan tetapi dengan eksistensi jamu sendiri sebagai obat tradisional yang berdar diberbagai pasaran menunjukkan bahwa jamu sebagai obat tradisional memberikan kontribusi yang layak.

Konsep pengobatan yaitu back to nature yang artinya segala pengobatan terjadi atas bantuan dari alam banyak digunakan juga pada dunia kedokteran. Misalnya saja pada pasien yang mengidap oenyakit jantung, dokter akan merekomendasikan pasien tersebut beristirahat pada tempat yang memiliki udara sejuk tentunya didaerah pegunungan yang bersih.

Mengingat bahwa obat tradisional mempunyai peranan penting dalam pengobatan tentu saja perlu diadakannya sistem yang dapat meneliti secara benar khasiat, kualitas, dan tentu keamanannya.

Sehingga berlakunya cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB) harus digalakkan sedemikian rupa. CPOTB harus meliputi aspek pendukung untuk tujuan pembuatan obat tradisional yang berkualitas. Mutu produk tergantung dari bahan awal, proses produksi dan pengawasan mutu, bangunan, peralatan dan personalia yang menangani.

Dengan demikian penerapan CPOTB merupakan nilai tambah bagi produk obat tradisional Indonesia agar dapat bersaing dengan produk sejenis dari negara lain baik di pasar dalam negeri maupun internasional.

Leave a Reply