HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian dan Gejala Anemia Hemolitik serta Pengobatan nya

Anemia Hemolitik Pengertian dan Gejala Anemia Hemolitik serta Pengobatan nya

Anemia Hemolitik

Anemia Hemolitik ~Anemia merupakan suatu penyakit yang ada pada darah. Dengan kata lin anemia bisa disebut juga dengan keelaianan yang ada pada darah. Anemia dapat diklasifikasikan berdasarkan kelompk morfologi sel darah meerahnya, penampakan klinis, atau etiologi yang mendasari.

Anemia Hemolitik merupakan anemia yang ditimbulkan karena pecahnya sel darah merah lebih sepat dibandingkan waktu yang telah ditentukan. Pecahnya sel darah merah tersebut dikarenakan regenerasi sel darah merah lebih cepat.

Pada kasus ini apabila dibiarkan secara terus menerus akan berdampak buruk bagi si ppenderita. Sel darah merah memiliki waktu atau batas waktu untuk pecah saapi dengan 120 hari akan tetapi pada anemia hemolitik teradi lebih cepat dan awal. Hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya sel darah merah yang nantinya dapat terjadi secara terus menerus ataupun sementara.

Peneyebab dari anemia sangat beragam sebenarnya, akan tetapi banyak terjadi karena pendarahan yang secara terus menerus, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah (hematopoiesis yang tidak efektif).

Gejala yang dialami oleh penderita biasanya sangat beragam akan tetapi lebih cenderung pada:

  1. Demamdisertai dengan menggigil
  2. Perasaan melayang
  3. Nyeri punggung nyeri lambung
  4. Penurunan tekanan darah
  5. Sakit kuning

Ketika gejala ditandai dengan sakit kuning biasanya akan menghasilan air kemih yang berwarna gelap, hal tersebut terjadi karena bagian dari sel darah merah yang hancur masuk ke dalam darah,limpa membesar karena menyaring sejumlah besar sel darah merah yang hancur, sehingga sering menyebabkan nyeri perut.

Dari sinilah kita harus lebih selektif dalam menjaga gaya hidup kita agar terhindar dari segala macam peenyakit termasuk anemia hemolitik. Karena pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati.

Akan tetapi jika Anda sudah terkena penyakit anemia hemolitik tentu saja Anda harus mencari pengobatan yang dapat menyembuhkan penyait tersebut.

Pengobatan anemia hemolitik bisa dilakukan dnegan menggunakan obat-obat yang telah disarankan. Mengobati infeksi yang  terjadi atau dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk menekan imunitas tubuh sehingga tidak menyerang sel darah merah.

Namun lebih baik bergaya hidup yang sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Misalnya pada bayam dan singkong yang mengandung zat besi yang dapat menunjang kesehatan yang ada pada imunitas kita.

Demikian artikel yang berjudul Anemia Hemolitik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memenuhi wawasan mengenai Gaya Hidup Sehat.

Leave a Reply