HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Kebidanan (Studi Eksperimen di Akademi Kebidanan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)

A. Latar Belakang

Secara umum proses pembelajaran mahasiswa di Akbid Mamba’ul ‘Ulum Surakarta masih menggunakan media pembelajaran sederhana. Salah satu mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa adalah mata kuliah Konsep Kebidanan. Mata kuliah ini diajarkan pada semester I (semester gasal). Mata kuliah ini menuntut pemahaman dan penghayatan karena merupakan pengetahuan dasar tentang konsep seorang bidan bagi mahasiswa di Akademi Kebidanan. Berdasarkan nilai akhir mata kuliah konsep kebidanan pada tahun akademik 2010/2011 yang rata-rata cukup, maka penggunaan media pembelajaran secara variatif merupakan metode pembelajaran yang dirasa sesuai untuk mata kuliah Konsep Kebidanan.

Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti mempunyai gagasan bahwa dalam pembelajaran mata kuliah Konsep Kebidanan, prestasi belajar mahasiswa di Akbid Mamba’ul ‘Ulum Surakarta dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan gaya belajar mahasiswa. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian tentang peggunaan media dan gaya belajar mahasiswa. Peneliti akan meneliti tentang pengaruh media pembelajaran dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mata kuliah Konsep Kebidanan. Penggunaan media audiovisual merupakan hal yang belum banyak digunakan di Akbid Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, sehingga menjadi hal yang menarik untuk diteliti.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Kebidanan?
  2. Apakah ada perbedaan pengaruh antara gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Kebidanan?
  3. Apakah ada interaksi pengaruh antara penggunaan media dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Kebidanan?

 

C. Tinjauan Pustaka

Gaya Belajar

Gaya Belajar mengacu pada variasi dari kemampuan diri menyerap pengetahuan. Dengan mengetahui gaya belajar yang dominan, akan peserta didik memudahkan untuk memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Gaya belajar yang paling sering digunakan ada tiga jenis. Biasanya seseorang memiliki ketiga komponen tersebut, namun ada yang paling dominan (LD, 2008). Gaya belajar seseorang berasal dari variabel kepribadian, termasuk susunan kognitif dan psikologis latar belakang sosio kultural, dan pengalaman pendidikan.

Pengertian Media Pembelajaran

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berarti sesuatu yang terletak ditengah (antara dua pihak atau kutub) atau suatu alat. Media juga dapat diartikan sebagai perantara atau penghubung antar dua pihak, yaitu antara sumber pesan dengan penerima pesan (Anitah, 2008).

Pengertian Hasil Belajar

Prestasi belajar merupakan indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah diketahui peserta didik, indikator daya serap, sebagai lambang pemuasan hasrat ingin tahu, bahan informasi dalam inovasi pendidikan, selain itu juga bisa sebagai indikator internal dan eksternal dari suatu institusi pendidikan. Prestasi belajar biasanya berkenaan dengan aspek pengetahuan, sedangkan hasil belajar meliputi aspek pembentukan watak peserta didik (Arifin, 2009).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, disebut juga penelitian eksperimen semu yaitu menguji coba pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan membandingkan kelompok perlakuan penggunaan media pembelajaran berupa audiovisual (video) dengan penggunaan media pembelajaran berupa visual (gambar).

Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun akademik 2011/2012, dari bulan Desember tahun 2011 sampai bulan April tahun 2012.

Penelitian dilaksanakan di Akademi Kebidanan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Akademi Kebidanan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta tahun akademik 2011/2012, dengan populasi sejumlah 259 mahasiswa.

 

E. Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka dapat diperoleh simpulan sebagai berikut :

1. Ada perbedaan pengaruh antara media pembelajaran visual dan audiovisual terhadap prestasi belajar. Media pembelajaran audiovisual/video lebih efektif daripada media pembelajaran visual/gambar dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

2. Ada perbedaan pengaruh antara gaya belajar field independent (FI) dan field dependent (FD) terhadap prestasi belajar. Gaya belajar field independent lebih baik daripada gaya field dependent dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa. Gaya belajar mahasiswa perlu diperhatikan oleh guru dalam proses pembelajaran.

3. Hasil penelitian menunjukan tidak ada interaksi antara media pembelajaran visual dan audiovisual dengan gaya belajar field dependent dan field independent terhadap prestasi belajar.

Incoming search terms:

Leave a Reply