HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penggunaan Berbagai Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Berbagai Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi di Prodi DIII Kebidanan Stikes Muhammadiyah Lamongan

 

A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan jaman yang semakin modern terutama pada era globalisasi seperti sekarang ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah pendidikan.

Dalam era yang semakin mengglobal seperti saat ini, Indonesia dihadapkan pada sejumlah persoalan yang kian hari bukan bertambah ringan tetapi sebaliknya bertambah berat dan kompleks. Untuk itu pemerintah harus menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dengan bekal wawasan, ilmu. pengetahuan dan teknologi yang cukup sebagai modal di era persaingan ini.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut: Adakah pengaruh penggunaan berbagai media pembelajaran terhadap motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi di Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran didefinisikan sebagai teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Menurut Briggs (1977) dalam Suciati (2001), media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/ materi pembelajaran.

Macam – Macam Media Pembelajaran

Dari begitu banyak media yang dimanfaatkan dalam pembelajaran, Heinich dkk (1996) mengelompokkan media menjadi:

  • Media audio misalnya radio, piringan hitam, pita audio, tape recorder, dan telepon.
  • Media visual, terdiri dari visual diam misalnya foto, buku, OHP/ OHT, peta, diagram, bagan, globe, visual gerak misalnya film bisu.
  • Media audio visual, terdiri dari Audio visual diam misalnya televisi diam, slide dan suara, buku dan suara, Audio visual gerak misalnya video, CD
  • Media serba aneka, terdiri dari papan dan display misalnya papan tulis, white board, media tiga dimensi misalnya realia, sampel, model.
  • Media berbasis computer misalnya LCD projector.

Pengertian Motivasi

Menurut Sardiman (2005:73) motivasi adalah daya penggerak dari dalam dan di dalam subjek untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan. Menurut Mc Donald dalam Soemanto (2003:203) menyatakan bahwa motivasi adalah suatu perubahan tenaga dalam diri atau pribadi seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi dalam usaha mencapai tujuan. Sedangkan menurut Winkel dalam Darsono (2000:61) motif adalah daya penggerak dari dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan tertentu. Motif merupakan kondisi atau disposisi internal (kesiap-siagaan), dan motivasi adalah daya penggerak (motif) yang telah menjadi aktif pada saat-saat melakukan suatu perbuatan.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Desain dalam penelitian ini adalah quasy experiment.

Sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan Tingkat I yang berjumlah 158 mahasiswa. Teknik sampling menggunakan total sampling.

Variabel independen yang diteliti adalah penggunaan berbagai media pembelajaran, sedangkan variabel dependen adalah motivasi belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji statistic Krusskal Wall.

 

E. Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media OHP dengan LCD terhadap motivasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi di Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Sebagian besar mahasiswa mempunyai motivasi belajar tinggi pada penggunaan media LCD.

2. Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media OHP dengan media model terhadap motivasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi di Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Sebagian besar mahasiswa mempunyai motivasi belajar tinggi pada penggunaan media model.

3. Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media LCD dengan media model terhadap motivasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi di Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Sebagian besar mahasiswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi pada penggunaan media LCD dan model.

Incoming search terms:

Leave a Reply