HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Projector terhadap Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Projector terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA Negeri I Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2010 / 2011

 

A. Latar Belakang Masalah

Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi sekarang ini, penggunaan media pembelajaran elektronik sangat diharapkan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penggunaan media pembelajaran Komputer/Note Book/Lap Top dengan Liquid Crystal Display ( LCD ) Projector saat ini sedang diminati oleh para guru dan peserta didik. Media pembelajaran Laptop dengan LCD Projector merupakan media yang sangat menarik yaitu dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar, karena mempunyai banyak kelebihan – kelebihan.

Media pembelajaran ini dapat menyajikan berbagai macam bentuk pesan yaitu audio, visual diam, visual gerak dan audio visual gerak. Sehubungan dengan itu maka penulis akan mengadakan penelitian dengan judul : Pengaruh Penggunaan media pembelajaran LCD Projector Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011.

 

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah ada perbedaan prestasi belajar akuntansi dalam materi penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector dan pembelajaran dengan metode ceramah tanya jawab ? “

 

C. Kajian Teori

Media Pembelajaran

Ahmad Rohani memberikan batasan : “ Media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam proses belajar mengajar yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak untuk mencapai proses dan hasil instruksional secara efektif dan efisien, serta tujuan instruksional dapat tercapai dengan mudah.” ( 1999 : 4 ).

Media Pembelajaran LCD Projector

Media pembelajaran LCD Projector merupakan penggabungan antara Note Book atau Laptop dengan LCD Projector. LCD Projector sebagai hardwarenya, sedangkan program yang sudah terdesain dan tersusun di dalam laptop sebagai softwarenya. LCD Projector termasuk ke dalam kategori media audio visual gerak, karena dapat menyajikan berbagai tampilan informasi baik berupa audio, visual diam, maupun gabungan audio visual gerak.

Pembelajaran dengan media pembelajaran LCD Projector

Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector adalah menggunakan Laptop atau Note Book yang telah didesain dan dirancang sesuai dengan materi pembelajaran. LCD Projector dapat menampilkan semua program pembelajaran yang telah didesain dan disusun di dalam Laptop ke layar yang lebarnya kurang lebih 2 X 2 meter. Dengan demikian media pembelajaran LCD Projector ini sangat mendukung digunakan untuk kelas besar dengan jumlah peserta didik yang banyak.

Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, didapatkan baik secara individu maupun kelompok (Djamarah, 1994 : 20). Sedangkan Zaenal Arifin (1990 : 3) mengemukanan prestasi belajar sebagai kemampuan, ketrampilan, sikap seseorang dalam menyelesaikan suatu hal.

Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi

Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran akuntansi dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector maupun pembelajaran dengan metode ceramah Tanya jawab selama tengah semester yang ditunjukkan dengan prestasi belajar pada ulangan tengah semester.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri I Klego Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri I Klego kelas XII.

Tehnik sampling yang digunakan adalah teknik sampel kelompok. Sampel penelitian berjumlah 78 siswa terdiri dari 40 kelompok eksperimen dan 38 kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa setelah perlakuan.

Tes dihitung tingkat kesukaran dan daya beda. Validitas tes diuji dengan teknik korelasi product moment.

Uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20.

Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi antara proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector dengan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah Tanya jawab. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah Tanya jawab. Prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran akuntansi lebih tinggi dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah Tanya jawab. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini membuktikan bahwa pernyataan tersebut di atas terbukti kebenarannya yaitu ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah Tanya jawab. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah Tanya jawab.Prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran akuntansi lebih tinggi dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah Tanya jawab.

Incoming search terms:

Leave a Reply