HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penggunaan Media Audio Visual (VCD) dan Media Audio terhadap Pencapaian Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (VCD) dan Media Audio terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Bahasa Arab Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa (Studi Eksperimen pada Kelas VIII di MTs N Karanganyar dan Kelas VIII di MTs N Gondangrejo Tahun Pelajaran 2008/2009)

 

A. Latar Belakang

Sesuai dengan berlakunya Kurikulum Berbasis Kompetensi yang sekarang dilaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan pengembangan dari Kurikulum 2004 diharapkan pembelajaran mengacu pada kompetensi yang akan di capai dan diperlukan oleh siswa. Orientasi pembelajaran bukan lagi pada hasil melainkan pada proses. Kompetensi yang dimaksud adalah perpaduan dari pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Mc. Ashan (Mulyasa, 2002 dalam buku KTSP oleh M.Joko Susilo) mengemukakan bahwa kompetensi : “… is a knowledge, skills, and abilities or capabilities that a person achieves, which become part of his or her being to the exent he or she can satisfactory perform particular cognitive, affective, and psychomotor behaviors”. Dalam hal ini, kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah manjadi bagian dari dirinya, sehingga ia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan sebaikbaiknya.

Oleh karena banyaknya komponen mempengaruhi keefektifan proses pembelajaran, maka pada penelitian ini mengangkat judul Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (VCD) dan Media Audio Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Bahasa Arab Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas VIII di MTs N I Karanganyar dan Kelas VII di MTs N II Mojogedang Tahun Pelajaran 2008/2009).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran VCD dengan media Audio terhadap prestasi belajar Bahasa Arab semester II?
  2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan mahsiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah terhadap prestasi belajar Bahasa Arab semester II?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh antara media pembelajaran (antara penggunaan media pembelajaran VCD dan media Audio) dan motivasi (antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah) berpengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Arab semester II?

 

C. Landasan Teori

Hakikat Media Audio Visual (VCD) Sebagai Media Pembelajaran

Media Audio merupakan media elektronik. Pengaruh media elektronik sebagai hasil pekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai kehidupan semakin kuat, termasuk di bidang pendidikan. Pemanfaat media elektronik sebagi media dalam kegiatan pembelajaran sudah sejak lama dilakukan oleh pemerintah maupun sekolah bersama orang tua siswa, namun pemanfaatan media pembelajaran tersebut masih belum berdaya guna dan berhasil guna karena berbagai hal, seperti pengadaan program perangkat lunak media pendidikan sangat terbatas. Ketrampilan menggunakan dan membuat program masih rendah, ketrampilan mengoperasikan dan merawat perangkat keras masih belum memadai (Endang Sunarya, 1996 : 65). Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media audio visual (VCD) dan media Audio. Melalui media ini seseorang tidak hanya melihat atau mengamati sesuatu melainkan sekaligus mendengarkan sesuatu yang di visualisasikan. Media ini termasuk jenis media audio visual.

Pengertian Motivasi

Motivasi merupakan salah satu determinan penting dalam belajar, dan banyak ahli pendidikan yang memberikan batasan tentang motivasi. Istilah motivasi berasal dari bahasa latin “movere” yang berarti menggerakan. Mc. Donald dalam Syariful Bahri Djamarah (2002:114) menyatakan bahwa “Motivation is energy change within the person characterized by affective arousal and antivipatory goal reactions”. Motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Perubahan energi dalam diri seseorang itu berbentuk suatu aktivitas nyata berupa kegiatan fisik, karena seseorang mempunyai tujuan tertentu dari aktivitasnya maka seseorang mempunyai motivasi yang kuat untuk mencapainya dengan segala upaya yang dapat dia lakukan untuk mencapainya.

Bahasa Arab

Pengertian Bahasa Arab menurut Syekh Musthafa Al Ghulayani (Jamiud Durusil Arabiyah )dalam H. Ma’mun Effendi Nur,(2006 : 6) menjelaskan bahwa Bahasa Arab adalah susunan kata atau kalimat yang digunakan bangsa Arab untuk mengemukakan maksud kehendak mereka. Dengan demikian yang dimaksud dengan Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh bangsa arab untuk mengemukakan maksud dan kehendaknya dan sebagai alat komunikasi di kalangan mereka. Sedangkan pengertian belajar bahasa arab secara umum dapat dipahami sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.

Prestasi Belajar Bahasa Arab

Menurut Winkel (1982 : 101) prestasi belajar adalah bukti usaha yang telah di capai. Dengan demikian prestasi belajar merupakan hasil yang telah dicapai seseorang setelah ia melakukan sesuatu kegiatan belajar. Herman Hudoyo (1990:107) menyatakan bahwa prestasi belajar merupakan proses aktif dalam memperolah pengalaman baru sehingga memperolah perubahan tingkah laku.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Experimen dengan rancangan faktorial 2 x 2 dan penyajian data secara deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTsN I Karanganyar dan MTsN Gondangrejo.

Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik cluster random sampling sejumlah 80 siswa terdiri dari 40 siswa untuk eksperimen dan 40 siswa sebagai kelompok kontrol.

Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan Teknik Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalur.

Sebelum dilakukan analisis, dilakukan uji validitas dengan korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Hasil uji coba penelitian menunjukkan bahwa semua variabel penelitian adalah valid dan reliabel sebelum dilakukan uji hipotesis.

 

E. Kesimpulan

1. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara pembelajaran dengan media VCD dan media AUDIO. Media VCD menghasilkan prestasi belajar bahasa Arab yang lebih baik dibandingkan dengan media AUDIO. Hal ini dibuktikan dari Dari Tabel Anava 2 x 2 di atas diperoleh harga P = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis statistik (Ho) pertama ditolak. Dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata antara media VCD dengan media AUDIO. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan media pembelajaran VCD skor rata-rata prestasi belajar bahasa Arab sebesar 80,70, adapun untuk kelompok siswa dengan media pembelajaran AUDIO skor rata-rata prestasi belajar bahasa Arab sebesar 71,20. Dapat disimpulkan bahwa Hasil Uji prestasi belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan media VCD lebih baik dari pada media AUDIO.

2. Terdapat perbedaan prestasi belajar bahasa Arab siswa antara yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan rendah. Siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih baik prestasi belajar bahasa Arab dibandingkan siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Dari Tabel Anava 2 x 2 di atas diperoleh harga P = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis statistik (Ho) pertama ditolak.. Hal ini berarti hipotesis statistik (Ho) pertama ditolak. Dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata antara motivasi berprestasi tinggi dan rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok siswa dengan motivasi berprestasi tinggi skor rata-rata prestasi belajar bahasa Arab sebesar 78,00 adapun skor rata-rata prestasi belajar bahasa Arab dengan motivasi berprestasi rendah sebesar 73,90. Dapat disimpulkan bahwa skor prestasi belajar bahasa Arab siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah.

3. Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Dari Tabel Anava 2 x 2 di atas diperoleh harga P = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis statistik (Ho) pertama ditolak., maka hipotesis nol ditolak. Hal berarti terdapat interaksi antara pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap pencapaian prestasi belajar bahasa Arab. Dengan terujinya secara signifikan interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil uji prestasi belajar bahasa Arab maka langkah selanjutnya adalah dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe.

Incoming search terms:

Leave a Reply