HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Pendidikan Agama Islam

Pentingnya Pendidikan Agama Islam

Dalam segi ilmu seseorang tidak hanya dituntut untuk memenuhi ilmu yang berorientasi pada duniawi saja, akan tetapi seseorang juga dituntut dalam ilmu yang berorirntasi pada rohani atau agama.

Dengan kata lain pendididikan agama juga sangat mempengaruhi kehidupan masing-masing individu. Tak terkecuali agama Islam, pendidikan agama islam bertujuan agar mereka hidup pada pedoaman yang telah diajarkan pada agama islam.

Dari uraian di atas, perlu dan sepantasnya kita lebih memahami tentang pengertian pendidikan agama islam itu sendiri. Agar kita dapat hidup teratur dan baik, sesuai ajaran islam yang telah dipelajari.

 Pengertian Pendidikan Agama Islam

  • Menurut Zuhairini, pengertian pendidikan agama dapat diartikan sebagai usaha-usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam.
  • Menurut Ahmad Tafsir bahwa pengertian pendidikan agama itu intinya ialah pendidikan keberimanan, yaitu usaha-usaha menanam keimanan dihati anak-anak kita. Adapun menambah pengetahuan tentang beriman. Cara-cara melakukan peribadatan seperti yang dikehendaki Allah S.W.T sebenarnya tidak sulit.

 

Berdasarkan pengertian di atas, dapatlah disimpulkan bahwa pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang universal. Yakni menyangkut kehidupan dunia dan kehidupan akhirat supaya mereka hidup dengan ajaran Islam.

Disamping itu, Pendidikan agama Islam merupakan suatu usaha atau proses yang dilakukan untuk menanamkan, membina keimanan pada diri anak didik agar menjadi anak yang memiliki kepribadian muslim yang taat beribadah kepada Allah S.W.T. serta dapat mengamalkan seluruh ajaran agamanya dalam kehidupan sehari- hari.

Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Kurikulum pendidikan agama Islam untuk setiap jenjang dan lembaga pendidikan itu disesuaikan atau dibedakan berdasarkan tingkat perkembangan anak didiknya. Oleh karena itu, tidak mugkin ada kesamaan kurikulum SD, SLTP dan seterusnya.

Menurut   Muhaimin   ruang   lingkup   materi  Pendidikan Agama Islam  pada dasarnya mencakup tujuh unsur pokok, yaitu:

 

  1. Al-Qurían-Hadits
  2. Keimanan
  3. Syariah
  4. Ibadah
  5. Muamalah
  6. Akhlak
  7. Tarikh (sejarah).

 

Menurut Zuhairini tujuan umum pendidikan agama adalah membimbing anak agar mereka menjadi muslim sejati, beriman teguh, beramal shaleh dan berakhlak mulia serta berguna bagi masyarakat agama dan negara.

 

Tujuan umum khusus pendidikan agama untuk Tingkat Lanjutan Pertama adalah sebagai berikut:

 

  1. Memerlukan ilmu pengetahuan agama.
  2. Memberikan pengetahuan tentang agama Islam yang sesuai dengan tingkat kecerdasannya.
  3. Memupuk jiwa agama
  4. Membimbing anak agar mereka beramal shaleh dan berakhlak mulia. .

Demikian artikel yang membahas mengenai pengertian dari pendidikan agama islam, ruang lingkup pendidikan agama islam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply