HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Jasa Pembuatan Tesis Pembelajaran & Pendidikan Agama

1.Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT di SMPN 1 Kudus

 

Abstrak

Keberhasilan belajar peserta didik disekolah sangat tergantung kepada media pembelajaran yang dipilih oleh guru. Faktor lain yang tidak bisa diabaikan dalam pembelajaran adalah melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan perencanaan, pelaksanaan yang meliputi (strategi, metode, materi, media, penilaian), evaluasi, serta mengidentifikasi kendala dan solusi mengatasi kendala dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis ICT di SMPN 1 Kudus. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen. Tempat dan peristiwa proses pelaksanaan pembelajaran terjadi di SMPN 1 Kudus. Informan adalah jaringan utama yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagian kurikulum, bagian sarana prasarana, peserta didik, pengawas sekolah, dan orang tua peserta didik. Dokumen yang diteliti adalah dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi.

 

Berdasarkan Hasil penelitian dapat simpulan sebagai berikut,

  • Perencanaan yang dilakukan guru sudah sesuai dengan KTSP.
  • Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi strategi pembelajaran aktif, metode yang digunakan bervariasi :metode ceramah, tanya jawab, inquiry dan penugasan, materi : menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra, media : power point yang divisualisaikan melalui LCD, laptop, komputer dan internet, penilaian : meliputi penilaian proses dan penilaian hasil dengan system komputerisasi yang bisa diakses lewat layanan SMS Gateway.
  • Penilaian pembelajaran berbasis ICT mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, serta mampu menumbuhkan semangat dan gairah belajar.
  • kendala pembelajaran menggunakan media ICT adalah kelas agak ramai, grogi saat presentasi, adanya anak yang belum memiliki laptop, komputer, modem, untuk mengakses materi dari internet, jaringan internet yang kadang tidak connect. Solusi mengatasi kendala, diberi pengarahan agar kelas kondusif, bimbingan, pemenuhan sarana prasarana di tiap-tiap kelas.

 

2. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III SDIT Al Kautsar Kecamatan Mejobo Kudus

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :

  • Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III di SD IT Al Kautsar Mejobo Kudus.
  • Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III di SD IT Al Kautsar Mejobo Kudus.
  • Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III di SD IT Al Kautsar Mejobo Kudus.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SDIT AL Kautsar Mejobo Kudus. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru SDIT Al Kautsar Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa :

  • Persiapan proses pembelajaran PAI diawali dengan pembuatan silabus, program tahunan, program semester, program tahunan, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Silabus berisi tentang materi pelajaran yang akan di gunakan oleh guru sebagai pedoman dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Penyusunan program tahunan diawali dengan melihat alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dalam struktur kurikulum. Penyusunan program semester berdasarkan pada program tahunan yang bersumber pada kalender pendidikan. RPP merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran.
  • Proses pembelajaran PAI dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah model pembelajaran ceramah, Tanya jawab dan demonstrasi. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah LCD proyektor dan white board.
  • Kegiatan evaluasi pembelajaran PAI terbagi menjadi dua penilaian yaitu penilaian kognitif dan penilaian afektif. Penilaian kognitif dilakukan dengan memberikan soal kepada siswa sesuai dengan SK dan KD. Sedangkan untuk penilaian afektif dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui perubahan sikap dan perilaku siswa.

 

Kata Kunci: pengelolaan pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Leave a Reply