HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Kontrasepsi Mantap (Kontap)

Kontrasepsi mantap (Kontap ) Pengertian Kontrasepsi Mantap (Kontap)

Kontrasepsi mantap (Kontap )

Kontrasepsi mantap (Kontap) ~ Suatu tindakan untuk membatasi kelahiran dalam jangka waktu yang tidak terbatas, yang dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami isteri atas permintaan yang bersangkutan, secara sukarela.Kontrasepsi mantap (kontap) adalah suatu tindakan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas; yang dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami  isteri atas permintaan yang bersangkutan, secara mantap dan sukarela (Zietraelmart, 2010).

Yang dimaksid dengan kontrasepsi mantap ialah salah satu cara kontrasepsi dengan tindakan pembedahan atau dengan kata lain setiap tindakan pembedahan pada saluran telur wanita atau saluran mani yang mengakibatkan orang atau pasangan yang bersangkutan tidak akan memperoleh keturunan lagi.

Dilakukan atas permohonan pasangan suami-istri yang bersangkutan, tanpa paksaan dari pihak lain dalam bentuk apapun. Jadi untuk mencegah keadaan yang tidak diinginkan, seperti misalnya penyesalan setelah mendapat pelayanan kontrasepsi mantap, maka perlu ditetapkan persaratan bagi mereka yang akan memperoleh pelayanan kontrasepsi mantap.

Secara umum yang hasrus dipenuhi calon peserta kontrasepsi mantap yaitu,:

1) Sukarela, Calon peserta kontrasepsi mantap harus secara sukarela menerima pelayanan kontrasepsi mantap. Artinya calon peserta KB tersebut tidak dipaksa atau ditekan untuk menjadi peserta kontrasepsi mantap. Untuk memantapkan syarat sukarela ini perlu dilakukan pelayanan informasi konseling.

2) Bahagia, Setiap calon peserta kontrasepsi mantap harus memenuhi syarat kebahagiaan artinya calon peserta tersebut terikat dalam perkawinan yang syah dan harmonis, telah dianugerahi sekurang-kurangnya 2 orang anak dengan umur anak terkecil 2 tahun, dan dengan mempertimbangkan umur istri sekurang-kurangnya 25 tahun.

Syarat bahagia ini dapat diketahui pada saat dilakukan pelayanan informasi dan konseling.

3) Kesehatan, Setiap calon peserta kontrasepsi mantap harus memenuhi syarat kesehatan, artinya tidak ditemukan kontra indikasi kesehatan jika kepada calon peserta tersebut diberikan pelayanan kontrasepsi mantap.

Syarat kesehatan ini dapat diketahui pada saat pemeriksaan prabedah.

Hasil penelitian terhadap 3 persyaratan diatas akan menentukan dapat atau tidaknya seseorang  mendapatkan/meminta pelayanan kontrasepsi mantap dapat dilayani. Kontrasepsi mantap terdiri dari 2 macam yaitu :

  • Vasektomi yang dilakukan pada pria, dan
  • Tubektomi yang dilakukan pada wanita
Incoming search terms:

Leave a Reply