HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian dan Penggunaan Kontrasepsi Darurat (Kondar)

pelayanan puskesmas Pengertian dan Penggunaan Kontrasepsi Darurat (Kondar)Kontrasepsi Darurat (Kondar)~ Kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan setelah hubungan seksual. Pil kontrasepsi darurat seharusnya hanya digunakan saat darurat saja, seperti ketika Anda tidak mendapat perlindungan atau tidak sempat menggunakan alat kontrasepsi.

Sebaiknya pil jenis ini tidak digunakan tiap hari, karena efektivitasnya jauh lebih rendah daripada kontrasepsi yang digunakan secara rutin. Penggunaan kontrasepsi darurat tidak boleh lebih dari 3×24 jam, terhitung sejak masa terakhir seseorang melakukan kontak seksual yang tidak mendapat perlindungan kontrasepsi.

Kontrasepsi darurat, yang juga dikenal dengan sebutan morning after pill, adalah kontrasepsi yang dalam bentuk pil yang dapat digunakan setelah Anda melakukan hubungan seks. Tapi, pil ini berbeda mekanismenya dengan obat untuk menggugurkan kandungan. Pil ini berguna untuk mencegah terjadinya kehamilan, bukan untuk mengakhiri kehamilan yang sudah terjadi.

Perlu diingat pula bahwa kontrasepsi darurat bukanlah pengganti kontrasepsi yang biasa. Namanya saja kontrasepsi darurat, ya hanya digunakan saat darurat, saat kelupaan minum pil KB, atau lupa memakai kondom misalnya. Harganya pun bisa dibilang mahal bila dibandingkan dengan pil KB reguler karena kontrasepsi darurat memang bukan untuk digunakan setiap saat. Contoh lain yang termasuk keadaan darurat adalah wanita yang mengalami kejahatan perkosaan, kondom yang sobek atau terlepas saat berhubungan seks, atau melakukan hubungan seks yang tidak terencana.

Selain tersedia dalam bentuk pil, kontrasepsi darurat juga ada yang dalam bentuk IUD (intrauterine device – spiral). Yang dalam bentuk pil sendiri terbagi dua macam, yakni pil levonorgestel dan ulipristal asetat. Kedua bentuk kontrasepsi ini dapat digunakan maksimum 5 hari pasca berhubungan seks, meski umumnya yang tersedia adalah hingga 3 hari setelah koitus.
Incoming search terms:

Leave a Reply